Sukses

6 Manfaat Jeruk Nipis untuk Rambut, Ketahui Efek Sampingnya Juga

Meski manfaat jeruk nipis untuk rambut terbukti mampu menyehatkan kulit kepala dan batang rambut, mengaplikasikan air jeruk nipis ke rambut maupun kulit kepala sangat tidak disarankan.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat jeruk nipis untuk rambut sudah terkenal dapat menjaga kebersihan kulit kepala. Jeruk nipis adalah salah satu jenis jeruk yang kaya vitamin C. Vitamin merupakan antioksidan yang dapat membantu mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas, termasuk sel rambut. 

Manfaat jeruk nipis untuk rambut telah banyak digunakan pada produk perawatan rambut. Ekstrak jeruk nipis dimasukan kedalam berbagai jenis produk seperti shampo, conditioner, masker rambut, dan produk perawatan rambut lainya. Tujuan penambahan jeruk nipis pada produk perawatan rambut adalah untuk membersihkan kulit kepala serta mengontrol produksi minyak yang berlebih.

Meski manfaat jeruk nipis untuk rambut terbukti mampu menyehatkan kulit kepala dan batang rambut, mengaplikasikan air jeruk nipis ke rambut maupun kulit kepala sangat tidak disarankan. Sebab hal ini justru beresiko merusak kesehatan rambut. Berikut manfaat jeruk nipis untuk rambut beserta resiko bila mengoleskannya secara langsung ke kuli maupun rambut yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (26/1/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Manfaat Jeruk Nipis untuk Rambut

1. Mengatasi Rambut Rontok

Asam sitrat yang terkandung dalam jeruk nipis dapat membantu meningkatkan aliran darah ke folikel rambut, sehingga meningkatkan pertumbuhan rambut. Vitamin C yang dikandung jeruk nipis juga dapat mendukung produksi kolagen dan dapat menyehatkan kulit kepala. Mengkonsumsi jeruk nipis secara rutin dalam jumlah yang wajar efektif mengurangi kerontokan rambut.

2. Menghilangkan Ketombe

Manfaat jeruk nipis untuk rambut selanjutnya adalah untuk menghilangkan ketombe. Untuk mendapatkan manfaat ini, gunakan produk perawatan rambut yang mengandung jeruk nipis. Seperti sudah disinggung sebelumnya, mengaplikasikan air jeruk nipis  sangat tidak dianjurkan. Mengaplikasikan air jeruk nipis ke kulit dapat menyebabkan iritasi dan menimbulkan reaksi alergi lainnya.

3. Menutrisi Batang Rambut

Manfaat jeruk nipis untuk rambut juga dapat mengalirkan nutrisi lebih baik ke batang rambut. Antioksidan dalam jeruk nipis akan melancarkan peredaran darah, termasuk peredaran darah di kulit kepala. Dengan  begitu nutrisi yang diperoleh oleh tubuh juga akan terdistribusi dengan baik ke batang rambut.

4. Menjaga Kelembaban Rambut

Konsumsi jeruk nipis secara rutin terbukti membantu menjaga kelembaban kulit. Hal ini akan berdampak pada kelembapan rambut yang tumbuh di atasnya. Kesehatan kulit sangat berpengaruh pada kesehatan rambut keran kedua organ ini terhubung secara langsung.

5. Membuat Rambut Lebih Lembut

Konsumsi jeruk nipis juga dapat bermanfaat membuat rambut lebih lembut dan berkilau. Rambut yang lembut akan tampak lebih rapi dan mudah diatur. Padukan dengan menggunakan produk perawatan rambut yang mengandung jeruk nipis. Penggunaan produk perawatan rambut seperti shampoo akan membuat manfaat jeruk nipis untuk rambut terasa secara maksimal.

6. Mengontrol Produksi Minyak Berlebih

Seperti bagian kulit lainnya, kulit kepala secara alami menghasilkan minyak alami yang berguna untuk melembabkan kulit kepala dan batang rambut. Namun pada beberapa orang produksi minyak alami bernama sebum ini berlebih, sehingga rambut cepat lepek. Menggunakan shampoo yang mengandung jeruk nipis dapat menjadi solusi untuk mengatasi kulit kepala yang terlalu berminyak.

3 dari 3 halaman

Manfaat Jeruk Nipis untuk Rambut: Efek Samping

Manfaat jeruk nipis untuk rambut memang sangat banyak, namun penggunaannya perlu dilakukan secara hati-hati. Penggunaan jeruk nipis untuk rambut secara sembarangan akan merusak kulit kepala dan batang rambut. Seperti sudah dijelaskan, air jeruk nipis tidak dianjurkan untuk dioleskan secara langsung pada kulit, terutama kulit kepala yang sensitif. 

Sifat asam pada jeruk nipis dapat memicu terjadinya iritasi dan berbagai masalah kulit lainnya. Mendapatkan manfaat jeruk nipis dapat dilakukan dengan mengkonsumsinya secara rutin dalam jumlah yang wajar. Mengkonsumsi jeruk nipis juga tidak boleh berlebihan karena dapat mengakibatkan masalah pencernaan. Jika ingin mendapatkan manfaat jeruk nipis untuk rambut dengan penggunaan dari luar, gunakan produk jadi yang sudah diformulasikan sesuai ph kulit dan rambut. 

Berikut efek samping penggunaan jeruk nipis pada rambut.

1. Iritasi kulit kepala

Beberapa orang mungkin memiliki kulit kepala yang sensitif terhadap asam sitrat dalam jeruk nipis, yang dapat menyebabkan iritasi, gatal-gatal, atau bahkan peradangan.

2. Kerusakan Rambut

Pemakaian jeruk nipis secara langsung beresiko menyebabkan kerusakan pada rambut, seperti rambut yang kering, rapuh, atau patah.  Asam sitrat dalam jeruk nipis dapat melepaskan ikatan protein dalam rambut, sehingga mengakibatkan rambut keriting dan rapuh.

3. Warna Rambut Berubah

Pemakaian jeruk nipis dapat menyebabkan perubahan warna pada rambut, terutama jika rambut terkena sinar matahari setelah pemakaian.

4. Reaksi Alergi

Mengoleskan air jeruk nipis langsung ke kulit dapat memicu reaksi alergi seperti ruam, gatal-gatal, atau sesak napas.

Untuk menghindari efek samping tersebut, disarankan untuk tidak mengaplikasikan jeruk nipis pada rambut atau kulit kepala.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.