Sukses

Tata Cara Naik Pesawat yang Harus Dipahami para Penumpang, Simak Tipsnya

Liputan6.com, Jakarta Bepergian dengan menggunakan pesawat merupakan cara yang efisien. Pesawat dapat mempermudah proses berpindah dari satu tempat ke tempat lain dengan lebih cepat. Untuk memastikan penerbangan lancar dan tanpa masalah, ada tata cara naik pesawat yang harus diikuti semua penumpang saat naik pesawat.

Tata cara naik pesawat dibuat untuk keselamatan semua penumpang dan kru yang ada di dalam pesawat. Beberapa regulasi bahkan dibuat untuk menjamin keselamatan semua orang yang berada di bandara keberangkatan maupun kedatangan.

Bandara merupakan pintu masuk sebuah daerah atau negara, oleh sebab itu keamanan di bandara sangat ketat. Kelalaian keamanan yang terjadi di bandara dapat membahayakan seluruh warga yang ada di wilayah atau negara tersebut.

Keamanan menjadi alasan kenapa tata cara naik pesawat lebih rumit dibanding tata cara naik kendaraan massal lainnya. Berikut tata cara naik pesawat yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (25/1/2023).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Tata Cara Naik Pesawat: Peraturan

Penumpang pesawat harus mematuhi tata cara naik pesawat yang ditetapkan oleh maskapai dan bandara. Berikut aturan yang harus dipatuhi oleh penumpang pesawat.

1. Penumpang harus membawa dan menunjukkan dokumen identitas yang sah seperti paspor atau kartu identitas nasional (KTP/SIM) saat check-in dan imigrasi.

2.Penumpang harus melakukan check-in dan boarding sesuai dengan jadwal yang ditentukan oleh maskapai penerbangan. Penumpang harus membawa tiket dan boarding pass yang sah dan menunjukkannya saat memasuki gate.

3. Penumpang harus melewati proses pengecekan di imigrasi bila berkunjung ke negara lain dan keamanan bandara sesuai dengan peraturan yang berlaku. Ini termasuk pemeriksaan bagasi dan pemeriksaan metal detector. Penumpang harus mematikan perangkat elektronik seperti ponsel atau tablet saat takeoff dan landing.

4. Penumpang harus mematuhi pembatasan barang yang ditentukan oleh maskapai penerbangan dan bandara. Ini termasuk pembatasan bagasi, barang yang dilarang dibawa ke dalam pesawat, atau barang yang dilarang dijual atau diperebutkan di bandara.

5. Penumpang harus menjaga konduite atau perilaku yang baik selama perjalanan, menghormati privasi dan kenyamanan penumpang lainnya, dan tidak melakukan tindakan yang merugikan atau merusak.

6. Penumpang harus mematikan perangkat elektronik seperti ponsel atau tablet saat takeoff dan landing. 

7. Penumpang tidak diperkenankan merokok selama penerbangan. 

8. Penumpang perlu menjaga kursi tetap dalam posisi duduk saat pesawat melakukan manuver

9. Penumpang dengan kebutuhan khusus harus memberitahu maskapai penerbangan saat melakukan check in. Hal ini bertujuan agar maskapai dapat memilihkan kursi yang sesuai dengan kondisi penumpang.

3 dari 4 halaman

Tata Cara Naik Pesawat: Tahap

Tata cara naik pesawat adalah proses yang harus diikuti oleh penumpang sebelum, selama, dan setelah terbang. Berikut langkah yang harus diikuti oleh penumpang pesawat.

1. Tiket

Langkah tata cara naik pesawat yang pertama adalah memastikan penumpang telah memiliki tiket pesawat.  Jangan lupa untuk membawa dokumen identitas yang sah seperti paspor atau kartu identitas nasional (KTP/SIM) dan menunjukkannya saat check-in. Jika pemesanan tiket dilakukan secara online, pastikan telah melakukan konfirmasi.

2. Check-in

Penumpang  harus melakukan check-in di konter check-in di bandara. Pada proses ini penumpang menunjukan tiket dan dokumen identitas, kemudian penumpang akan menerima boarding pass. Check-in harus dilakukan setidaknya 2-3 jam sebelum keberangkatan. Jika penumpang membawa bagasi, pastikan menerima baggage tag.

3. Imigrasi dan Keamanan

Setelah melewati proses check in, penumpang yang sedang melakukan perjalanan di luar negeri perlu melalui pengecekan dokumen di bagian imigrasi. Namun juga penerbangan yang dilakukan adalah penerbagan dalam negeri, penumpang tidak perlu melewati proses ini.

Pengecekan keamanan adalah hal yang pasti harus dilalui oleh calon penumpang pesawat. Pada proses ini bawaan yang akan dibawa kedalam kabin pesawat harus di cek dengan metal detector dan scanner. Beberapa bandara bahkan memeriksa apakah calon penumpang dalam keadaan sehat untuk menghindari penularan virus penyakit.

4. Boarding

Setelah melewati imigrasi dan keamanan, penumpang akan diarahkan untuk memasuki gate yang sesuai dengan boarding pass yang diberikan saat check in. biasanya penumpang perlu menunggu untuk boarding atau naik ke pesawat. Boarding pass akan dicek lagi dan menjalani pemeriksaan keamanan sekali lagi. Penumpang diharuskan untuk datang ke gate sebelum waktu yang ditentukan. Proses boarding dilakukan sesuai dengan prioritas, seperti penumpang dengan kebutuhan khusus, penumpang dengan bayi, atau penumpang dengan tiket business class.

5. Terbang

Setelah masuk ke kabin pesawat, penumpang harus duduk di kursi dengan nomor yang sesuai dengan nomor di boarding pass. Pramugari akan memberikan instruksi seperti prosedur keamanan dan evakuasi darurat. Selama perjalanan, Anda harus mematuhi peraturan yang ditentukan oleh maskapai penerbangan, seperti menjaga keselamatan dan kenyamanan penumpang lainnya. 

7. Pendaratan

Setelah pesawat mendarat, penumpang keluar dari pesawat sesuai arahan dari pramugari. Penumpang perlu menunggu hingga pesawat berhenti sepenuhnya dan pramugari memberi izin untuk keluar. Penumpang dari luar negeri harus melewati imigrasi dan keamanan bandara. Setelah itu penumpang dapat tujuan mengambil bagasi. Pastikan untuk mengecek tag bagasi dan memastikan bahwa bagasi benar-benar sesuai dengan yang dititipkan.

4 dari 4 halaman

Tata Cara Naik Pesawat: Tips

Berikut adalah beberapa tips tata cara naik pesawat yang dapat membantu penumpang saat naik pesawat.

1. Persiapkan dokumen yang diperlukan, pastikan membawa tiket dan dokumen identitas yang sah seperti paspor atau kartu identitas nasional (KTP/SIM) saat check-in. 

2. Datang lebih awal ke bandara dapat menghindarkan kemacetan dan keterlambatan. Ini juga memungkinkan penumpang untuk melakukan check-in dengan lebih santai dan melewati proses imigrasi dan keamanan dengan lebih cepat.

3. Pilih pakaian yang nyaman dan mudah dipindahkan, terutama jika penumpang harus menjalani pemeriksaan keamanan. Jangan lupa untuk memakai alas kaki yang mudah dilepas saat melewati metal detector.

4. Bawa perlengkapan yang diperlukan selama perjalanan ke dalam kabin, seperti obat-obatan, atau makanan ringan jika diperlukan.

5. Bersikaplah sopan dan ramah kepada staf bandara dan pramugari dapat membuat perjalanan lebih menyenangkan. Jangan lupa untuk menghormati privasi dan kenyamanan penumpang lainnya selama perjalanan.

6. Atur waktu tidur, jika akan terbang dalam jangka waktu yang lama, pastikan untuk istirahat yang cukup sebelum terbang dan mencoba untuk tidur selama penerbangan untuk mengurangi jetlag.

7. Jangan lupa untuk mengecek regulasi dan peraturan yang berlaku sebelum melakukan perjalanan, seperti regulasi bagasi dan regulasi barang yang dilarang dibawa ke dalam pesawat.

8. Makan permen saat take off dan landing. Saat take off dan landing akan terjadi perbedaan tekanan udara yang membuat telinga kurang nyaman. Mengulum permen dapat mengurangi rasa tidak nyaman tersebut.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS