Sukses

Contoh Rumah Minimalis Sederhana dan Modern, Begini Menatanya

Ini contoh rumah minimalis dari segi tata letak perabot hingga pencahayaannya.

Liputan6.com, Jakarta - Rumah minimalis adalah konsep bangunan yang ditata dengan simpel dan mengutamakan efisiensi. Mendesain contoh rumah minimalis, hasilnya akan lebih maksimal jika pemilik rumah menerapkan gaya hidup minimalis juga. Ini karena rumah minimalis dengan pemilik tidak minimalis, justru akan seperti bangunan yang tidak bisa memenuhi kebutuhan pemilik begitu pula sebaliknya.

Interior Designer Service, Livspace dilansir, Selasa (7/2/2023), menggambarkan contoh rumah minimalis sederhana dan modern adalah tentang menerapkan konsep minimalisme, seperti mengurangi barang-barang atau perabot yang tidak perlu. Tujuannya agar rumah tetap tampak sederhana tidak berlebihan atau bahkan kelebihan muatan. Ini berlaku baik itu untuk contoh rumah minimalis 2 kamar atau contoh rumah minimalis 3 kamar, dan seterusnya.

Diungkapkan, gaya dekorasi minimalis untuk rumah minimalis adalah upaya latihan menahan diri dari hal-hal yang berlebihan. Contoh rumah minimalis, sangat memperhatikan bagaimana konsep tata ruang dimaksimalkan, pencahayaan dioptimalkan, dan berbagai objek atau perabot ditempatkan sesuai fungsinya. Itulah contoh rumah minimalis yang bisa memberikan kesan rapi, teratur, dan fungsional.

Agar lebih memahami dan terinspirasi tentang bagaimana cara menata rumah minimalis sebenarnya, simak penjelasan lengkapnya. Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang contoh rumah minimalis dan cara menatanya melansir dari berbagai sumber, Selasa (7/2/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Rumah Minimalis Terlihat dari Warna Dinding dan Pengaturan Cahayanya

Contoh rumah minimalis adalah menggunakan warna dinding yang tidak terlalu mencolok, tetapi tetap sesuai dengan selera pemiliknya. Rumah minimalis yang modern identik dengan warna-warna kalem seperti abu-abu atau putih akan membuat tampilan rumah terkesan sederhana tetapi elegan.

Bagi mereka yang suka menggunakan wallpaper dinding, contoh rumah minimalisnya pun tidak dengan motif yang terlalu ramai. Rumah minimalis umumnya hanya akan menggunakan wallpaper di bagian sudut ruangnya saja. Ini karena penggunaan wallpaper yang penuh di seluruh ruangan, hanya akan membuat ruangan terlihat lebih sempit.

Contoh rumah minimalis modern, sangat memperhatikan tata pengaturan cahaya atau shadow-nya. Pencahayaan yang baik, mampu membuat tampilan rumah menjadi berbeda karena akan memberi kesan ruang yang lebih luas dan nyaman.

 

3 dari 5 halaman

Rumah Minimalis Memiliki Ventilasi yang Baik

Contoh rumah minimalis sederhana dan modern, pasti memiliki ventilasi yang sangat baik. Khususnya ventilasi seperti jendela rumah. Jendela memiliki peranan sangat penting untuk sirkulasi udara sekaligus sebagai celah masuknya cahaya matahari ke dalam rumah.

Rumah minimalis kebanyakan memiliki jendela dengan ukuran yang besar atau pintu tembus pandang. Tujuanya adalah agar jumlah cahaya yang masuk cukup untuk menerangi ruangan pada siang hari. Selain itu, hindari segala bentuk hiasan atau pernak-pernik di sekitar jendela dan pintu rumah.

Ini akan membuat kesan rumah tampak minimalis, cahaya akan lebih mudah masuk! Jika pemilik rumah minimalis memerlukan privasi, maka para desainer interior ruangan minimalis merekomendasikan penggunaan gorden atau tirai yang tipis atau tidak terlalu tebal.

4 dari 5 halaman

Rumah Minimalis Memiliki Penataan Sudut Ruang Fungsional

Contoh rumah minimalis, pasti memiliki penataan sudut-sudut ruang yang fungsional. Ini termasuk bagian dari siasat memaksimalkan gerak pada rumah-rumah yang dibangun pada lahan yang sempit. Setiap sudut ruangan rumah minimalis harus memiliki fungsi yang jelas.

Misalnya, penataan dapur pada ukuran rumah yang sempit sebaiknya menggabungkan ruang makan dengan dapur dalam satu ruangan yang sama. Gunakan meja makan mungil agar tidak menganggu gerak saat berada di dapur.

Contoh rumah minimalis sederhana dan modern pasti menyediakan ruang penyimpanan sederhana untuk barang-barang yang tidak bisa diletakkan di sembarang tempat. Adanya ruang penyimpanan akan membuat tampilan rumah semakin tertata rapi dan bersih.

Misalnya saja, agar kamar tidur tidak semakin sempit, pilih tempat tidur yang dilengkapi dengan laci agar bisa digunakan untuk menyimpan baju atau buku-buku selain menggunakan lemari atau rak.

Contoh rumah minimalis pun sangat memperhatikan penempatan cermin di setiap sudut ruangnya. Tidak hanya menjadikan ruang lebih fungsional, cermin yang terpasang pada suatu ruangan akan membuat pantulan dan menciptakan terkesan lebih luas.

5 dari 5 halaman

Rumah Minimalis Tidak Memiliki Banyak Perabotan

Contoh rumah minimalis pasti tidak memiliki banyak perabotan. Ini untuk menghindari dan menyiasati adanya keterbatasan ruang. Penataan rumah minimalis hanya menggunakan dan mempunyai perabot seperlunya, menyesuaikan dengan luas ruangan.

Mereka pemilik rumah minimalis, pasti menata ruangan dengan pemilihan perabot yang ukurannya sesuai ukuran dan bentuk ruangan. Khusus bagi yang suka dengan aksesoris rumah, di contoh rumah minimalis pun bisa dimungkinkan dengan menambah aksesoris yang tidak begitu fungsional.

Catatan pentingnya, penambahan aksesoris di rumah minimalis jangan terlalu banyak dan ramai. Kemudian, tata aksesoris rumah di tempat-tempat yang tidak menghalangi pandangan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.