Sukses

Diferensiasi adalah Proses Pembedaan, Simak Pengertiannya dalam Berbagai Konteks

Kata diferensiasi adalah kata serapan dari bahasa Inggris, different, yang artinya "berbeda".

Liputan6.com, Jakarta Perbedaan menjadi hal yang kerap ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Diferensiasi adalah proses yang diakibatkan oleh perbedaan tersebut. Kata diferensiasi merujuk pada proses pembedaan yang terjadi karena keberagaman yang ada dalam kehidupan. Penggunaan diferensiasi memiliki beberapa makna yang berbeda tergantung pada konteks penggunaannya.

Berbagai perbedaan dapat ditemukan dengan mudah, misalnya dalam hal budaya, agama, ras, usia, profesi, dan masih banyak lagi. Kata diferensiasi adalah kata serapan dari bahasa Inggris, different, yang artinya "berbeda". Perbedaan ini tidak selalu menunjukkan tinggi rendahnya sesuatu secara vertikal, tetapi juga dalam dimensi horizontal dengan tingkatan yang sama.

Diferensiasi adalah hal yang lumrah terjadi dalam masyarakat. Berikut ulasan Liputan6.com tentang makna kata diferensiasi berdasarkan konteks penggunaannya yang dilansir dari berbagai sumber, Senin (26/12/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Diferensiasi adalah Proses Pembedaan: KBBI

Seperti sudah disinggung sebelumnya, perbedaan dalam masyarakat perbedaan yang ada dalam kehidupan sosial masyarakat dapat dilihat secara vertikal maupun horizontal. Dimensi horizontal membentuk ketidaksamaan sosial, sedangkan dimensi vertikal membentuk stratifikasi sosial. Hal ini kemudian membentuk diferensiasi sosial.

Pada konteks sosial, makna diferensiasi adalah sebagai perbuatan membedakan dan juga proses pembedaan hak dan kewajiban warga masyarakat berdasarkan perbedaan usia, jenis kelamin, dan pekerjaan. Diferensiasi sosial terbagi menjadi 3 jenis, yaitu berdasarkan tingkatan, fungsional, dan kultural.

Diferensiasi tingkatan atau rank differentiation muncul karena ketimpangan penyaluran barang atau jasa di suatu daerah. Hal ini menyebabkan barang atau jasa memiliki perbedaan harga. Perbedaan harga itu terjadi karena penyalurannya harus melalui berbagai tangan untuk sampai ke tujuan.

Diferensiasi fungsional atau functional differentiation atau pembagian kerja yang muncul karena orang melakukan pekerjaan yang berlainan. Hal ini bisa dilihat di suatu lembaga sosial. Ada perbedaan pembagian kerja yang menyebabkan setiap orang harus melaksanakan kewajiban sesuai fungsi masing-masing.

Diferensiasi kultural atau cultural differentiation muncul karena aturan berperilaku yang tepat berbeda menurut situasi tertentu. Hal ini juga disebut dengan norma yang bertujuan mengatur ketertiban masyarakat, yang mungkin berbeda di setiap daerah.

Diferensiasi adalah Upaya Pemenuhan Kebutuhan yang Berbeda dalam Bidang Pembangunan

Dalam konteks pembangunan, penggunaan kata diferensiasi adalah sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan individu masyarakat yang berbeda-beda. Dapat dikatakan diferensiasi adalah respon yang diberikan oleh pemangku kebijakan untuk memberikan fasilitas yang diperlukan oleh rakyatnya.

Dengan mengetahui melakukan diferensiasi, pemerintah dapat mengetahui infrastruktur atau kebutuhan apa saja yang diperlukan oleh masyarakat. Hal ini bertujuan untuk mendukung kehidupan sosial suatu negara. Misal seperti Indonesia yang warganya menganut berbagai kepercayaan. Dengan mengetahui perbedaan antara kepercayaan satu dan kepercayaan yang lain pemerintah dapat memberikan fasilitas peribadatan yang memadai untuk semua umat beragama. 

3 dari 3 halaman

Diferensiasi adalah Strategi Memelihara Loyalitas Konsumen dalam Bidang Marketing

Dalam konteks marketing, diferensiasi adalah salah satu strategi yang digunakan oleh produsen untuk memberi nilai lebih pada produk yang dijual. Strategi diferensiasi menjadi sebuah upaya produsen untuk menciptakan perbedaan yang berarti pada produk dan jasa pelayanan yang mereka tawarkan sehingga dapat menarik minat konsumen sekaligus memunculkan persepsi yang khas dan berarti.

Melalui diferensiasi, produsen menciptakan keunikan yang menjadi daya tarik tersendiri untuk bersaing dengan produsen lain. Harapannya, keunikan tersebut dapat menjadi nilai lebih di mata konsumen. Dengan kata lain diferensiasi adalah strategi untuk memelihara loyalitas konsumen.

Diferensiasi adalah upaya untuk menciptakan ciri khas atau perbedaan dari sisi konten, konteks maupun infrastruktur suatu produk. Diferensiasi dibuat tidak sekadar berbeda, tetapi harus memiliki perbedaan yang kokoh dalam jangka waktu yang panjang. Berikut acuan diferensiasi sebuah produk.

1. Menciptakan Excellent Value

Diferensiasi produk harus mampu untuk memberikan excellent value kepada  konsumen, sehingga perbedaan tersebut memiliki makna di mata konsumen. Excellent value yang dimaksud adalah nilai yang ditawarkan akan benar-benar unik dan atau berguna supaya tak sekadar dianggap sebagai gimmick.

2. Keunggulan Bersaing

Diferensiasi produk harus memiliki keunggulan dibandingkan dengan pesaing. Sebuah diferensiasi akan kokoh apabila mencerminkan perbedaan dengan pesaing dan perbedaan tersebut mencerminkan keunggulan dari penawaran produsen.

3. Memiliki Keunikan

Supaya diferensiasi bisa kokoh dan sustainable maka harus mempunya uniqueness sehingga tidak dengan mudah bisa ditiru oleh pesaing. Untuk tidak mudah ditiru maka diferensiasi harus tersusun atas sekumpulan sistem aktivitas (activity system) yang saling terkait dimana antar aktivitas-aktivitas tersebut saling menunjang secara konstruktif satu sama lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.