Sukses

Profil PT IMCP, Perusahaan di Bidang Industri Kemasan Logam dan Percetakan Metal

PT IMCP atau Indonesia Multi Colour Printing adalah perusahaan, yang bergerak di bidang industri kemasan dari logam (kaleng) dan percetakan metal.

Liputan6.com, Jakarta PT IMCP atau Indonesia Multi Colour Printing adalah Merek Global terkemuka dalam kemasan total. Perseroan ini didirikan pada tahun 1970, dan mulai berkembang menjadi pemasok yang menyediakan klien dengan kaleng berkualitas tinggi. Berlanjut pada tahun 1980 setelah sukses memproduksi kaleng biskuit dalam bentuk kotak, IMCP mulai menambah varian kaleng biskuit bulat dengan ukuran DIA 150mm, 190mm, 230mm, 265mm.

Produk yang dimiliki PT IMCP, terbuat dari komponen pelat timah dan baja bebas timah (TFS) untuk minuman 3 bagian, makanan kering, makanan olahan, aerosol, susu kental manis, rokok , ujung kaleng, dan lembaran cetak warna-warni.

Dari basis manufaktur di Indonesia, PT IMCP  tidak hanya mengirimkan produknya ke seluruh Indonesia, tetapi mengekspor kaleng berisi produk ke seluruh dunia. PT IMCP memiliki beberapa lokasi operasi di Indonesia, antara lain Surabaya, Krian, Bogor, dan Serang dan tersebar di sepanjang Pulau Jawa.

Beirikut ini sejumlah produk layanan PT IMCP yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (11/1/2023).

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sejarah PT IMCP (Indonesia Multi Colour Printing)

PT IMCP memiliki beberapa lokasi operasi di Indonesia, antara lain Surabaya, Krian, Bogor, dan Serang yang tersebar di sepanjang Pulau Jawa. Di Indonesia perusahaan ini memiliki pabrik dan kantor yang berbasis di Jl. Rungkut Industri I No.10 Surabaya, namun seiring dengan permintaan pelanggan yang begitu besar, maka PT IMCP mendirikan beberapa pabrik cabang di wilayah Jawa Timur dan Jawa Barat dengan kantor pemasaran di Surabaya dan Jakarta.

Adapun sejarah singkat PT IMCP yang perlu Anda pahami adalah sebagai berikut: 

Tahun 1974 : Melakukan produksi kaleng cat dan tiner, masih menggunakan mesin solder dan dikerjakan secara manual.

Tahun 1976 : Pada tahun ini IMCP dalam hal pengelasan sudah menggunakan mesin las butterfly, bisa dikatakan masih semi manual. 

Tahhun 1977 : Dari semula memproduksi kaleng bulat, tahun ini IMCP mulai memproduksi kaleng minyak yang kemudian berbentuk kotak.

Tahun 1978 : Ini adalah tahun pertama IMCP memulai produksi makanan kaleng, ketika ada perusahaan biskuit yang sangat terkenal dengan kotak kalengnya, dan Perseroan mulai menjadi salah satu pemasok kaleng tersebut.

Tahun 1980 :  Setelah sukses memproduksi kaleng biskuit dalam bentuk kotak, IMCP mulai menambah varian kaleng biskuit bulat dengan ukuran DIA 150mm, 190mm, 230mm, 265mm.

Tahun 1981 : Aerosol dan kerucut mulai diproduksi tahun ini.

Tahun 1985 : Inovasi besar terjadi tahun ini, IMCP mulai memproduksi kaleng makanan yaitu kaleng sarden dan jus dengan diameter 52mm.

Tahun 1987 : Setelah marak dengan berbagai jenis kaleng sebagai kemasan suatu produk, tahun ini Perseroan mulai memproduksi kaleng. Kemudian setahun setelah itu, terdapat permintaan kaleng susu bubuk mulai berdatangan dan menjadi pesanan produksi baru IMCP, dan menjadi awal IMCP memproduksi 603 kaleng.

Tahun 1990 : Varian kaleng DRD mulai diproduksi juga tahun ini, dan saat itu yang menggunakan kaleng jenis DRD 307 adalah industri tuna.

Tahun 1994 : Jenis DRD ini dapat terus berkembang sehingga muncul dengan ukuran baru 113 x 60 yang pada saat itu digunakan oleh salah satu perusahaan yang memproduksi wax polish.

Tahun 2000 : Seiring bisnis daging rajungan yang mulai berkembang di Indonesia, IMCP juga menyambut baik hal tersebut dengan mulai memproduksi daging rajungan kaleng.

3 dari 4 halaman

Produk dan Layanan PT IMCP (Indonesia Multi Colour Printing)

Berikut ini sejumlah produk dan layanan, yang dimiliki dan dikelola oleh PT IMCP (Indonesia Multi Colour Printing) adalah sebagai berikut:

- Kaleng Makanan Olahan 

Mengikuti era kesadaran kesehatan, perusahaan sebagai bagian dari komunitas produsen kemasan makanan, sadar dan berpartisipasi dalam menerapkan sistem manajemen keamanan pangan yang ketat untuk mendukung kesejahteraan dan keamanan bagi semua orang. Sampai saat ini, Perseroan telah memenuhi persyaratan Sertifikasi Sistem Keamanan Pangan (FSSC) 22000, sebuah standar yang telah diterapkan dan diakui di seluruh dunia. Dengan sertifikasi ini, berbagai jenis produk makanan yang menggunakan kaleng, termasuk hasil laut olahan dan semua produk lainnya, dijamin. 

- Kaleng Minuman

 PT IMCP terus berinovasi untuk mengembangkan ide-ide kreatif untuk fungsi, bentuk, dan dekorasi baru untuk kaleng minuman 3 potong. Penyempurnaan berkelanjutan dari produk dan teknologi ini, menjadikan kaleng minuman sebagai bentuk kemasan yang berkualitas tinggi, inovatif, dan ramah lingkungan.

- Kaleng Bubuk Kemasan Kering

Kaleng bubuk kemasan kering yang diproduksi PT IMCP untuk pelanggan, menggunakan kemasan pengaman, misalnya susu bubuk. Semua produk kami mematuhi peraturan Sistem Manajemen Keamanan Pangan, dan berkomitmen untuk memberikan pelayanan prima kepada pelanggan termasuk menjaga kualitas produk, mengawetkan susu bubuk, memberikan kemudahan penyimpanan, dan yang terpenting mengurangi kontaminasi. 

- Kaleng Aerosol

 PT IMCP  memproduksi kaleng aerosol berkualitas tinggi, dengan teknologi cetak terkini untuk memenuhi harapan tertinggi konsumen di seluruh dunia. Rangkaian Kaleng Aerosol kami mencakup produk perawatan pribadi dan rumah tangga hingga solusi industri dengan menekankan praktik terbaik untuk memenuhi kebutuhan industri dan konsumen. 

- Kaleng SCM

Perseroan melayani berbagai macam kebutuhan kemasan susu kental manis, sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Perusahaan akan menawarkan solusi kepada Anda, dengan mengirimkan susu kental manis dalam berbagai ukuran kemasan yang sesuai dengan kebutuhan. Perusahaan berdedikasi untuk melakukan segala daya kami untuk menjaga setiap pembeli diperbarui dalam industri pengemasan yang sangat kompetitif, dengan mengikuti tren terbaru untuk meningkatkan aspek bisnis industri susu kental Anda. 

4 dari 4 halaman

Produk dan Layanan PT IMCP (Indonesia Multi Colour Printing)

Pencetakan Litograf Logam adalah bagian dari produk PT IMCP (Indonesia Multi Colour Printing). Litografi sendiri berasal dari bahasa Yunani kuno yang berarti “Menulis dengan Batu”. Secara definisi, litografi adalah proses mencetak (print) dari permukaan datar yang dibuat sedemikian rupa yang dapat menghilangkan tinta kecuali pada bagian yang memang akan dicetak. Sejak 1796 (tahun penemuan litografi oleh ilmuwan Jerman Alois Senefelder), ilmu pengetahuan dan teknologi litografi terus berkembang.

Litografi awal digunakan sebagai metode untuk memproduksi secara massal objek berbasis pencetakan seperti lukisan dan buku. Seiring berjalannya waktu, dan seiring berkembangnya teknologi, prinsip litografi mulai diterapkan dalam dunia industri, termasuk industri pengemasan logam.

Litografi dalam industri pengemasan logam, digunakan untuk memberi warna dekorasi atau pewarnaan pada permukaan tinplate. Sebagai perusahaan yang telah berdiri sejak tahun 1970, IMCP juga memberikan konsentrasi yang cukup vital yang dibuktikan dengan mesin multicolor 7 dan 8 warna, yang saat ini digunakan di IMCP.

Dengan demikian, keinginan pelanggan untuk berkreasi dengan desainnya masing-masing dapat terwujud atau dibuat dengan baik di tangan para profesional IMCP, dikerenakan Perseroan ini berinvestasi pada teknologi terbaru dan terbaik dalam pencetakan litograf logam. Perusahaan ini terus berkomitmen untuk terus meningkatkan proses dan layanan internal, untuk memberikan solusi nilai tertinggi dan kualitas kemasan tanpa kompromi untuk semua pelanggan. 

Perseroan berdedikasi dan komitmen terhadap peningkatan kualitas dan proses telah membawa IMCP untuk mencapainya berbagai sertifikasi industri ISO 9001:2015, ISO 22000:2005 serta FSSC. IMCP juga memiliki sertifikasi dari Health, Safety, and Environment (HSE) yang meliputi sertifikasi standar internasional ISO 14001:2004 untuk EMS (Environment Management System) selain OHSAS (Occupational Health and Safety Assessment Series) 18001:2007.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.