Sukses

8 Foto Masjid Terindah dan Terbaru di Indonesia 2023, Cocok untuk Wisata Religi

Kumpulan foto masjid terindah dan terbaru di Indonesia 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Di Indonesia ada sejumlah masjid yang baru dibangun dan masuk kategori terindah di tahun 2023. Foto masjid ini yang akan membuktikannya. Total ada empat masjid terindah dan terbaru di Indonesia yang wajib dikunjungi, lokasinya ada di Jawa Barat, Depok, Solo, dan Padang.

Wisata religi di Indonesia menjadi semakin beragam dengan dibangunnya sejumlah masjid terbaru ini. Mulai dari foto masjid Al-Jabbar, Sheikh Zayed, At-Thohir, dan Al-Hakim, bisa membuktikan betapa megahnya bangunan ini.

Foto masjid terindah di Indonesia 2023 ini ada yang bergaya arsitektur Timur Tengah, klasik modern, dan bergaya Taj Mahal. Sejauh ini, masjid-masjid terindah dan terbaru 2023 dilaporkan oleh pemerintah setempat selalu ramai pengunjung. Baik untuk datang melakukan wisata religi maupun beribadah.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang foto masjid terindah dan terbaru di Indonesia 2023 melansir dari berbagai sumber, Rabu (1/2/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Foto Masjid Al Jabbar Jawa Barat

Foto masjid Al Jabbar ini berlokasi di Kecamatan Gedebage, Kota Bandung, berdiri di atas kolam retensi. Masjid terindah di Indonesia ini memiliki daya tampung hingga 10 ribu orang. Secara total, daya tampung area beserta fasilitasnya bisa mencapai 33 ribu orang.  

Desain arsitektur masjid Al-Jabbar memiliki kesan futuristik. Fasilitas pelengkapnya terdapat taman kota dengan tema 25 nabi dan rasul. Ada danau retensi yang berfungsi sebagai pengendali banjir pun disulap bisa dimanfaatkan sebagai tempat rekreasi. 

Principal Architect LABO Deddy Wahjudi yang terlibat mendesain artwork interior Masjid Al Jabbar, melansir dari situs website resmi Pemprov Jabar menuturkan, ada sentuhan tangan perajin-perajin di Indonesia, termasuk Jabar, dalam menyempurnakan detail-detail artwork Masjid Al Jabbar. Hal itu akan membuat pengunjung masjid mendapatkan pengalaman mengesankan. 

"Sentuhan artwork menjadi hal yang unik dipekerjaan ini karena berbeda pendekatan dengan desain-desain untuk bangunan arsitektur, ruang publik atau masjid-masjid yang lain. Ada harapan dari Pak Gubernur, terdapat sentuhan tangan di dalam penyelesaian masjid ini," terangnya dalam keterangan tertulis itu.

3 dari 5 halaman

Foto Masjid Sheikh Zayed Solo

Foto masjid Sheikh Zayed beralamatkan di Jl. Ahmad Yani No.128 Gilingan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57134. Memiliki luas 8000 meter persegi ini merupakan replika dari Sheikh Zayed Grand Mosque di Abu Dhabi, UEA.

Masjid terindah di Indonesia Sheikh Zayed ini dibangun dua lantai, dengan dilengkapi empat menara dan satu kubah utama. Totalnya ada 82 kubah yang dihiasi batu pualam putih yang cantik. Masjid ini bernuansa emas dan putih, mampu menampung jemaah hingga 10 ribu.

Foto masjid terbaru Sheikh Zayed ini terdapat perpustakaan dengan luas 20 meter persegi, ruang VIP (Very Important Person), ruang pengelola, taman, basement untuk tempat wudhu pria dan wanita. Kini, masjid terindah ini menjadi destinasi wisata religi.

Di sekitar kompleks masjid Sheikh Zayed akan dibangun Islamic Center yang akan menjadi pusat pendidikan dan pengajaran Islam. Seperti tafsir Al Quran, Taman Pendidikan Al Quran (TPA), dan madrasah. Ada pula tempat pengembangan ekonomi syariah dengan produk-produk halal market.

Dibangunnya masjid terindah dan terbaru ini sebagai simbol persahabatan negara Indonesia dan Uni Emirat Arab (UEA). Simbol persahabatan pun diperkuat dengan ditanamnya pohon Sala di area masjid oleh kedua kepala negara saat peresmian bulan November 2022.

4 dari 5 halaman

Foto Masjid At-Thohir Depok

Foto masjid At-Thohir ini dikenal sebagai masjid kedua yang dibangun keluarga Thohir yang diresmikan pada Maret 2022. Masjid terindah di Indonesia ini dibangun dengan warna putih dominan, lalu di depan masjid terdapat air mancur kecil di depannya dengan latar belakang tulisan Masjid At Thohir.

Masjid At-Thohir masuk kategori masjid terbaru di Indonesia yang dirancang dengan gaya arsitektur klasik modern dibangun di atas lahan seluas 2.8 hektare. Foto masjid terindah ini bernuansa putih ini memiliki kapasitas 1.976 orang di area dalam masjid dan 1.395 di fasilitas pendukung plaza serbaguna.

Foto masjid At-Thohir di Depok terinspirasi dari masjid di Abu Dhabi-Uni Emirat Arab yang memiliki banyak kubah. Sementara interiornya di bagian depan dekat mimbar, banyak dihiasi dengan 99 Asmaul Husna. Masjid ini dibangun sebagai tempat ibadah umat Islam serta meningkatkan pengetahuan dan wawasan keislaman.

5 dari 5 halaman

Foto Masjid Al-Hakim Padang

Foto masjid Al-Hakim Padang adalah masjid bergaya Taj Mahal di tepi Pantai Padang, Kota Padang, Sumatera Barat, Indonesia. Masjid terindah di Indonesia ini mulai dibangun pada awal 2017.

Biaya pembangunan masjid terindah di Indonesia ini berasal dari seorang donatur. Sementara itu, lahannya disediakan oleh Pemerintah Kota Padang seiring penataan Pantai Padang yang dilakukan sejak 2014.

Letak masjid terindah di Indonesia ini strategis membuatnya ramai dikunjungi para pengunjung. Menjelang senja, Dunsanak Pariwisata dapat menyaksikan indahnya sunset dari masjid terbaru di Indonesia ini.

Selain untuk beribadah, pengunjung yang datang ke masjid Al-Hakim Padang ini pun seringkali mengabadikan momen dengan mengambil foto masjid berlatar belakangkan keindahan masjid Al-Hakim.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.