Sukses

Profil PT Yutaka Manufacturing Indonesia, Sejarah dan Produk Perusahaan

Profil PT Yutaka Manufacturing Indonesia, sejarah berdirinya perusahaan dan produk-produk perusahaan.

Liputan6.com, Jakarta PT Yutaka Manufacturing Indonesia adalah salah satu anak perusahaan dari PT Astra Honda Motor, bersama dengan Yutaka Giken.co.Ltd Jepang, yang bergerak di sektor pembuatan disc brake dan muffler. Berlokasi di kota industri MM2100, Cikarang Barat, Bekasi, Jawa Barat. PT Yutaka Manufacturing Indonesia telah berdiri sejak tahun 1996.

Produk utama yang diproduksi oleh PT Yutaka Manufacturing Indonesia adalah disc plate dan muffler atau knalpot, pemasaran produk-produk PT Yutaka Manufacturing Indonesia tidak hanya diedarkan di dalam negeri, namun juga telah di ekspor ke mancanegara. PT Yutaka Manufacturing Indonesia telah menjadi salah satu produsen spare part otomotif besar di Indonesia. 

Hal ini didukung dengan komitmen PT Yutaka Manufacturing Indonesia yang selalu berusaha mengembangkan teknologi dengan memadukan keterampilan teknik dari sumber daya manusia yang tersedia untuk memenuhi permintaan kepuasan dan kebutuhan pelanggan atas kualitas, harga dan pengiriman yang baik. 

Lebih lengkapnya, berikut ini ulasan PT Yutaka Manufacturing Indonesia yang telah Liputan6.com rangkum dari laman resmi perusahaan di yutaka.co.id pada Jumat (20/1/2023). Profil PT Yutaka Manufacturing Indonesia, sejarah berdirinya perusahaan dan produk-produk perusahaan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Profil PT Yutaka Manufacturing Indonesia

Profil PT Yutaka Manufacturing Indonesia

PT Yutaka Manufacturing Indonesia berlokasi di kota industri MM2100, Cikarang Barat, Bekasi, Jawa Barat. PT Yutaka Manufacturing Indonesia (YMI) didirikan pada tanggal 26 Maret 1996 sebagai perusahaan patungan antara Yutaka Giken Co. Ltd Jepang dan PT Motor Astra Honda. 

Yutaka Giken Co. Ltd merupakan anak perusahaan dari Honda Motor Co. Ltd. Astra Honda Motor (AHM) merupakan anak perusahaan dari PT Astra International Tbk dan Honda Motor Co. Ltd. Produk Utama adalah Disc Plate dan Knalpot untuk komponen kendaraan roda dua. 

Peralatan produksi dipasang dengan level yang sama seperti di Jepang untuk semua proses, dikendalikan oleh sistem QC yang ketat pada ISO 9001:2015. YMI akan selalu mengembangkan teknologi yang mengintegrasikan keterampilan teknis yang disempurnakan untuk menjawab kebutuhan pelanggan akan Kualitas, Biaya dan Pengiriman yang baik. 

PT Yutaka Manufacturing Indonesia selalu berusaha untuk menghargai kemitraan dengan pelanggan, dan bergerak menuju tujuan PT Yutaka Manufacturing Indonesia untuk pengembangan dan penyelesaian Industri otomotif di Indonesia.

Visi : Menjadi pemasok Disc Brake 2 wheeler dan Exhaust System terbaik dunia.

Misi : 

1. Menjadi supplier QCDSM terbaik untuk Disc Brake 2 wheeler dan Exhaust System melalui manajemen operasi yang baik dan kerjasama yang harmonis antara Yutaka Giken & Grup Astra.

2. Menjadi penerapan tata kelola perusahaan yang baik, melalui perbaikan berkelanjutan dan keluaran produk hijau, sumber daya manusia yang berkompetensi tinggi, keunggulan operasional, keuangan perusahaan yang sehat dan fokus pada kepuasan pelanggan.

3. Memiliki komitmen kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan khususnya terhadap lingkungan, tenaga kerja, keamanan dan keselamatan.

 

Plant 1 : MM2100 Industrial Town. Jl. Sulawesi Blok H-4 Cikarang Barat, Bekasi. 17520

Plant 2 : MM2100 Industrial Town. Jl. Halmahera Blok EE-1 Cikarang Barat, Bekasi. 17520

Telp : +6221 8980768/9

Fax : +6221 8980770

3 dari 4 halaman

Sejarah PT Yutaka Manufacturing Indonesia

Sejarah PT Yutaka Manufacturing Indonesia

PT Yutaka Manufacturing Indonesia didirikan pada tanggal 26 Maret 1996 atas Joint Venture antara Yutaka Giken Co, Ltd ( Japan ) dengan PT. Astra Honda Motor dan peresmian pabrik baru tanggal 11 Juni 1997. PT Yutaka Manufacturing Indonesia mempunyai dua plant (pabrik) yang keduanya berlokasi di Industrial Town MM2100, Cikarang Barat, Bekasi.

Produksi utama dari PT.Yutaka Manufacturing Indonesia adalah disc plate dan muffler (Knalpot), produksi disc plate khususnya kendaraan roda dua khususnya sepeda motor Honda dan produk disc plate ini sudah di ekspor ke manca negara. Sedangkan muffler diproduksi untuk kendaraan roda dua khususnya untuk sepeda motor Honda dan juga untuk kendaraan roda empat yang diproduksi oleh PT. Honda Prospect Motor yaitu CR-V.

Pada awal berdirinya di tahun 1996 PT Yutaka Manufacturing Indonesia mengkhususkan diri pada produksi disc plate saja pada bulan September, PT Yutaka Manufacturing Indonesia Mulai membangun divisi yang membangun muffler dalam bentuk semi finish good (finish welding). Pada bulan maret 2002, PT Yutaka Manufacturing Indonesia berhasil meningkatkan kemampuannya dengan memproduksi muffler finish good dengan dilapisi plating.

Pada bulan Januari 2007 PT Yutaka Manufacturing Indonesia Indonesia mulai memproduksi muffler kendaraan roda empat yaitu Honda CR-V yang produksinya dilakukan di plant dua PT Yutaka Manufacturing Indonesia. Selain itu PT.Yutaka Manufacturing Indonesia juga terus mengembangkan teknologi dengan memadukan keterampilan teknik dari sumber daya manusia yang tersedia untuk memenuhi permintaan kepuasan dan kebutuhan pelanggan atas kualitas, harga dan pengiriman yang baik. 

Berikut ini adalah lini masa sejarah perkembangan dan pertumbuhan PT Yutaka Manufacturing Indonesia : 

1996 : Peletakan batu pertama di PT. YMI

1997 : Produksi pertama produk Disk Brake

2002 : Knalpot Produksi dengan 3 lapis plating (Ni Cr Plating)

2005-2006 : Ekspor pertama untuk produksi piringan rem ke Asia dan Eropa

2007 : Produksi pertama knalpot mobil (Honda CR-V) dan Ekspor pertama untuk produk knalpot body comp (Filipina)

2008 : Ekspor perdana produk piringan rem ke Amerika Serikat

2011 : Ekspor perdana produk piringan rem ke pasar India

2013 : Memulai bisnis konverter kendaraan roda 4

2014 : Pembukaan perluasan pabrik kendaraan roda 4

- Produksi pertama petal disk brake untuk pasar Jepang

- Produksi pertama produk orientasi ekspor suku cadang kendaraan roda 4 untuk India dan Thailand

2015 : Produksi pertama muffler selesai baik untuk Filipina, Vietnam dan Kamboja

2016 : Produksi perdana sub-part produk kendaraan roda 4 orientasi ekspor ke Pakistan

2018-2019 : Produksi knalpot kendaraan roda 4 untuk Suzuki

2021 :  Kerjasama dengan PT. Faurecia Clean Mobility Indonesia untuk produksi knalpot Hyundai 4W

4 dari 4 halaman

Produk PT Yutaka Manufacturing Indonesia

Produk PT Yutaka Manufacturing Indonesia

PT Yutaka Manufacturing Indonesia memproduksi jenis disc plate dan muffler dengan teknologi tinggi dari jepang yang diterapkan untuk mesin yang digunakkan dan standar kualitas produk yang di hasilkan. Produk PT Yutaka Manufacturing Indonesia dikenal unggul karena menggunakan teknologi terbaru dengan standarisasi : 

1. Rekayasa

Desain proses manufaktur dan peralatan produksi direncanakan dengan matang, berdasarkan pengalaman selama 20 tahun memproduksi muffler dan disc brake sehingga tercipta produk yang memiliki keunggulan kompetitif dan mampu bersaing di pasar global.

2. Kualitas

Membuat produk yang memiliki kualitas yang baik adalah tujuan tim kualitas kami, kami dapat mencapainya dengan integritas kerja dan kerja keras. Tim kualitas kami dibantu oleh teknologi canggih untuk menciptakan produk yang selalu memuaskan pelanggan kami.

3. Fasilitas Bengkel

Kami memiliki fasilitas untuk memelihara alat bantu produksi kami. Tim kami juga dapat memperbaiki cacat alat produksi dan beberapa bagian mesin yang mengalami kerusakan.

 

Produk Utama PT Yutaka Manufacturing Indonesia

a. Disc Plate

Penggunaan mesin-mesin berteknologi tinggi dengan pengendalian kualitas dari awal hingga akhir proses untuk memberikan jaminan kualitas kepada konsumen terhadap produk PT Yutaka Manufacturing Indonesia. Kapasitas produksi disc plate PPT Yutaka Manufacturing Indonesia 70.000 pes per bulan untuk semua model. Produk disc plate PT Yutaka Manufacturing Indonesia adalah :

1) Tipe KR (Honda Tiger dan Mega Pro)

2) Tipe KEVJ (Honda Supra)

3) Tipe KG2 (Honda GL Pro dan GL Max)

4) Tipe KPHF (Honda Karisma dan Supra X 125)

5) Tipe KVBF (Honda Vario)

6) Dan produk dengan tipe lain untuk ekspor ke berbagai negara.

 

b. Muffler

PT Yutaka Manufacturing Indonesia juga memproduksi muffler dengan menggunakan mesin-mesin teknologi jepang hasil rancang bangun sendiri yang terdiri dari 7 jalur assembling yang didukung oleh jalur-jalur sub assy dan bending. Untuk proses buffing terdiri dari 30 mesin dan proses pelapisan NI Cr plating dengan teknologi tiga lapis nikel untuk menjamin pelapisan lebih kuat terhadap karat. Secara umum produk Muffler dibedakan atas dua jenis :

1) Cub

- KEVF (Honda Supra)

- KFVP (Honda Legenda)

- KPHF (Honda Karisma/Supra X 125)

- KPWA (Honda Kirana)

- KVBF (Honda Vario)

- KVRA (Honda Revo)

2) Sport

- KEHR (Honda Mega Pro)

- GLS (Honda Tiger )

- KEHL ( Honda New Mega Pro)

- KPKF (Honda Phantom)

- KEHA (Honda GL Max)

- KEGA (Honda GL Pro)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.