Sukses

8 Manfaat Pohon Pisang, Penghasil Bahan Makanan Hingga Bahan Kerajinan

Manfaat pohon pisang secara keseluruhan biasanya dapat dirasakan oleh orang-orang yang tinggal di negara tropis seperti Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Pohon pisang merupakan jenis tanaman yang sangat sering dijumpai di negara tropis seperti Indonesia. Selain diambil buahnya, ternyata manfaat pohon pisang sangat banyak bagi peradaban manusia maupun kelestarian lingkungan. Buah pisang dikenal secara luas di seluruh dunia karena rasanya yang enak dan kandungan gizinya yang sangat baik bagi kesehatan.

Meski pohonnya tidak dapat tumbuh di semua negara, buah pisang dapat dipastikan dapat ditemui di seluruh dunia. Manfaat pohon pisang yang banyak dikenal adalah melalui buahnya saja, padahal bagian tanaman lain seperti daun, batang, dan bunganya pun memiliki manfaat yang sangat banyak bagi kesehatan manusia dan lingkungan.

Manfaat pohon pisang secara keseluruhan biasanya dapat dirasakan oleh orang-orang yang tinggal di negara tropis seperti Indonesia. Keberadaan pohon pisang yang dengan mudah ditemukan membuat masyarakat di negara tropis dapat merasakan manfaatnya. Berikut manfaat pohon pisang yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (20/1/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Pohon Pisang

1. Penghasil Bahan Makanan

Manfaat pohon pisang yang pertama jelas adalah sebagai penghasil bahan makanan. Produk makanan yang paling terkenal dihasilkan pohon pisang adalah buahnya. Buah pisang terkenal karena rasanya yang enak dan kandungan gizinya yang sangat baik bagi kesehatan. 

Tidak hanya buahnya, bagian lain dari pohon pisang juga dapat dijadikan bahan makanan. Jantung pisang atau bunga pisang dapat diolah menjadi sayur yang lezat. Kandungan gizinya pun tidak kalah dengan buah pisang. Selain itu, umbut pohon pisang jugfa dapat dikonsumsi sebagai sayur dengan kandungan serat yang tinggi.

2. Sumber Gizi

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, pisang adalah makanan yang kaya nutrisi seperti vitamin B6, vitamin C, potassium, dan serat. Sama halnya dengan buahnya, jantung pisang dan umbut pohon pisang juga mengandung berbagai vitamin dan mineral yang baik bagi kesehatan. 

Vitamin B6 membantu dalam produksi neurotransmitter yang penting untuk fungsi saraf, sementara vitamin C membantu dalam produksi kolagen yang penting untuk kesehatan kulit dan tulang. Potassium sangat penting untuk fungsi jantung dan membantu dalam menjaga tekanan darah normal. Serat dalam pisang dapat membantu pergerakan usus dan mencegah sembelit.

Serat yang terkandung dalam pisang dapat membantu mencegah sembelit dan meningkatkan kesehatan usus. Serat dapat meningkatkan pergerakan usus dan meningkatkan kesehatan usus dengan mencegah pembentukan endapan yang tidak diinginkan.

Pisang mengandung senyawa yang dapat mengurangi inflamasi pada tubuh, yang dapat mencegah beberapa penyakit kronis seperti diabetes dan jantung. Senyawa yang terkandung dalam pisang dapat menghambat produksi radikal bebas yang menyebabkan inflamasi.

3 dari 4 halaman

Manfaat Pohon Pisang

3. Bahan Baku Kerajinan

Manfaat pohon pisang selanjutnya adalah sebagai bahan baku kerajinan. Pelepah pisang adalah bahan yang dapat digunakan untuk membuat berbagai jenis kerajinan tangan yang sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya seperti tikar, tas, topi, keranjang pakaian, dan berbagai perabotan lain. Teksturnya yang lentur membuat pelepah pisang menjadi bahan kerajinan serbaguna.

4. Bahan Atap Bangunan

Pelepah dan daun pisang juga dapat dimanfaatkan sebagai atap bangunan tradisional di beberapa daerah. Namun seiring berkembangnya teknologi arsitektur penggunaan pelepah daun pisang mulai ditinggalkan.

5. Tanaman Tumpang Sari

Manfaat pohon pisang di bidang pertanian adalah sebagai tanaman tumpang sari. Tumpangsari adalah bentuk pertanaman campuran yang melibatkan dua jenis atau lebih tanaman pada satu areal lahan tanam pada waktu bersamaan atau hampir bersamaan. Pohon pisang dipilih sebagai tanaman tumpang sari, karena pada saat masa vegetatif tanaman ini tidak menghabiskan banyak cahaya dan air. Selain itu, pohon pisang dapat digunakan sebagai tanaman penahan tanah, karena akar tanaman tersebut cukup kuat dan dapat menahan erosi tanah.

4 dari 4 halaman

Manfaat Pohon Pisang

6. Konservasi Lingkungan

Pohon pisang dapat digunakan sebagai tanaman pada proyek reboisasi dan konservasi hutan. Pohon pisang relatif cepat tumbuh dan memiliki daun yang besar yang dapat menyediakan tempat tinggal bagi berbagai jenis binatang. Pohon pisang juga dapat digunakan sebagai tanaman pengendali erosi, karena akar tanaman tersebut cukup kuat dan dapat menahan erosi tanah.

7. Penghasil Oksigen

manfaat pohon pisang yang selanjutnya adalah sebagai penghasil oksigen. Seperti tumbuhan yang lain, pohon pisang menghasilkan oksigen yang cukup selama masa pertumbuhannya, sehingga dapat meningkatkan kualitas udara di sekitar tanaman. Pohon pisang juga dapat digunakan sebagai tanaman penyerap karbon dari udara dan mengubahnya menjadi karbohidrat melalui fotosintesis.

8. Penyedia Kemasan Makanan Ramah Lingkungan

Sebelum kertas dan plastik, daun pisang sudah sejak lama digunakan sebagai bungkus makanan yang juga dapat menambah aroma sedap pada makanan tersebut. Daun pisang dapat menjadi pilihan kemasan makanan yang ramah lingkungan karena dapat terurai dengan mudah dan tidak akan menumpuk seperti sampah kertas dan plastik.

Daun pisang memiliki sifat yang cocok untuk digunakan sebagai pembungkus makanan. Daun pisang memiliki tekstur yang lembut dan lentur, sehingga mudah digulung dan dibentuk. Daun pisang juga memiliki sifat yang tahan air, sehingga dapat digunakan untuk mengemas makanan yang basah atau dibungkus dengan saus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.