Sukses

Kumpulan Kaligrafi Keren Bahasa Arab dan Cara Membuatnya yang Benar

Kaligrafi keren kerap kali juga menjadi pajangan di rumah ataupun di masjid.

Liputan6.com, Jakarta Kaligrafi keren bahasa Arab bisa kamu jadikan wallpaper di hp ataupun laptop. Tulisan bahasa Arab yang indah tentunya membuat kamu terpesona. Apalagi, dalam membuat kaligrafi tersebut dibutuhkan teknik-teknik tertentu agar tulisan semakin indah.

Kamu tentunya bisa saja menerapkan cara membuat kaligrafi bahasa Arab. Namun, hal ini perlu dilatih berkali-kali agar kamu terbiasa. Kaligrafi sendiri merupakan karya seni yang menonjolkan keindahan bentuk huruf-hurufnya.

Kaligrafi keren kerap kali juga menjadi pajangan di rumah ataupun di masjid. Kamu bisa belajar membuat kaligrafi dengan pensil. Cara membuat kaligrafi untuk pemula juga tidak begitu sulit, namun kamu perlu banyak berlatih.  

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (22/2/2023) tentang kaligrafi keren.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kaligrafi Keren Bahasa Arab dan Cara Membuatnya

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kamu bisa membuat kaligrafi keren bahasa Arab dengan mengikuti langkah-langkahnya. Kaligrafi keren ini bisa kamu jadikan wallpaper di hp ataupun laptop.

Cara Membuat Kaligrafi yang benar untuk Pemula

Buat Garis Sketsa dan Penempatan Huruf

Cara membuat kaligrafi yang pertama adalah membuat garis sketsa dan garis penempatan huruf secara umum. Dengan melakukan ini kamu akan lebih mudah dalam membuat huruf kaligrafi.

Garis sketsa atau garis bayang ini berfungsi sebagai patokan dalam penulisan kaligrafi. Dengan begitu, huruf yang kamu buat tidak akan melenceng terlalu jauh dari bentuk aslinya. Awalnya garis ini mungkin hanya sebagai latihan, nantinya bila telah terbiasa maka garis-garis sketsa tadi akan tergambar dalam benak pikiran kamu.

Pegang Alat Tulis dengan Benar

Memegang alat dengan cara yang benar akan membantu kamu menulis huruf dengan benar. Dalam hal ini penggunaan pensil harus didukung dengan bagaimana kamu memposisikan tangan dan pensil dalam posisi yang paling nyaman.

Mungkin kamu akan berganti-ganti gaya menulis pada awal-awal mulai menulis kaligrafi hingga mendapatkan posisi yang paling sesuai dan paling nyaman. Pada akhirnya kamu akan menemukan cara menulis yang benar-benar nyaman dan mendapatkan hasil yang bagus pula.

3 dari 5 halaman

Kaligrafi Keren Bahasa Arab dan Cara Membuatnya

Kamu bisa membuat kaligrafi keren bahasa Arab dengan mengikuti langkah-langkahnya. Kaligrafi keren ini bisa kamu jadikan wallpaper di hp ataupun laptop.

Cara Membuat Kaligrafi yang benar untuk Pemula

Membuat Huruf dengan Melihat Contoh

Dalam menulis kaligrafi, kamu harus memiliki contoh dari setiap huruf-huruf yang akan kamu tulis. Dengan begitu, kamu dapat meminimalisir kesalahan dalam penulisan nantinya. Dengan memiliki referensi untuk menulis huruf-huruf tersebut, kamu bisa meniru berbagai jenis kaligrafi dengan bentuk yang benar. Kamu perlu memerhatikan cara memegang alat tulis. Gunakan tebal garis yang bervariasi untuk membuat bentuk huruf yang bagus. Usahakan gerakan jari dan tangan kamu mantap dan proporsional.

Gunakan Tekanan dalam Membatasi Lebar Garis

Cara membuat kaligrafi selanjutnya adalah dengan menggunakan tekanan dalam membatasi lebar garis. Panjang dan lebar dari tulisan kaligrafi harus sesuai dengan kaidahnya dan jangan sembarang dalam menulis. Dengan mengendalikan sudut alat tulis dengan metode tekanan untuk mendapatkan hasil yang baik dan benar.

Mata pensil yang berbeda akan membantu dalam membuat ketebalan garis yang berbeda. Kamu bisa menekan ke bawah sedikit lebih keras selama beberapa saat untuk mendapatkan garis yang lebih tebal dan gunakan sentuhan yang sangat ringan untuk membuat garis-garis yang sangat tipis seperti helaian rambut.

4 dari 5 halaman

Kaligrafi Keren Bahasa Arab dan Cara Membuatnya

Kamu bisa membuat kaligrafi keren bahasa Arab dengan mengikuti langkah-langkahnya. Kaligrafi keren ini bisa kamu jadikan wallpaper di hp ataupun laptop.

Cara Membuat Kaligrafi yang benar untuk Pemula

Gunakan Urutan Gerakan yang Benar

Pakai kaidah yang benar dalam membuat kaligrafi keren bahasa Arab. Pada setiap huruf memiliki gerakan tersendiri dalam penulisannya dan pada dasarnya hampir semuanya berbeda. Jadi menggunakan urutan gerakan yang benar sebagai cara membuat kaligrafi sangatlah penting.

Urutan coretan yang asal-asalan akan sangat berpengaruh pada hasil dari karya seni kaligrafi keren kamu. Lihatlah kembali buku contoh kaligrafi untuk meminimalisir kesalahan. Urutan coretan tidak hanya memastikan bahwa bagian-bagian itu terhubung dengan benar dan rata, tetapi juga sering memiliki arti filosofis yang penting

Terus Berlatih

Cara membuat kaligrafi yang paling penting adalah terus berlatih. Dengan berlatih secara rutin dan teratur (istiqomah) maka akan menghasilkan sebuah karya kaligrafi keren. Dengan berlatih dan melakukan berbagai kesalahan, kamu bisa mendapatkan pengalaman untuk menyempurnakan tulisanmu. Ini merupakan cara belajar efektif supaya mudah dan cepat menguasai penulisan dalam membuat kaligrafi. Dengan selalu berlatih, nantinya kamu akan terbiasa.

5 dari 5 halaman

Kaligrafi Keren Bahasa Arab dan Cara Membuatnya

Kamu bisa membuat kaligrafi keren bahasa Arab dengan mengikuti langkah-langkahnya. Kaligrafi keren ini bisa kamu jadikan wallpaper di hp ataupun laptop.

Cara Membuat Kaligrafi yang benar untuk Pemula

Tiru Karya Orang Lain

Meniru atau bahkan menjiplak karya orang lain merupakan cara membuat kaligrafi yang bisa kamu lakukan. Hal ini tentunya dilakukan agar kamu lebih terbiasa dan lebih mahir dalam menuliskannya. Bila masih dalam masa awal belajar, tidak ada salahnya kamu untuk menjiplak hasil karya kaligrafi arab milik orang lain. Nantinya bila telah bisa menguasai penulisan dalam kaligrafi dengan baik, maka bersiaplah berkarya supaya hasil karyamu juga bisa bermanfaat untuk banyak orang.

Gunakan Kertas yang Tebal dan Terbaik

Pemilihan alat dan bahan juga sangat berpengaruh dalam cara membuat kaligrafi. Untuk menambah bagus hasil dari penulisan kaligrafi, pakailah kertas terbaik dan tebal supaya bisa membuat sebuah mahakarya kaligrafi keren bahasa Arab.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.