Sukses

PT SCI, Produsen Sepatu yang Memberlakukan Gender Equality di Lingkungan Kerjanya

Bagi PT SCI, kesetaraan gender dan keanekaragaman yang ada dalam perusahaan menjadi sebuah kekuatan yang dapat menunjang bisnis yang dikerjakan.

Liputan6.com, Jakarta Kesetaraan gender atau gender equality merupakan isu yang sedang gencar disuarakan oleh berbagai pihak, baik pemerintah maupun lembaga non-pemerintahan yang bergerak dibidang Hak Asasi Manusia. Isu ini disuarakan untuk berbagai bidang, termasuk lingkungan kerja. Salah satu perusahaan yang sangat memperhatikan isu kesetaraan gender untuk membuat lingkungan kerja yang inklusif adalah PT SCI.

Bagi PT SCI, kesetaraan gender dan keanekaragaman yang ada dalam perusahaan menjadi sebuah kekuatan yang dapat menunjang bisnis yang dikerjakan. Karyawan menjadi aset yang sangat berharga bagi PT SCI, oleh sebab itu perusahaan berupaya untuk menciptakan lingkungan kerja yang sesuai dengan karyawan yang berasal dari latar belakang yang beragam.

PT SCI juga memperhatikan kesejahteraan pekerjanya dengan memastikan lingkungan kerja aman, sehat, dan produktif. Berikut ulasan Liputan6.com tentang upaya PT SCI dalam menjalankan bisnis dengan mengedepankan kesejahteraan karyawannya, Rabu (4/1/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

PT SCI adalah Perusahaan PMA

PT SCI atau PT Selalu Cinta Indonesia merupakan perusahaan Penanaman Modal Asing (PMA) yang bergerak di bidang industri sepatu untuk ekspor. Perusahaan ini adalah anak perusahaan dari KMK Group yang berpusat di Tangerang. Perusahaan ini memproduksi sepatu untuk berbagai merek ternama yang akan dipasarkan ke Jepang dan negara Asia lainnya.

PT SCI menjalankan bisnisnya di Jalan Lingkar Selatan Salatiga Kilometer 2, Randuacir, Argomulyo, Kota Salatiga. Berdirinya perusahaan ini di kota salatiga menjadi sebuat lapangan pekerjaan yang turut mendorong pertumbuhan ekonomi lingkungan sekitar perusahaan.

PT SCI sebagai anak perusahaan KMK Group juga menjadikan kesetaraan gender dan keberagaman sebagai landasan bisnisnya. Sebagai perusahaan PMA yang beroperasi di Indonesia, PT SCI menyadari bahwa keberadaannya harus mampu memberi dampak positif bagi karyawan dan masyarakat yang berada di sekitarnya.

PT SCI berupaya sebaik mungkin menjadi perusahaan yang bertanggung jawab dalam menjalankan kegiatan usahanya dengan mematuhi peraturan yang dibuat oleh pemerintah Indonesia. SCI menjadikan hukum ketenagakerjaan yang berlaku di Indonesia sebagai landasan bisnisnya.

Untuk menciptakan lingkungan kerja yang mendukung kesetaraan gender dan keanekaragaman, SCI melakukan perekrutan karyawan tanpa membeda-bedakan gender, ras, agama, dan suku. Perusahaan pun memfasilitasi perbedaan tersebut sehingga karyawan dari berbagai latar belakang dapat bekerja dengan nyaman.

PT SCI juga memberi kesempatan peningkatan karir secara adil untuk setiap karyawannya.dengan begitu pemimpin SCI dapat berasal dari latar belakang yang berbeda-beda. Perusahaan kemudian mengintegrasikan keanekaragaman tersebut dalam setiap aspek bisnisnya untuk menjadikannya kekuatan perusahaan. 

3 dari 4 halaman

Visi Misi PT SCI

Dalam menjalankan bisnisnya, PT SCI memiliki visi dan misi yang bertujuan untuk menciptakan lingkungan kerja yang aman, nyaman, dan produktif.

Visi

Menjadi perusahaan alas kaki terbaik dalam keselamatan dan kesehatan kerja 2025

Misi

Menciptakan tempat kerja yang aman, sehat dan produktif, serta menjalankan budaya keselamatan dan kesehatan kerja

4 dari 4 halaman

Komitmen PT SCI

PT SCI memberlakukan kebijakan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) serta Lingkungan dan Energi dengan menyediakan tempat kerja dan kondisi kerja yang aman dan sehat. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya kecelakaan atau penyakit akibat kerja dengan cara menghilangkan bahaya dan mengurangi resiko K3.

PT SCI Melakukan perlindungan lingkungan dengan pencegahan pencemaran, penggunaan sumberdaya berkelanjutan, mitigasi dan adaptasi perubahan iklim serta perlindungan keanekaragaman hayati dan ekosistem. Perusahaan juga memastikan ketersediaan informasi dan sumber daya yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan dan target energi dengan mendukung pengadaan produk hemat energi dan jasa yang mempengaruhi kinerja energi, serta mendukung aktivitas desain yang mempertimbangkan kinerja energi.

PT SCI mematuhi semua peraturan perundang-undangan K3, Lingkungan, dan Energi serta standar persyaratan lainnya. SCI berupaya melakukan peningkatan berkelanjutan sistem manajemen K3, Lingkungan, dan Energi serta kinerja energi.

PT SCI membangun budaya keselamatan dengan meningkatkan kemampuan dan pengetahuan serta kesadaran dan kepedulian semua karyawan di bidang K3, Lingkungan, dan Energi melalui proses konsultasi dan partisipasi. 

Semua kebijakan yang diambil oleh perusahaan kemudian dikomunikasikan kepada seluruh karyawan, tamu dan pihak berkepentingan lainnya.Kebijakan ini menjadi komitmen bersama Manajemen, Karyawan, Mitra Kerja, dan Tamu agar dipatuhi serta dijadikan pedoman ketika bekerja dan berada di area perusahaan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.