Sukses

14 Manfaat Kebugaran Jasmani untuk Fisik dan Mental, Bisa Tingkatkan Kepercayaan Diri

Sudah tentu jika manfaat kebugaran jasmani sangat baik bagi tubuh. Akan tetapi manfaat kebugaran juga sangat baik untuk kesehatan mental.

Liputan6.com, Jakarta Sudah tentu jika manfaat kebugaran jasmani sangat baik bagi tubuh. Akan tetapi manfaat kebugaran juga sangat baik untuk kesehatan mental. Bahkan bagi orang yang memiliki masalah mental, disarankan untuk berolahraga untuk menjaga kebugaran jasmani.

Kebugaran jasmani mengacu pada kemampuan tubuh dalam melakukan kegiatan sehari-hari tanpa merasakan lelah yang berlebihan. Kemampuan tubuh tersebut ditinjau dari beberapa unsur, yakni koordinasi tubuh, kelincahan, daya tahan, kekuatan, kelenturan, kecepatan, reaksi, dan keseimbangan.

Jadi, makin tinggi tingkat kebugaran jasmani seseorang maka semakin bagus pula kemampuan kerja fisiknya dan tidak mudah lelah. Terlepas dari itu, manfaat kebugaran jasmani ada banyak sekali, baik untuk fisik maupun mental.

Lalu apa saja manfaat kebugaran jasmani? Berikut penjelasan selengkapnya seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (11/3/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Kebugaran Jasmani

1. Mencegah penyakit jantung

Manfaat kebugaran jasmani sangat baik untuk mencegah berbagai macam penyakit. Salah satu manfaat kebugaran jasmani dalam mencegah berbagai penyakit, satu di antaranya bisa mencegah penyakit jantung.

Untuk mendapatkan kebugaran jasmani yang baik, diperlukan aktivitas fisik salah satunya olahraga. Ketika tubuh berolahraga, aliran darah cenderung lebih lancar daripada ketika tubuh dalam keadaan diam.Peredaran darah yang lancar dapat meringankan kerja jantung, sehingga membuat jantung jadi lebih sehat.

2. Cegah obesitas

Manfaat kebugaran jasmani juga baik untuk mencegah obesitas. Sebab, ketika kita memiliki kondisi kebugaran jasmani yang baik, kita bisa menjadi lebih aktif secara fisik. Aktivitas fisik termasuk olahraga dapat membantu membakar kalori berlebih yang tertimbun di dalam tubuh.

3. Mencegah Diabetes

Salah satu penyebab dari penyakit diabetes adalah obesitas. Sebelumnya disebutkan bahwa manfaat kebugaran jasmani adalah dapat mencegah obesitas. Dengan kata lain, secara tidak langsung bahwa manfaat kebugaran jasmani juga dapat mencegah diabets.

4. Mengurangi LDL dan menaikkan HDL

Manfaat kebugaran jasmani yang baik salah satunya adalah dapat membuat kita menjadi lebih aktif dan dapat melakukan aktivitas fisik dalam waktu yang lebih lama tanpa mengalami kelelahan yang berarti. Dengan kata lain, jika kita memiliki kebugaran fisik yang baik, kita bisa melakukan lebih banyak aktivitas fisik, salah satunya jalan kaki.

Dalam suatu penelitian disebutkan bahwa jalan kaki atau jogging selama 24 hingga 32 km per minggu mampu menurunkan lemak jahat (LDL = Low Density Lipoprotein) dan menaikkan lemak baik (HDL = High Density Lipoprotein).

5. Menurunkan tekanan darah tinggi

Manfaat kebugaran jasmani yang baik ternyata juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi bisa terjadi akibat adanya gangguan kesehatan, termasuk penyakit jantung koroner, stroke, dan gagal jantung. Maka itu, untuk menghindarinya perlu dihindari juga penyakit-penyakit penyebabnya.

3 dari 4 halaman

.

6. Meningkatkan kualitas hormon

Manfaat latihan kebugaran jasmani secara tidak langsung akan meningkatkan kualitas hormon yang ada di tubuh kita.

7. Meningkatkan Kemampuan Otak

Kebugaran jasmani yang baik juga dapat meningkatkan kemampuan otak. Hal yang dapat memengaruhi kemampuan otak adalah sirkulasi oksigen yang lancar ke otak. Untuk dapat memperlancar sirkulasi oksigen ke otak diperlukan aktivitas fisik yang rutin, salah satunya dengan olahraga.

Olahraga mampu melancarkan sirkulasi oksigen ke otak. Itulah mengapa, manfaat kebugaran jasmani dapat menjauhkan seseorang dari penyakit-penyakit yang melemahkan kerja otak, seperti pikun dan Alzheimer.

8. Memberi banyak energi

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kebugaran jasmani yang baik dapat membuat seseorang melakukan aktivitas fisik dalam waktu yang lebih lama tanpa merasakan kelelahan yang berarti. Dengan begitu, kita bisa lebih rajin berolahraga.

Jika bisa rutin berolahraga secara benar, seseorang akan bisa tidur nyenyak, berpikir jernih, terhindar dari stres, dan berbagai hal lain yang bisa menguras energi.

9. Menurunkan risiko kanker

Setiap orang memiliki risiko terkena kanker. Namun, risiko tersebut bisa ditekan dengan cara melakukan latihan fisik demi meningkatkan kualitas kebugaran jasmani. Dengan kata lain, manfaat kebugaran jasmani adalah dapat mencegah kanker. Hal itu didukung oleh sebuah penelitian dikatakan bahwa ternyata olahraga dapat menurunkan risiko terkena kanker.

10. Cegah osteoporosis

Para ahli berpendapat bahwa anak-anak yang banyak bergerak (aktif) akan memiliki tulang yang kuat. Beragam gerakan dalam latihan kebugaran jasmani tentu bisa melindungi seseorang dari osteoporosis. Dengan kata lain, salah satu manfaat kebugaran jasmani yang baik adalah dapat mencegah penyakit osteoporosis.

4 dari 4 halaman

.

11. Membuat awet muda

Kebugaran jasmani berguna untuk merawat kulit. Orang yang terbiasa melakukan olahraga biasanya memiliki kulit yang terlihat lebih kencang dan sehat. Itulah mengapa, manfaat latihan kebugaran jasmani membuat orang tampak awet muda.

12. Menurunkan gejala depresi ringan dan kegelisahan

Seperti yang telah disebutkan di awal artikel ini, manfaat kebugaran jasmani tidak hanya baik untuk kesehatan fisik, melainkan juga baik untuk kesehatan mental.

Manfaat kebugaran jasmani untuk kesehatan mental dapat menurunkan gejala depresi dan kecemasan. ini karena ketika seseorang melakukan aktivitas fisik terutama olahraga, tubuh akan merasa rileks. Kondisi tersebut yang menjadi satu di antara manfaat latihan kebugaran jasmani. Tak hanya itu, hal tersebut juga bisa mengurangi depresi.

13. Meningkatkan rasa percaya diri

Dalam suatu jurnal psikologi disebutkan bahwa sekecil apa pun olahraga bisa meningkatkan citra diri dan rasa percaya diri pada pelakunya. Dengan kata lain, manfaat kebugaran jasmani juga dapat meningkatkan kepercayaan diri pada seseorang.

14. Meningkatkan mood

Jika sedang merasa jenuh, olahraga bisa menjadi satu di antara solusi untuk bisa menghilangkannya. Sebuah studi juga mengatakan bahwa olahraga aerobik dapat mengurangi ketegangan dan membuat seseorang menjadi semangat lagi. Dengan kata lain, Manfaat kebugaran jasmani juga dapat memperbaiki mood atau perasaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.