Sukses

10 Manfaat Stroberi untuk Kesehatan dan Ide Olahannya, Buah Cantik yang Kaya Manfaat

Manfaat stroberi dikenal sebagai salah satu buah yang kaya vitamin C.

Liputan6.com, Jakarta Stroberi adalah buah berwarna merah yang memiliki bentuk bulat agak mengerucut dengan bintik-bintik hitam. Manfaat stroberi dikenal sebagai salah satu buah yang kaya vitamin C. Warna dan bentuknya yang cantik membuat stroberi banyak digunakan untuk menghias kue dan minuman.

Manfaat stroberi dapat dirasakan dengan mengkonsumsinya secara rutin dalam jumlah yang wajar. Buah ini mengandung banyak nutrisi seperti vitamin C, folat, mangan, serat, dan antioksidan. Stroberi juga rendah kalori dan kaya akan serat, yang membuatnya menjadi pilihan yang baik bagi mereka yang ingin menjaga berat badan atau menjaga kesehatan.

Terdapat berbagai cara untuk mengonsumsi stroberi, mulai dari memakannya segar, membuat jus, atau menambahkannya ke dalam salah satu makanan seperti smoothies, salad, atau topping pada oatmeal atau yogurt. Manfaat stroberi bagi kesehatan juga kerap digunakan dalam berbagai produk multivitamin dan perawatan tubuh. Berikut manfaat stroberi yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (31/1/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Stroberi untuk Kesehatan

1. Sumber Antioksidan

Manfaat stroberi yang pertama adalah sebagai sumber antioksidan. Stroberi mengandung antioksidan seperti vitamin C, mangan, dan folat. Antioksidan ini membantu melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas, yang dapat menyebabkan penyakit dan penuaan dini.

2. Meningkatkan Sistem Imun

Stroberi kaya akan vitamin C, yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C membantu memproduksi sel darah putih yang membantu melawan infeksi dan meningkatkan daya tahan tubuh.

3. Mengontrol Tekanan Darah

Manfaat stroberi juga dapat mengendalikan tekanan  darah dalam tubuh. Kandungan potasium dan magnesium dalam stroberi dapat membantu mengontrol tekanan darah. Potasium membantu meregulasi sirkulasi darah dan membantu menjaga tekanan darah tetap stabil.

4. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Antioksidan dan serat yang terkandung dalam stroberi membantu mencegah penyakit jantung. Serat membantu menjaga kesehatan jantung dengan mengurangi kadar kolesterol dalam darah dan membantu mencegah penyumbatan arteri.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Menjaga kesehatan mata: stroberi mengandung lutein dan zeaxanthin yang membantu menjaga kesehatan mata dan mencegah degenerasi makula. Kedua zat ini membantu melindungi mata dari kerusakan akibat sinar UV dan membantu mencegah katarak.

3 dari 4 halaman

Manfaat Stroberi untuk Kesehatan

6. Mengatasi Permasalahan Kulit

Antioksidan yang terkandung dalam stroberi dapat membantu mengatasi masalah kulit seperti jerawat dan keriput. Antioksidan membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan membantu menjaga kulit tetap sehat dan terlihat muda.

Tidak hanya untuk kulit, Kandungan nutrisi stroberi lainnya, seperti vitamin C dan E, asam folat, magnesium juga bagus untuk kesehatan rambut. Jika kamu memiliki masalah rambut dan kulit yang belum tuntas, bisa beralih ke shampo dengan kandungan buah stroberi seperti Herbal Essence White Strawberry & Mint Shampoo.

 

 

Herbal Essence White Strawberry & Mint Shampoo merupakan shampoo yang dibuat khusus untuk membersihkan, menambah volume rambut yang rata atau tipis, dan melembutkannya untuk rambut yang halus dan indah. Aroma berlapis-lapis dari White Strawberry, Jasmine yang lembut, dan Mint yang menyegarkan bikin kulit kepala jadi lebih nyaman. Gunakan shampo ini bersamaan dengan kondisioner agar rambut lebih lembut dan wangi.

7. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Manfaat stroberi yang rendah kalori dan kaya serat dapat membantu dalam program diet dan menjaga berat badan tetap stabil. Serat membantu membuat perut terasa kenyang sehingga mengurangi rasa lapar dan membantu mencegah makan berlebihan.

8. Mencegah Kanker

Mengkonsumsi stroberi secara rutin dalam jumlah yang wajar efektif menekan resiko kanker. Stroberi mengandung senyawa yang dapat membantu mencegah perkembangan sel kanker. Senyawa ini membantu menghambat pertumbuhan sel kanker dan membantu mencegah proses pembentukan sel kanker baru. Beberapa studi juga menunjukkan bahwa stroberi memiliki potensi untuk membantu mencegah kanker payudara dan usus besar.

9. Meningkatkan Kinerja Otak

Manfaat stroberi dapat meningkatkan fungsi otak. Stroberi mengandung antioksidan yang membantu menjaga kesehatan otak dan membantu mencegah penurunan fungsi otak. Antioksidan ini membantu melindungi sel-sel otak dari kerusakan dan membantu mempertahankan fungsi otak pada tingkat yang optimal.

10. Mengatasi Masalah Kesehatan Mulut

Stroberi membantu mengatasi masalah kesehatan mulut seperti gusi berdarah dan plak. Kandungan vitamin C dan mangan dalam stroberi membantu menjaga kesehatan gusi dan membantu mencegah pembentukan plak dan bakteri dalam mulut.

4 dari 4 halaman

Manfaat Stroberi: Ide Olahan

Manfaat stroberi dapat dirasakan oleh tubuh jika dikonsumsi secara rutin dalam jumlah yang wajar. Cara terbaik mengkonsumsi stroberi adalah dengan memakannya langsung dalam keadaan segar, namun stroberi adalah buah yang dapat digunakan dalam berbagai jenis olahan. Olahan stroberi sangat versatile dan dapat dikombinasikan dengan berbagai bahan lain untuk membuat makanan dan minuman yang lezat dan sehat. Berikut ide olahan stroberi yang menarik untuk dicoba.

1. Jus Stroberi merupakan olahan stroberi yang paling mudah dibuat. Buat jus dengan buah segar dan tambahkan susu untuk memperkaya rasa jus. Bisa juga ditambahkan es batu atau pemanis jika diperlukan.

2. Strawberry smoothie dapat dibuat dengan mencampurkan buah segar, susu, yogurt, atau es krim untuk membuat smoothie yang segar dan menyegarkan.

3. Strawberry compote dapat dibuat dengan memasak buah segar dengan gula, air, dan bahan lain seperti vanilla atau cinnamon.

4. Strawberry Sauce merupakan olahan stroberi yang dapat digunakan dalam berbagai jenis dessert. Strawberry Sauce dibuat dengan cara blender buah segar dengan gula, lemon, dan madu untuk membuat saus strawberry yang dapat digunakan sebagai topping untuk puding, es krim, atau pancakes.

5. Strawberry Preserve juga menjadi olahan stroberi yang menarik untuk dicoba. Caranya masak buah segar dengan gula dan pectin untuk membuat presevan stroberi yang dapat disimpan dalam waktu lama dan digunakan sebagai topping atau sebagai bahan untuk membuat kue.

6. Salad Strawberry dibuat dengan mencampurkan daun lettuce, strawberries dan sayur atau buah lain untuk menghasilkan salad segar dan menyegarkan.

7. Strawberry Ice Cream juga menjadi menu yang sangat sering ditemui. Olehan sroberi ini dibuat dengan mencampurkan buah segar, susu, krim, dan gula untuk membuat es krim strawberry alami dan segar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.