Sukses

TikToker Meninggal Usai Unggah Video yang Diklaim sebagai 'Raksasa' di Puncak Gunung

TikToker hilang usai mengunggah video tentang 'raksasa' di puncak gunung memicu desas-desus tidak berdasar tentang pembunuhan CIA.

Liputan6.com, Jakarta Sebuah desas-desus menyebar dengan cepat secara online, mengklaim bahwa Central Intelligence Agency (CIA) membunuh seorang pria karena video TikTok yang diduga menunjukkan raksasa, dilansir dari Daily Dot.

Musim semi lalu, seorang pria memposting TikTok tentang "raksasa" di atas gunung di Kanada. Rekamannya yang kasar membuat sosok itu tidak mungkin terlihat jelas pada jarak pengambilannya. Namun, video TikToker itu dengan cepat menjadi viral, mengumpulkan 2 juta tampilan dalam beberapa hari. Kini, sudah dilihat 8 juta kali.

"Itu seseorang," kata pengguna TikTok, Andrew Dawson (@andykapt) dalam video dengan judul "Its a giant," Raksasa yang diduga adalah siluet gelap di puncak gunung yang tertutup salju di kejauhan. Orang lain dalam mobil yang dikendarainya tidak setuju. "Tidak, tidak," kata mereka.

Melalui video yang diambilnya, Dawson mencoba untuk "menyelidiki" makhluk yang diduga 'raksasa'. Namun, dalam postingan berikutnya, dia mengklaim telah dihentikan oleh agen CIA dan seseorang mengikutinya. Dia juga mengatakan bahwa raksasa itu telah menghilang dan bertanya-tanya apakah itu UFO.

"Apakah benda di gunung itu pulang," tulisnya, dilansir Liputan6.com dari Daily Dot, Senin (16/1/2023).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Terungkap kisahnya

Beberapa minggu kemudian, Dawson mengunggah video TikTok mengakui bahwa itu semua palsu.

"Maaf mengecewakan kalian, tetapi semua video yang saya posting adalah skrip, itu hanya palsu, semata-mata untuk hiburan," katanya.

Beberapa hari kemudian, dia memposting TikTok lain yang menegaskan bahwa video sebelumnya tentang raksasa dan CIA itu nyata. Judul di layar berbunyi "Saya takut." Di dalamnya, Dawson berkata, "Anda mungkin tidak akan pernah melihat saya memposting lagi. Video saya, itu tidak palsu."

Dia memposting sekali lagi lalu diam. Pada 1 Juli, Dawson meninggal dunia. Dia baru berusia 34 tahun. Pertanyaan tentang penyebab kematiannya dan klaim bahwa CIA terlibat beredar di internet selama berbulan-bulan.

Pada bulan Oktober, podcast yang didedikasikan untuk legenda seperti Monster Loch Ness dan Sasquatch menulis blog tentang kematian Dawson. Mereka menulis bahwa seminggu sebelum dia meninggal, Dawson mengonfirmasi melalui pesan langsung Instagram bahwa videonya tentang raksasa dan CIA "semuanya palsu".

Seperti yang telah dia lakukan di TikTok, Dawson dilaporkan kemudian meralat pesan tersebut, di mana dia dilaporkan menulis, "Saya tidak bisa mengatakan apa-apa tentang itu…. Itu tidak terjadi."

 

3 dari 4 halaman

Beredar teori konspirasi

Baru-baru ini, teori konspirasi tentang video "raksasa" Dawson dan keterlibatan CIA dalam kematiannya telah mendapatkan daya tarik yang signifikan. Bagian dari web yang menyelidiki hal-hal seperti itu menghasilkan banyak sekali konten tentangnya.

Di TikTok, tagar nama Dawson, #andrewdawson, memiliki 90 juta tampilan saat tulisan ini dibuat. Tagar pegangannya, #andykapt, memiliki 720.000 tampilan saat tulisan ini dibuat. Banyak TikTok yang menyertakan tagar menegaskan kembali teori konspirasi bahwa Dawson dibunuh karena merekam rekaman raksasa.

Menurut Know Your Meme, detektif internet telah mengunjungi gunung tersebut untuk mencari bukti untuk mendukung atau menyanggah klaim Dawson. Tweet yang mengklaim bahwa pemerintah membunuh Dawson telah mengumpulkan puluhan ribu interaksi.

 

4 dari 4 halaman

Banyak disangkal

Kematian Dawson tampaknya tidak ada hubungannya dengan raksasa, UFO, atau CIA. Beberapa hari setelah dia memposting video awal, Dawson menulis tentang itu di halaman Facebook pribadinya. Dia jelas senang menjadi viral.

Sementara CIA melakukan operasi di tanah asing, itu agak tidak masuk akal akan mengejar orang Kanada untuk memposting rekaman kasar dari "raksasa", terutama mengingat sejarah panjang orang lain memposting rekaman dan video yang konon menunjukkan makhluk mitologis seperti Bigfoot dan makhluk luar angkasa.

Banyak orang telah menyanggah video Dawson dan rumor tentang kematiannya.

TikToker @the.hoax memposting rekaman yang konon berasal dari puncak gunung yang sama. Rekaman itu menunjukkan infrastruktur yang sangat biasa dan tidak ada bukti adanya raksasa.

Namun, rumor dan pertanyaan tentang CIA, Dawson, dan raksasa tetap ada.

"Jadi pertanyaan sebenarnya adalah: apakah memang ada raksasa di luar sana, atau apakah itu sesuatu yang lain? Atau apakah semua ini hanya tipuan yang sangat bagus?" tulis sebuah blog yang menggali kejadian aneh menulis minggu lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.