Sukses

1 Kodi Berapa Pcs? Pahami Pengertian dan Cara Menghitungnya

1 kodi berapa pcs ? Berikut ini pengertian satuan hitung kodi dan pcs, beserta dengan cara menghitung 1 kodi berapa pcs dan contoh soalnya.

Liputan6.com, Jakarta 1 kodi berapa pcs merupakan pertanyaan yang kerap kali muncul dalam benak kita, saat menghitung barang yang akan dibeli dalam jumlah yang lumayan besar. Umum digunakan untuk menghitung suatu benda dalam kemasan packaging, kodi biasa digunakan untuk menerangkan jumlah benda yang bisa dihitung seperti kayu, baju, kain dan lain sebagainya. 

Mengetahui jawaban dari pertanyaan 1 kodi berapa pcs memudahkan kita dalam melakukan transaksi jual beli. Meski umum digunakan dalam transaksi jual beli, umumnya kodi digunakan oleh pada transaksi jual beli dengan nominal yang lumayan besar, sehingga untuk masyarakat awam, umumnya jarang menggunakan satuan kodi dalam transaksi jual beli.

Meski demikian tetap penting untuk mengetahui jawaban dari 1 kodi berapa pcs, karena perhitungan ini mungkin akan ditemui saat membeli barang-barang tertentu yang harus dihitung atau dibeli dengan satuan kodi. Untuk itu mari kita bahas secara terperinci tentang jawaban dari pertanyaan 1 kodi berapa pcs ini.

Lantas bagaimana cara menghitung 1 kodi berapa pcs? Lebih lengkapnya, berikut ini telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Kamis (9/2/2023). Pengertian satuan hitung kodi dan pcs, beserta dengan cara menghitung 1 kodi berapa pcs dan contoh soalnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Satuan Kodi dan Pcs

Apa Arti Kodi?

Sebelum membahas jawaban untuk pertanyaan 1 kodi berapa pcs, sebelumnya penting untuk memahami arti dari satuan hitung kodi. Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, kodi adalah satuan jumlah 20 buah, potong, helai atau sebagainya. kodi digunakan sebagai satuan hitung dalam matematika untuk menyatakan jumlah dari keseluruhan benda atau barang seperti baju, tas, kayu dan sebagainya.

 

Apa Arti Pcs?

Selanjutnya mari kita bahas mengenai arti pcs. Pcs adalah istilah yang ditulis dari kepanjangan “pieces” atau yang memiliki arti dalam bahasa Indonesia yaitu bagian, potongan, atau satuan. Namun, dalam satuannya penulisan pcs yang benar ini adalah “pc” yang kepanjangannya “piece” ini artinya dalam bahasa Indonesia adalah bagian, potongan, atau satuan. 

Jadi istilah pc ini untuk satuan yang jumlahnya hanya satu saja. Misalnya, 1 pc buku, 1 pc pulpen dan lain sebagainya. Sedangkan pcs merupakan bentuk jamak dari pc. Karena berarti dalam bahasa inggris penulisannya “pieces”. Arti dalam bahasa Indonesianya masih sama, namun ini dalam jumlah lebih dari 1. Misalnya 16 pcs buku, 23 pcs pulpen dan lain sebagainya.

Penggunaan satuan pc atau pcs digunakan untuk menunjukkan jumlah suatu benda yang memiliki bentuk potongan atau lembaran seperti kertas, papan, baju, dan lain sebagainya. Selain pc atau pcs, satuan hitung yang biasanya juga digunakan yaitu “buah” dan biji”. Misalnya 7 buah semangka, 15 biji kacang dan lain sebagainya.

3 dari 5 halaman

1 Kodi Berapa Pcs?

1 Kodi Berapa Pcs?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, 1 pcs sama dengan 1 buah dan 1 kodi sama dengan 20 buah. Jadi dapat disimpulkan bahwa jawaban dari 1 kodi berapa pcs, jawabannya adalah 20 buah. Satuan kodi biasa digunakan ketika hendak melakukan suatu transaksi jual beli dalam jumlah yang banyak atau untuk benda yang dijual dalam kemasan. 

Contoh benda yang umum dihitung dalam satuan kodi dalam transaksi jual beli adalah benda yang mempunyai jumlah banyak yaitu seperti kayu, baju, bambu, kain, buku dan lain sebagainya. Dan bisa juga digunakan untuk barang-barang partai besar atau grosir yaitu seperti pakaian, sepatu, tekstil, kecap, dan banyak lagi lainnya.

Selain kodi terdapat satuan lain yaitu lusin, kodi, gross, dan juga rim ialah merupakan satuan jumlah atau hitung dalam matematika yang sering kali dipakai ketika proses transaksi jual beli pada suatu barang. Contoh benda yang biasa dihitung dalam satuan kodi adalah yang memiliki jumlah banyak seperti sate, bambu, kayu, baju, dsb. Bisa juga barang-barang partai besar (grosir) seperti tekstil, pakaian, kecap, sepatu dan lain sebagainya.

4 dari 5 halaman

Satuan Hitung Lainnya

Satuan Hitung Lainnya 

Selain kodi dan pcs, terdapat banyak satuan hitung lain yang kerap digunakan dalam transaksi jual beli, seperti lusin, gross dan juga rim. Satuan hitung ini umum digunakan untuk untuk menentukan jumlah dari benda-benda yang dibeli dalam jumlah besar. Berikut penjelasan lengkapnya. 

a. Satuan Hitung Lusin

Lusin merupakan bahasa serapan dari bahasa Belanda, yaitu “dozijn”, yang berarti 12. Selain itu, lusin juga disebut dengan kata “dozen” dalam bahasa inggris yang berarti 12 juga.

1 lusin = 12 buah.

b. Satuan Hitung Rim

Rim umumnya digunakan untuk menunjukkan jumlah benda atau barang yang berupa lembaran seperti kertas. Satu rim mewakilkan 500 lembar.

1 Rim = 500 helai/lembar

c. Satuan Hitung Gross

Gross merupakan konversi dari satuan lusin. 1 gross sama dengan 12 lusin yang kalau dinyatakan dalam jumlah buah adalah sama dengan 144 buah. Jadi satu gross mewakilkan 144 buah.

1 gross = 144 buah

5 dari 5 halaman

Contoh Soal Kodi Ke Pcs

Contoh Soal 1

3 Kodi = berapa pcs ?

Jawab : 1 kodi adalah 20 pcs

Maka, 3 kodi = 3 × 20 pcs = 60 pcs

 

Contoh Soal 2

5 Kodi = Berapa pcs ?

jawab : 1 kodi adalah 20 pcs

Maka, 5 kodi = 5 × 20 pcs = 200 pcs

 

Contoh Soal 3

4 Kodi = berapa pcs ?

jawab  : 1 Kodi adalah 20 pcs

Maka, 4 Kodi = 4 × 20 pcs = 80 pcs

 

Contoh Soal 4

7 Kodi = berapa pcs ?

jawab  : 1 Kodi adalah 20 pcs

Maka, 7 Kodi = 7 × 20 pcs = 140 pcs

 

Contoh Soal 5

100 Kodi = berapa pcs ?

jawab  : 1 Kodi adalah 20 pcs

Maka, 100 Kodi = 100 × 20 pcs = 2000 pcs

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.