Sukses

12 Manfaat Kayu Bajakah untuk Kesehatan, Pahami Juga Efek Sampingnya

Manfaat kayu bajakah sudah sangat dikenal terutama oleh suku Dayak.

Liputan6.com, Jakarta Mungkin banyak yang belum tahu mengenai manfaat kayu bajakah. Beberapa yang lain mungkin bahkan belum tahu apa itu kay bajakah. Kayu bajakah adalah sebuah tanaman yang berasal dari pedalaman Kalimantan Tengah. Bagi penduduk setempat, mungkin sudah tidak asing lagi dengan tanaman yang bernama latin Spatholobus littoralis Hassk.

Manfaat kayu bajakah sudah sangat dikenal terutama oleh suku Dayak. Suku Dayak menggunakan manfaat kayu bajakah untuk mengobati berbagai macam penyakit. Dikatakan, manfaat kayu bajakah bahkan dapat digunakan untuk mencegah kanker.

Kayu bajakah adalah jenis tanaman yang dapat tumbuh hingga setinggi 5 meter. Tanaman ini sebenarnya dapat berbuah, akan tetapi buahnya tidak terlalu dimanfaatkan sebagaimana akar dan batangnya.

Selain karena belum banyak yang mengetahui manfaat kayu bajakah, belum ada yang dapat membudidayakan tanaman ini karena kayu bajakah hanya dapat tumbuh di daerah hutan yang rimbun tanpa banyak sinar matahari karena ditumbuhi hutan lebat.

Lalu apa saja manfaat kayu bajakah? Berikut penjelasan selengkapnya seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (11/3/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Manfaat Kayu Bajakah

1. Meredakan Disentri

Salah satu manfaat kayu bajakah adalah mampu meredakan disentri. Kayu bajakah efektif dijadikan sebagai obat disentri atau infeksi pada usus yang menyebabkan diare. Pengobatan disentri dengan menggunakan kayu bajakah dinilai akan lebih cepat dengan adanya kandungan anti bakteri yang ada pada kayu bajakah.

2. Mengatasi Pegal-Pegal

Manfaat kayu bajakah berikutnya adalah dapat mengatasi pegal-pegal. Jika Anda sering merasakan pegal-pegal, Anda bisa mengkonsumsi air rebusan atau teh dari kayu bajakah untuk mengatasi permasalahan tersebut.

3. Menyembuhkan Luka

Selain dapat mengatasi pegal-pegal, manfaat kayu bajakah juga dapat digunakan untuk menyembuhkan luka. Bahkan luka luar yang diobati dengan kayu bajakah akan sembuh dengan lebih cepat. Sebab, manfaakt kayu bajakah memiliki kemampuan untuk menghentikan pendarahan. Manfaat kayu bajakah ini berasal dari senyawa saponin dan tannin yang ada pada kayu bajakah.

Senyawa-senyawa tersebut diketahui dapat merangsang pembentukan pembuluh darah baru pada luka. Peran ini sangat berguna untuk mendukung proses penyembuhan luka. Maka penggunaan salep dengan ekstrak kayu bajakah maupun tetesan air rebusan kayu bajakah bisa menjadi pilihan untuk mengobati luka.

4. Mengobati Kanker

Manfaat kayu bajakah juga dikenal dapat mengobati penyakit kanker. Sebuah penelitian oleh Laboratorium Universitas Lambung Mangkurat pada tikus putih, menunjukkan hilangnya sel tumor dalam waktu 2 minggu setelah tikus tersebut diberi ekstrak kayu bajakah.

Meski penelitian manfaat kayu bajakah untuk kesehatan tubuh memberikan hasil yang positif, Kementerian Kesehatan RI meluruskan tidak demikian. Manfaat kayu bajakah untuk kesehatan tubuh sebagai obat kanker pada manusia masih perlu penelitian lebih lanjut. Meski demikian, penelitian tersebut menunjukkan adanya potensi manfaat kayu bajakah untuk menjadi obat kanker.

3 dari 5 halaman

.

5. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Manfaat kayu bajakah selanjutnya adalah dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Manfaat kayu bajakah untuk meningkatkan sistem imun ini berasal dari kandungan antioksidan yang tinggi di dalamnya.

Tak heran bila manfaat kayu bajakah untuk kesehatan tubuh sangat berguna bagi tubuh untuk menangkal serangan penyakit. Untuk mendapatkan manfaat kayu bajakah dalam meningkatkan daya tahan tubuh, cobalah menyeduh teh kayu bajakah rutin setiap hari, terutama pada pagi hari saat kondisi perut masih kosong.

6. Mencegah Infeksi Bakteri

Manfaat kayu bajakah selanjutnya adalah dapat mencegah infeksi bakteri. Hal ini ditunjukkan dalam sebuah penelitian bahwa manfaat kayu bajakah mencegah infeksi bakteri, khususnya bakteri Escherichia coli. Manfaat kayu ini berasal dari kandungan senyawa alaminya, seperti flavonoid, saponin, tanin, dan polifenol.

Selain itu, manfaat kayu bajakah juga terbukti berfungsi untuk menghambat bakteri seperti Staphylococcus aureus.

7. Menangkal Radikal Bebas

Manfaat kayu bajakah berikutnya adalah dapat menangkal radikal bebas. Radikal bebas adalah sel-sel rusak yang dapat menyebabkan masalah pada kesehatan. Ketika tubuh memiliki kadar radikal bebas yang berlebih, ini sumber penyakit.

Manfaat kayu bajakah dalam menangkal radikal bebas berasal kandungan senyawa fenolik yang diketahui memiliki aktivitas antioksidan sangat kuat. Kandungan inilah yang dinilai dapat menangkal radikal bebas di dalam tubuh yang menjadi manfaat kayu bajakah untuk kesehatan.

8. Mencegah Penuaan Dini

Selain dapat menangkal radikal bebas, manfaat kayu bajakah juga dapat mencegah penuaan dini. Oleh karena itu, konsumsi kayu bajakah secara rutin akan dapat membuat Anda jadi lebih awet muda.

Manfaat kayu bajakah dalam mencegah penuaan dini berasal kandungan antioksidan di dalamnya. Ini merupakan senyawa penting yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kulit. Agar bisa merasakan manfaat kayu bajakah untuk kesehatan tubuh, disarankan mengonsumsi makanan dan minuman dengan antioksidan tinggi seperti menyeduh kayu bajakah.

4 dari 5 halaman

.

9. Meredakan Penyakit Arthritis

Manfaat kayu bajakah yang belum banyak diketahui adalah dapat meredakan sakit akibat dari Arthritis. Arthritis adalah kondisi peradangan sendi yang menyebabkan rasa sakit dan kaku yang dapat memburuk seiring bertambahnya usia.

Dengan kayu bajakah, Anda bisa meredakan rasa sakit tersebut. Manfaat kayu bajakah dalam meredakan Arthritis berasal dari senyawa pohon bajakah, antara lain tanin, yaitu zat kimia kompleks yang berasal dari asam fenolat. Peran tanin adalah untuk melawan peradangan dan mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh asam urat, radang sendi atau kondisi peradangan lainnya.

10. Mengatasi Obesitas

Obesitas atau kelebihan berat badan merupakan sumber dari berbagai macam penyakit termasuk diabetes. Meski demikian, kita dapat mencegah obesitas dengan manfaat kayu bajakah.

Salah satu  penyebab obesitas adalah tingginya kadar ROS. ROS, atau reactive oxygen species, adalah molekul yang dapat memberi sinyal pada sel-sel tubuh untuk melakukan proses biologis  normal.

Nah, kayu bajakah ini bisa membantu mencegah obesitas dengan cara menurunkan kadar ROS-nya. Tidak hanya itu, mengonsumsi ekstrak kayu bajakah juga dapat menurunkan berat badan dan lemak visceral yang menjadi penyebab obesitas.

11. Cegah Diabetes

Manfaat kayu bajakah ternyata juga dapat mencegah diabetes. Manfaat kayu bajakah dalam mencegah diabetes berasal dari senyawa flavonoid. Kandungan flavonoid pada akar bajakah diduga dapat mencegah diabetes dan komplikasinya.

Namun penting untuk diperhatikan, bahwa sebelum mengonsumsi kayu bajakah untuk mencegah diabetes, penting untuk mengkonsultasikan kepada dokter mengenai langkah ini.

12. Cegah Penyakit Hati

Selain dapat mencegah diabetes, manfaat kayu bajakah diketahui juga dapat mencegah penyakit yang terkait dengan organ hati. Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam The Journal Of Tropical Life Science, akar bajakah diyakini memiliki  antioksidan yang cukup untuk mencegah kerusakan hati.

Oleh karena itu, salah satu cara untuk mengurangi risiko penyakit yang terkait dengan organ hati adalah dengan mengkonsumsi kayu bajakah ini. Namun, hal ini membutuhkan penelitian yang lebih mendalam tentang efektivitas akar bajakah dalam mencegah penyakit hati.

5 dari 5 halaman

Efek Samping Kayu Bajakah

Meski manfaat kayu bajakah masih perlu diketahui efektivitasnya dengan penelitian lebih lanjut, namun manfaat kayu bajakah memang telah lama diyakini memiliki khasiat untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Kendati demikian, ada sejumlah efek samping yang dapat dihasilkan dari konsumsi kayu bajakah.

Dilansir dari Theguardian berdasarkan kajian yang diterbitkan Medical Journal of Australia, efek samping kayu bajakah dapat menyebabkan gagal ginjal dan kerusakan lever pada beberapa pengguna. Hal ini diduga karena beberapa obat mengandung senyawa kimia beracun atau logam berat atau bahkan bisa bereaksi secara negatif dengan obat yang sedang digunakan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.