Sukses

9 Mukena Anak Terbaik, Ini Tips Memilih yang Nyaman dan Awet

Liputan6.com, Jakarta Mukena anak yang bagus dan menarik, dapat menjadi salah satu cara untuk menarik perhatian buah hati, untuk rajin beribadah. Membiasakan anak untuk rajin beribadah terutama ibadah sholat wajib menjadi salah satu hal yang ingin dilakukan oleh setiap orang tua, dan menyediakan peralatan ibadah yang disukai anak menjadi salah satu cara untuk melakukannya.

Mukena anak yang bagus dan menarik, akan membuat mereka ingin memakainya sesering mungkin. Dengan motivasi awal ini, anak dilatih untuk membiasakan dirinya melakukan ibadah wajib sholat lima waktu, yang akan terbawa hingga dirinya dewasa. Namun perlu diingat oleh orang tua, dalam memilih mukena anak yang baik tidak hanya berdasarkan tampilannya saja.

Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih mukena anak yang  tidak hanya harus menarik namun juga harus nyaman dan awet dipakai oleh anak. Hal ini karena anak tidaklah sama dengan orang dewasa, dimana mereka mudah bosan dan belum dapat merawat barang-barang miliknya dengan baik.

Lantas bagaimana cara memilih mukena anak yang benar? Berikut ini telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber tips memilih mukena terbaik untuk anak, yang tidak cuma menarik namun juga nyaman dan awet, Rabu (1/2/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tips Memilih Mukena Anak terbaik

1. Pastikan bahan mukena nyaman digunakan

Tips memilih mukena anak yang pertama adalah memastikan mukena anak yang dipilih terbuat dari material yang lembut, sejuk di kulit dan tidak transparan. Poin penting lainnya adalah memilih bahan yang mudah dicuci, agar memudahkan anda saat melakukan perawatan. Beberapa contoh bahan kain yang memenuhi syarat tersebut adalah  kain katun, kain spandex, kain sutra, kain parasut, kain abutai, serta beberapa jenis kain lain yang sejenis seperti kain shantung dan juga kain mori.

2. Memiliki karet yang elastis dan juga fleksibel

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kenyamanan adalah hal utama yang harus diperhatikan. Jadi pilihlah mukena dengan karet pinggang dan karet kepala yang lebih fleksibel. Hal ini untuk memudahkan anak dalam bergerak, jadi karet ini dapat dengan mudah meregang dan dapat dengan mudah juga kembali ke ukurannya semula namun saat dikenakan tidak terlalu kencang menekan tubuh serta tetap nyaman dipakai.

3. Pilih model yang cocok

Pastikan dalam memilih mukena anak, pilih model mukena yang mudah untuk dipakai dan tidak membuat anak kesulitan bergerak. Salah satu model mukena yang memenuhi kriteria tersebut yaitu berupa mukena two piece yang terdiri atas dua potong bahan, yakni bagian atas dan bagian bawah. Bagian atas mukena bentuknya mirip seperti hijab instan dengan ukuran yang jauh lebih panjang dan lebar hingga menutupi tangan. Sedangkan bagian bawah seperti layaknya rok elastis berukuran panjang hingga menyentuh lantai.

3 dari 4 halaman

Tips Memilih Mukena Anak terbaik

4. Pastikan ukurannya pas

Sama seperti baju, saat memilih mukena anak pastikan ukuran mukena tidak terlalu besar atau kecil, karena jelas hal ini tidak nyaman bagi anak, maka dari itu sebaiknya cari ukuran mukena yang pas dan sesuai dengan tubuh anak. Pastikan bagian lubang wajahnya harus sesuai dengan ukuran wajah. Lalu panjang mukena harus mampu menutupi tangan dan kaki. Kemudian tidak menyulitkan anak untuk bergerak.

5. Pilih mukena dengan warna menarik

Tips memilih mukena anak yang selanjutnya adalah pastikan memilih mukena dengan warna yang menarik atau yang disukai anak. Pilih mukena dengan warna dan corak yang menarik untuk meningkatkan semangat anak dalam menjalankan ibadah. Untuk beribadah di rumah pilih mukena yang berwarna cerah agar tidak cepat kotor meski sering digunakan. Dan untuk bepergian pilihlah mukena anak yang berwarna lebih lembut, seperti putih, gading atau krem.

6. Hindari mukena yang mudah luntur

Sama seperti pakaian, pastikan untuk menghindari memilih mukena anak yang bahannya mudah luntur, karena bukan tidak mungkin hal semacam ini akan merusak tampilan mukena secara keseluruhan. Mukena yang tidak mudah luntur warna alaminya akan tetap terjaga dengan baik dan tidak berubah meski sudah dicuci maupun digunakan berulang kali. 

4 dari 4 halaman

Tips Memilih Mukena Anak terbaik

7. Cek terlebih dahulu jahitan mukena

Mukena merupakan peralatan ibadah yang di jahit, sehingga penting untuk mengecek dengan teliti kualitas jahitan antar bagian pada mukena. Jahitan mukena anak yang bagus umumnya akan terlihat lebih rapi, kuat dan rata sehingga akan tahan lebih lama meskipun sudah dipakai berulang kali. Pastikan jahitan mukena anak yang baik tentunya harus rapi, tidak terputus dan kuat. Kemudian jarak antar jahitan satu dengan jahitan lainnya tampak sama dan konstan. Serta sambungan antar jahitannya pun akurat dan sangat rapi.

8. Model yang praktis dan juga ringkas

Tips memilih mukena anak yang selanjutnya adalah memilih model mukena yang praktis dan ringkas. Salah satu poin yang bisa diperhatikan adalah memilih mukena yang memiliki tas, hal ini supaya mukena bisa lebih praktis dan mudah dibawa-bawa. Selain memudahkan anak untuk membawa mukena, fungsi lain dari tas mukena yakni untuk melindungi mukena agar tidak mudah kotor saat digunakan akan untuk beribadah di luar rumah.

9. Sesuaikan dengan budget anda

Tips memilih mukena anak yang terakhir adalah memastikan harga mukena yang akan anda beli sesuai dengan budget yang anda miliki. Jangan sampai hanya demi mendapatkan mukena anak yang harganya sangat mahal, anda harus menguras isi tabungan yang semestinya bisa anda gunakan untuk keperluan lain. Pastikan untuk melakukan survei terlebih dahulu di beberapa toko untuk bisa membandingkan produk dan mendapat barang dengan harga terbaik. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.