Sukses

Kisah Anak Rawat Ibu ODGJ di Rumah Mewah Terbengkalai, Tanpa Listrik Selama 11 Tahun

Ia tinggal di rumah mewah yang terbengkalai dan hidup tanpa listrik.

Liputan6.com, Jakarta Kebesaran kasih seorang ibu tidak bisa digantikan oleh apapun. Saat masih bayi, ibu yang merawat anaknya dengan sepenuh hati. Menggendong, menyuapi makanan, dan mendidik anaknya menjadi pribadi yang lebih baik.

Sebaliknya, saat sudah dewasa, anak yang bergantian merawat ibu. Meski tidak mudah, momen ini jadi bentuk bakti anak kepada orang tua. Seperti dilakukan oleh pria bernama Tiko yang baru-baru ini viral.

Dalam video yang diunggah oleh akun TikTok @novinefril pada 30 Desember 2022, memperlihatkan seorang petugas rumah yang mengevakuasi ibunda Tiko yang mengalami gangguan jiwa alias ODGJ. Namun di balik evakuasi itu ada kisah pilu, ternyata Tiko telah merawat ibunda selama belasan tahun.

Tiko tinggal di rumah mewah yang terbengkalai selama 11 tahun merawat ibunya yang mengidap ODGJ. Berikut kisah selengkapnya, dilansir Liputan6.com dari TikTok @novinefril dan YouTube BANG SATRIA, Rabu (4/1/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ibu Tiko Dievakuasi

Ibu dari Tiko ini tampak marah ketika petugas mencoba membawanya menuju mobil. Meski begitu, proses evakuasi itu berhasil dilakukan. Ibu Eny pun segera dibawa ke rumah sakit jiwa untuk mendapatkan penangan dari ahlinya.

Ketika sang ibunda dievakuasi, rasa sedih begitu terlihat dari wajah Tiko. Dilansir Liputan6.com dari YouTube BANG SATRIA, pria kelahiran 1999 tahun itu diketahui tinggal di rumah besar dua lantai bersama ibunya. Menurut informasi dari kanal tersebut, sang ibu tampaknya menderita gangguan jiwa atau bisa disebut juga ODGJ.

Padahal dahulu Tiko hidup bahagia bersama keluarganya di rumah tersebut. Pria 23 tahun itu juga sudah lama ditinggal pergi oleh ayahnya. Berdasarkan penuturan Tiko, ayahnya pergi ke Madiun untuk bertemu anak-anaknya setelah bercerai. Dari kabar tersebut, Tiko sadar bahwa ternyata selama ini sang ibu adalah istri kedua.

Semenjak saat itu, ayah Tiko tidak pernah kembali atau bahkan sekadar mengirim uang sebagai bentuk nafkah. Sebelumnya, Tiko sempat dibantu oleh saudara ayahnya. Namun, itu sudah cukup lama dan sekarang dia harus bekerja sekaligus mengurus ibunya seorang diri.

"Sama sekali nggak dapet nafkah dari papa setelah pergi gitu aja. Cuma emang dulu itu sodara-sodara sekarang lost (contact), semua hilang. Jadi dulu punya pakde, itu dulu masih suka titipin uang, tiap tahun tapi. Di 2019 itu udah nggak ada (kirim)," kata Tiko.

3 dari 3 halaman

Rumahnya Terbengkalai dan Kotor

Kondisi rumah mewah yang ditempati Tiko dan ibunya cukup memprihatinkan. Di depan rumah tersebut tumbuh rumput liar dan dedaunan yang lebat dari pohon. Struk bangunannya memang masih kokoh, namun tampilannya sudah usang dan kotor. Banyak bagian yang rusak dan hancur di rumah tersebut.

Bagian dalam rumah juga cukup mengenaskan. Setiap sudut dipenuhi sarang laba-laba dan kotoran dari debu yang cukup tebal. Rumah ini juga gelap dikarenakan aliran listrik yang sudah terputus sejak 2010. Tidak banyak perabotan di dalamnya, hanya ada meja dan kardus berisi benda tak terpakai.

Kisah pilu Tiko dan ibunya yang terkena gangguan jiwa itu pun menarik simpati dari warganet. Tidak sedikit warganet yang berdoa agar Tiko diberi kekuatan dan sang ibu segera kembali sehat seperti dulu.

"MashaaAllah..mendo'akan yg terbaik kedepan nya utk Tiko, Bu Eni terimakasih semua YouTubers yg turut peduli membantu dan men support," kata Andri Maya.

"Saya turut merasakan apa yg kak tiko rasakan sbg anak broken home, arus listrik ke rumah dicabut, bapak saat itu sudah nyaris tak kunjung pulang ke rumah, ibu sy hanya seorang ibu rumah tangga, namun alhamdulillah sy bisa lewati semua itu. Semangatt Kak Tiko! Akan ada pelangi selepas badai," komentar Arini Dwi Vithasari.

"Waduh gak kebayang rumah semasa Tiko kecil mewah dan megah.. Berkah buat Tiko yg mau merawat ibunya. Semoga Tiko sehat. Semangat . Dan dilimpahkan rejeki," timpal Trisda Ekawati.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.