Sukses

10 Cara Menghilangkan Noda Tinta di Baju, Pakai Alkohol sampai Cuka

Segera lakukan cara menghilangkan noda tinta di baju setelah terjadi tumpahan untuk menghindari noda semakin menempel dan semakin sulit dihilangkan.

Liputan6.com, Jakarta Noda tinta di baju bisa sangat menjengkelkan dan sulit untuk dihilangkan. Namun, ada beberapa cara menghilangkan noda tinta di baju yang dapat dilakukan dengan barang-barang yang mudah ditemukan.

Noda tinta di baju dapat disebabkan oleh tumpahan tinta dari pena atau pulpen. Noda tinta ini bisa sangat sulit dihilangkan karena tinta biasanya mengandung zat warna yang sangat kuat dan dapat menempel pada kain dengan kuat. Noda tinta ini dapat terlihat sangat mencolok dan dapat merusak penampilan baju.

Selain itu, jika noda tinta tidak segera dihilangkan, noda ini dapat menyebar dan menempel pada kain dengan lebih kuat, sehingga semakin sulit untuk dihilangkan. Oleh karena itu, segera lakukan cara menghilangkan noda tinta di baju setelah terjadi tumpahan untuk menghindari noda semakin menempel dan semakin sulit dihilangkan. Berikut cara menghilangkan noda tinta di baju yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (17/2/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Noda Tinta di Baju dengan Barang-barang yang Mudah Ditemukan

Setiap kain memiliki karakteristik yang berbeda dan mungkin akan merespon dengan cara yang berbeda terhadap cara menghilangkan noda tinta di baju yang digunakan. Sebelum mencoba bahan-bahan yang disebutkan, pastikan untuk membaca label perawatan pada baju dan ikuti petunjuk perawatan yang disarankan. Jika perli lakukan test patch pada baju.

Selain itu, sebaiknya hindari menggunakan pengering atau menjemur baju yang masih ada noda tinta pada baju tersebut. Hal ini dapat membuat noda semakin sulit dihilangkan. Sebaiknya biarkan baju kering secara alami atau menggunakan pengering yang bersuhu rendah. Usahakan untuk menghilangkan noda tinta secepat mungkin. Semakin lama noda dibiarkan, semakin sulit untuk dihilangkan. 

1. Alkohol 

Cara menghilangkan noda tinta di baju yang pertama dapat menggunakan alkohol yang dapat ditemukan di apotik dan toko obat. Alkohol adalah bahan yang dapat membantu menghilangkan noda tinta pada baju. Gunakan alkohol yang umum digunakan untuk membersihkan luka atau alkohol denatured yang bisa ditemukan di toko-toko bahan kimia. 

Basahi kapas atau kain dengan alkohol dan usapkan pada noda tinta. Lakukan secara perlahan dan hati-hati untuk menghindari kerusakan pada kain. Lanjutkan menggosok sampai noda hilang atau paling tidak memudar. Jangan lupa untuk mencuci baju segera setelah menghilangkan noda agar tidak ada bekas alkohol pada baju.

2. Pasta Gigi 

Pasta gigi juga bisa digunakan untuk menghilangkan noda tinta pada baju. Carilah pasta gigi putih yang tidak mengandung pewarna buatan. Oleskan pasta gigi pada noda dan biarkan selama beberapa menit. Kemudian gosok secara perlahan menggunakan sikat gigi yang sudah tidak digunakan lagi. Setelah itu, bilas dengan air bersih. Pasta gigi dapat membantu mengangkat noda tinta karena kandungan bahan kimia yang terdapat di dalamnya.

3 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Noda Tinta di Baju

3. Cairan Pembersih Karpet 

Cara menghilangkan noda tinta di baju juga dapat dilakukan dengan menggunakan cairan pembersih karpet. Cairan pembersih karpet dapat membantu menghilangkan noda tinta pada baju. Campurkan cairan pembersih karpet dengan air dan basahi kain dengan campuran tersebut. Usapkan pada noda tinta dan biarkan selama beberapa menit, lalu cuci dengan air bersih. Cairan pembersih karpet mengandung bahan kimia yang bisa membantu mengangkat noda tinta dari kain.

4. Hidrogen Peroksida 

Hidrogen peroksida bisa digunakan untuk menghilangkan noda tinta pada baju. Tuangkan sedikit hidrogen peroksida pada noda tinta dan biarkan selama beberapa menit. Kemudian cuci baju dengan air dingin. Hidrogen peroksida mengandung oksigen dan bahan kimia yang dapat membantu menghilangkan noda tinta.

5. Cuka 

Cuka adalah bahan yang efektif untuk menghilangkan noda tinta pada baju. Campurkan air dan cuka dalam jumlah yang sama dan rendam baju selama beberapa jam. Setelah itu, cuci baju dengan air bersih. Cuka mengandung asam asetat yang dapat membantu menghilangkan noda tinta.

6. Deterjen Cair 

Deterjen cair juga dapat digunakan untuk cara menghilangkan noda tinta di baju. Celupkan baju ke dalam air dengan deterjen cair selama beberapa menit, lalu cuci dengan air bersih. Deterjen cair mengandung bahan kimia yang bisa membantu mengangkat noda tinta dari kain.

4 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Noda Tinta di Baju

7. Cairan Wd-40 

Cairan Wd-40 sebetulnya adalah pembersih karat di benda-benda logam, namun ternyata cairan ini dapat digunakan untuk cara menghilangkan noda tinta di baju yang ampuh. Semprotkan sedikit cairan Wd-40 pada noda tinta dan biarkan selama beberapa menit. Kemudian cuci baju dengan air dingin. Cairan Wd-40 mengandung minyak dan bahan kimia yang dapat membantu mengangkat noda tinta dari kain.

8. Hairspray

Cara menghilangkan noda tinta di baju kali ini sangat direkomendasikan khusus pakaian berbahan kain katun maupun polyester. Hairspray memiliki kandungan alkohol di dalamnya yang mampu mengangkat noda tinta pada baju atau celana katun. Semprotkan hairspray tepat di atas noda, kemudian diamkan selama satu menit. Agar mempermudah membersihkan tinta, gunakan kapas atau lap bersih untuk mengelap noda tersebut secara perlahan hingga warna pakaian kembali seperti semula. 

9. Aseton 

Aseton menjadi barang yang mudah ditemukan yang dapat membantu cara menghilangkan noda tinta di baju. Aseton sebenarnya diperuntukan untuk membersihkan cat kuku, namun formulanya ternyata juga dapat membersihkan noda tinta yang menempel di baju. 

Teteskan sedikit aseton tepat di atas noda, lalu tepuk pelan menggunakan kapas atau tisu kering untuk menyerap tinta. Kemudian, siapkan garam dapur dan larutkan ke dalam air dingin, lalu rendamlah bajumu ke dalam larutan tersebut selama 5-10 menit. Selain tidak memakan banyak biaya, cara menghilangkan noda tinta di baju ini juga cukup praktis dan sangat menghemat waktu. Setelah itu, kamu bisa mencuci baju menggunakan mesin cuci.

10. Soda Kue 

Cara efektif menghilangkan noda tinta di baju jug dapat dilakukan dengan memanfaatkan soda kue dan air. Bahan rumahan yang satu ini memang sering kali diandalkan untuk mengatasi noda membandel seperti tinta di baju, terlebih pada kemeja putih andalan sehari-hari. Caranya, campurkan soda kue dan air dengan ukuran yang sebanding, lalu aduk hingga menjadi pasta. Gunakan kapas yang ditepuk perlahan untuk menyerap noda, kemudian cuci bersih baju menggunakan detergen. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini