Sukses

Arti Vibes Adalah Getaran, Pahami Juga Cara Meningkatkan Vibes Positif

Arti vibes dalam bahasa Indonesia adalah getaran. Berikut pengertian vibes, jenis-jenis vibes dan juga cara meningkatkan vibes positif.

Liputan6.com, Jakarta Arti vibes dalam bahasa Indonesia adalah getaran. Pada dasarnya getaran adalah frekuensi atau gelombang. Sistem saraf menginterpretasikan berbagai tingkat getaran menjadi penglihatan, suara, sentuhan, penciuman dan rasa. Tapi anda tidak hanya menafsirkan getaran dari dunia sekitar, anda juga menciptakan getaran dengan emosi dan pikiran anda. 

Di sinilah arti vibes dapat mulai anda pahami. Manusia seperti radio dua arah, anda menerima dan menafsirkan getaran dari sekitar anda, dan anda juga menciptakan dan mengirimkan getaran ke dunia. Jika seseorang memiliki getaran yang baik, itu berarti mereka sedang menciptakan getaran emosi atau pikiran yang positif.

Ketika anda merasa nyaman dengan seseorang, hal ini bisa jadi memiliki arti vibes anda berdua menciptakan getaran emosi atau pikiran yang serupa. Sama seperti skala frekuensi radio yang menggunakan angka untuk mengidentifikasi saluran radio yang berbeda, skala frekuensi emosional menggunakan perasaan untuk mengidentifikasi saluran vibes yang berbeda. 

Untuk lebih memahami apa arti vibes sebenarnya? Berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Senin (23/1/2023). Pengertian vibes, jenis-jenis vibes dan juga cara meningkatkan vibes positif.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apa Arti Vibes?

Apa Arti Vibes?

Arti vibes dalam bahasa Indonesia adalah getaran. Getaran ini mencangkup emosional seseorang, yang berupa perasaan, pengalaman, momen atau kualitas yang dapat dirasakan. Penelitian menunjukkan sistem saraf manusia dapat menangkap sinyal kimiawi di ruang fisik yang artinya manusia dapat merasakan vibes baik atau buruk.

Emosi manusia dapat menular dan kita menanggapi isyarat wajah, ucapan atau wajah yang halus. Emosi dan pikiran dapat mempengaruhi realitas dan persepsi, getaran adalah energi, yang membawa informasi pada tingkat kuantum, yang mempengaruhi segala sesuatu di sekitar kita, termasuk diri kita sendiri. 

Getaran atau vibes yang baik berarti menciptakan getaran emosi/pikiran yang positif. Berada dalam keadaan emosi positif tidak hanya akan menarik orang lain dengan aura yang baik, tetapi juga merupakan kunci untuk menarik apa pun yang diinginkan hati anda. Kemudian begitu Anda cukup dekat dengan kegembiraan, anda dapat meraihnya.

Meski dapat dijelaskan secara teori, Persepsi getaran baik dan getaran buruk adalah salah satu pengalaman manusia yang paling sulit untuk didefinisikan. Meskipun ada penjelasan kognitif mengapa orang menangkap isyarat lingkungan negatif atau positif, masih ada pertanyaan yang belum terjawab tentang mengapa beberapa tempat tampaknya memiliki vibes positif dan yang lain tidak. 

Ilmu tentang fenomena ini adalah studi tentang residu emosional, yang menyelidiki apakah suatu lingkungan secara inheren mengandung sisa bukti dari emosi sebelumnya. Penelitian terkait menunjukan hasil yang menarik, dimana sistem saraf dapat menangkap sinyal kimiawi di ruang fisik yang pada akhirnya mungkin ada hubungannya dengan perasaan vibes baik dan buruk.

3 dari 4 halaman

Jenis Vibes yang Harus Diketahui

Jenis Vibes yang Harus Diketahui

Dilansir dari skillshare.com, kita semua memiliki jenis getaran atau energi yang berbeda. Terdapat berbagai jenis energi terkait yang mempengaruhi satu sama lain sesuai. Jika anda merasa sedih secara fisik, ini juga dapat menguras energi mental anda, begitu pula sebaliknya. Berikut penjelasannya.

1. Getaran Fisik

Energi fisik anda adalah jumlah kekuatan yang anda miliki di tubuh anda untuk membuatnya melalui aktivitas yang berbeda. Jika anda bangun dan sudah lelah, bisa dikatakan bahwa getaran fisik anda rendah. Karena energi fisik anda adalah yang benar-benar mendorong anda sepanjang hari, anda dapat melihat bahwa penting untuk memeriksa ketika segala sesuatunya terasa tidak benar. 

2. Getaran Mental

Energi mental anda adalah apa yang ada di balik pekerjaan kognitif anda. Jika anda memiliki pekerjaan analitis yang menuntut, misalnya, anda memerlukan sejumlah energi mental untuk dapat melakukan pekerjaan anda secara efektif tanpa kehabisan tenaga. Energi mental juga mendukung anda saat anda menetapkan tujuan, merencanakan masa depan dan menemukan motivasi untuk mengatasi tantangan. 

3. Getaran Rohani

Getaran spiritual atau rohani sering membawa konotasi agama, tetapi tidak harus demikian. Menjadi "spiritual" berarti sesuatu yang berbeda untuk setiap orang. Cara termudah untuk memikirkannya adalah dengan bertanya pada diri sendiri: Apa yang membuat saya merasa terhubung dengan diri sendiri dan sesuatu yang lebih besar? 

Bagi sebagian orang, itu memang bergabung dengan komunitas keagamaan. Bagi yang lain, mungkin membuat waktu tanpa gangguan untuk berada di alam. Tidak peduli bagaimana anda memupuk getaran spiritual anda dan menemukan getaran positif itu, hal itu dapat menghasilkan lebih banyak perasaan harapan dan ketahanan sepanjang hidup anda. 

4. Getaran Emosional

Getaran emosional anda berkorelasi dengan perasaan anda tentang hidup anda secara keseluruhan. Penurunan energi emosional anda adalah sinyal bagi anda bahwa setidaknya satu bidang kehidupan anda memerlukan pandangan lebih dekat untuk melihat apakah ada sesuatu yang miring. Mengelola energi emosional anda biasanya juga mengharuskan anda untuk lebih mengenal perasaan anda dan belajar bagaimana menghadapi emosi yang menantang tanpa bereaksi.

4 dari 4 halaman

Cara Meningkatkan Vibes Positif

Cara Meningkatkan Vibes Positif

Tentu saja, sebagian besar dari kita ingin merasakan getaran positif, apa pun jenis energi yang sedang ingin ditingkatkan.Berikut adalah beberapa cara yang disarankan untuk meningkatkan vibes positif anda:

1. Bersihkan ruang fisik anda : Apakah anda menyalakan lilin beraroma atau hanya membuka jendela, cobalah menyegarkan lingkungan anda. 

2. Jurnal : Tuliskan semua yang ada dalam diri anda di halaman buku dan keluar dari kepala anda. Anda mungkin akan terkejut melihat betapa ringan perasaan anda sesudahnya. 

3. Ambil langkah untuk mengatasi sumber energi negatif dalam hidup : Entah itu membatasi interaksi dengan orang-orang yang menjatuhkan anda atau mencari pekerjaan baru untuk keluar dari lingkungan kerja yang beracun, anda mungkin akan merasa lebih baik hanya dengan memulai proses untuk melakukan perubahan. 

4. Cobalah hal-hal baru : Meskipun anda mungkin sudah tahu apa yang membuat anda merasa baik, anda dapat mencoba untuk melakukan aktivitas baru atau menghadiri kelas atau acara yang biasanya tidak anda lakukan, anda mungkin menemukan sesuatu yang sangat anda sukai. 

5. Latih cinta diri, penerimaan diri dan kasih sayang diri : Benar-benar mencintai dan menerima diri sendiri dan bersikap lembut melalui situasi yang berbeda dapat memberikan dampak positif yang mendalam pada getaran anda. 

6. Jaga tubuh anda : Ingat bagaimana kita berbicara tentang energi fisik dan caranya terjalin dengan bentuk getaran lainnya? Luangkan waktu untuk gerakan yang terasa baik untuk anda, makan makanan yang menyehatkan anda dari dalam ke luar, dan periksa tubuh anda secara teratur. 

7. Cobalah mindfulness atau meditasi : Berhati-hati dapat membantu anda memperhatikan hal-hal menyenangkan di sekitar anda, yang merupakan pembangkit getaran instan! Di sisi lain, meditasi dapat membantu anda melepaskan sedikit lebih banyak dari pola pikir atau perasaan negatif.

8. Temukan komunitas : Sistem pendukung anda pasti dapat mempengaruhi energi anda, jadi cobalah untuk mencari orang-orang yang anda sukai dan yang membuat anda bahagia. 

9. Sukarelawan : Memberi kembali kepada komunitas dapat meningkatkan mood anda dan menghubungkan anda dengan orang lain, yang selalu merupakan bonus. 

10. Pertimbangkan konsumsi konten anda : Podcast, musik, dan acara TV yang anda dengarkan membuat perbedaan. Misalnya, terkadang anda dapat mengangkat suasana hati dengan menyetel stand up spesial yang ringan. Jika anda hanya mendengarkan kejahatan nyata atau hal-hal yang berada di sisi emosional yang lebih berat, pertimbangkan untuk mengubahnya sedikit. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.