Sukses

Breakfast Artinya Sarapan, Simak Pula Istilah Lain Waktu Makan dalam Bahasa Inggris

Liputan6.com, Jakarta Breakfast artinya kata yang digunakan untuk penyebutan waktu makan dalam bahasa Inggris. Ada banyak kosakata dalam bahasa Inggris yang perlu dipahami dan dihafalkan untuk diucapkan dalam aktivitas sehari-hari, salah satu kosakata breakfast.

Breakfast artinya kosakata yang kerap kita jumpai dalam media sosial, maupun percakapan sehari-hari. Meski kosakata ini sering digunakan, namun masih banyak orang yang masih keliru dan salah mengartikan dengan brunch.

Dengan mengetahui dan menghafalkan kosakata breakfast artinya penyebutan waktu makan ini akan sangat berguna bagi anda yang ingin mengajak teman atau keluarga untuk makan bersama, maupun saat menginap di suatu hotel atupun villa yang telah lengkap dengan breakfast.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai breakfast artinya dan istilah lain dalam penyebutan waktu makan dalam bahasa Inggris yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (24/1/2023).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Arti Breakfast

Dikutip dari laman Dictionary Cambridge, breakfast artinya sarapan. Sarapan merupakan waktu makan pertama yang biasanya dimakan pada pagi hari. Breakfast artinya sarapan memiliki berbagai menu khas atau trasional dengan pilihan makan yang berbeda-beda berdasarkan wilayah dan tradisi di seluruh dunia.

Breakfast artinya sarapan dilakukan sekitar pukul 06.30 hinggsa 07.30. Meski begitu, setiap negara memiliki menu breakfast artinya sarapan yang berbeda-beda. Misalkan di Inggris, penduduknya biasa menyantap telur, sosis, dan bacon sebagai menu sarapan mereka. Sedangkan penduduk di China lebih menyukai sarapan dengan adonan tepung yang digoreng atau yang dikenal dengan “you tiao” dan disajikan bersama segelas susu kedelai hangat.

Sejarah penyebutan waktu makan breakfast artinya sarapan telah ada sejak zaman kuno sekitar abad ke 15. Kala itu, penyebutan waktu makan breakfast artinya sarapan mulai digunakan dalam bahasa Inggris tertulis sebagai calque atau makan pagi. Sedangkan dalam bahasa Inggris kuno, istilahnya yakni morgenmete yang berarti makanan pagi.

3 dari 4 halaman

Perbedaan Kosakata Breakfast dan Brunch

Seperti yang dijelaskan di atas, breakfast artinya sarapan atau makan pagi yang dilakukan setelah seeorang bangun tidur.Biasanya breakfast ini dilakukan pada pukul 06.30 hingga 07.30. Setiap negara memiliki menu breakfast artinya sarapan yang berbeda-beda. Pada umumnya, menu sarapan tersebut terdiri dari karbohidrat seperti gandum atau sereal, roti, dan nasi. Untuk proteinnya berupa telur, daging, atau ikan. Namun bagi orang yang diet atau menerapkan hidupa sehat lebih memilih sarapan dengan buah dan sayur. Sementara untuk minuman pendamping sarapan adalah susu, teh, kopi, dan jus buah.

Sedangkan untuk brunch berasal dari kata breakfast dan lunch. Sesuai dengan istilahnya, kata brunch memiliki arti yakni penyebutan waktu makan yang berlangsung di antara jam sarapan atau makan pagi dan jam makan siang sekitar pukul 10.30 hingga 15.00. Biasanya menu untuk brunch adalah makan ringan. Di Amerika dan Inggris, menu yang paling sering dinikmati saat brunch seperti pancake dan waffle. Sedangkan di China, menu brunch biasanya dimsum dan kue dengan berbagai isian.

4 dari 4 halaman

Istilah Lain Waktu Makan dalam Bahasa Inggris

Berikut ada beberapa istilah lain untuk penyebutan waktu makan dalam bahasa Inggris yang perlu anda pahami, antara lain:

1. Lunch

Dalam bahasa Inggris, lunch artinya makan siang. Makan siang adalah makanan yang dimakan sekitar tengah hari. Biasanya waktu makan siang yang dimulai pukul 12.00 hingga 13.00. Makan siang ini biasanya makan kedua setelah sarapan, dan ukurannya bervariasi menurut budaya dan wilayah di berbaga negara.

Waktu makan ini umumnya dimanfaatkan sebagai kesempatan untuk mengembalikan energi tubuh yang hilang dengan menyantap makanan yang mengandung karbohidrat, protein, mineral dan vitamin. Di Amerika, kebanyakan orang menyantap sandwiches dan salads untuk makan siang.

2. Dinner

Dalam bahasa Inggris, dinner artinya makan malam. Makan malam adalah makanan terbesar dan paling formal yang disajikan atau dimakan pada malam hari. Waktu makan malam ini diujung hari yang dimulai sekitar pukul 18.00 hingga 19.00.

Di beberapa kota besar, waktu untuk menyantap makan malam atau dinner biasanya dimulai lebih lambat hingga satu jam dari waktu normal karena adanya ‘jam sibuk’ yang membuat penduduk kota menunda makan malamnya. Menu makan malam yang menjadi pilihan warga Inggris umumnya berupa berbagai olahan daging, sup, sayur-sayuran, dan dessert seperti pie apel atau es krim.

3. Supper

Dalam bahasa Inggris, supper artinya perjamuan awal. Perjamuan awal adalah makan makan sekunder yang lebih ringan. Biasnya waktu makan ini dilakukan sebelum seseorang bernajak tidur. Dalam kurun waktu ini, kebanyakan orang biasanya kembali merasa lapar setelah beberapa jam menyantap makan malam. Pilihan menu makanan yang bisa dinikmati saat supper yakni makanan ringan yang rendah lemak seperti berbagai olahan sayur dan buah-buahan, bahkan juga dilengkapi dengan susu untuk menambah rasa kenyang.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS