Sukses

Profil PT JNE, Perusahaan di Bidang Logistik dan Ekspedisi Barang

PT JNE atau PT Tiki Jalur Nugraha Eka Kurir, merupakan salah satu perusahaan logistik dan ekspedisi barang asli Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta PT. Tiki Jalur Nugraha Eka Kurir, atau lebih dikenal dengan JNE EXPRESS, adalah sebuah perusahaan logistik dan ekspedisi barang asli Indonesia. PT JNE berkantor pusat di Jalan Tomang Raya No. 11, Jakarta Barat. Perseroan ini memiliki jaringan dan jangkauan area distribusi, yang mencakup lebih dari 83.000 kota, termasuk kabupaten, desa, dan pulau terluar. Tak hanya itu, perusahaan ini memiliki gerai penjualan berjumlah lebih dari 8.000 titik, dan mempekerjakan lebih dari 50.000 karyawan di seluruh Indonesia.

PT JNE adalah perusahaan yang didirikan tahun 1990, dan melayani masyarakat dalam urusan jasa kepabeanan terutama import atas kiriman peka waktu melalui gudang 'Rush Handling'. Kecepatan dan kehandalan layanan yang konsisten, membuat kredibilitas JNE semakin tinggi di mata pelanggan maupun mitra kerja.

Seiring dengan peningkatan investasi asing dan pertumbuhan ekonomi dalam negeri, membuat kinerja PT JNE semakin tumbuh juga berkembang di kalangan dunia usaha, maupun masyarakat Indonesia. Perkembangan dunia usaha dan gaya hidup masyarakat, membuat permintaan penanganan kiriman import peka semakin berkembang. Tak hanya mencakup paket kecil dan dokumen, tetapi merambah pada penanganan transportasi, logistik, serta distribusi.

Peluang yang terus tumbuh ini mendorong JNE untuk terus memperluas jaringannya ke seluruh kota besar di Indonesia. Saat ini titik-titik layanan JNE telah mencapai diatas 6,000 lokasi dan masih terus bertambah, dengan jumlah karyawan lebih dari 40,000 orang. Berikut ini profil PT JNE yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (22/12/2022). 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Produk dan Layanan PT JNE

Terdapat sejumlah produk dan layanan PT JNE diantaranya:

1. Super Speed (SS)   

Super Speed adalah layanan pengiriman, dengan mengutamakan kecepatan dan penyampaiannya sesuai dengan waktu yang telah ditentukan atau disepakati. Namun terdapat beberapa ketentuan yang harus disepakati dianatranya: 

- Layanan SS tersedia di wilayah tujuan tertentu melalui moda transportasi darat maupun udara.

- Khusus transportasi udara adalah yang memiliki jadwal penerbangan langsung (direct flight) ke tujuan.

- Service Level Agreement (SLA) layanan SS adalah maksimum 24 jam, sejak transaksi/paket dijemput kurir.

- Pada kondisi tertentu estimasi pengiriman dapat melampaui 24 jam apabila ada permintaan khusus (special instruction) dari pelanggan.

- Berlaku garansi uang kembali apabila pengiriman lebih dari 24 jam atau melampaui permintaan khusus (special instruction).

2. YES (Yakin Esok Sampai)

YES adalah layanan dengan waktu penyampaian di tujuan keesokan hari (termasuk hari Minggu dan hari libur nasional). Akan tetapi ada beberapa ketentuan yang perlu disepakati diantaranya:

- Berlaku waktu batas maksimum (cut off time) pengiriman.

- Penyampaian ke penerima paling lambat jam 23.59 waktu setempat.

- Berlaku untuk kota-kota yang telah ditentukan, dengan garansi uang kembali (money back guarantee), apabila keterlambatan penyampaian disebabkan oleh pihak JNE.

3. REG (Reguler)

Reguler adalah layanan pengiriman ke seluruh wilayah Indonesia, dengan perkiraan waktu penyampaian kiriman 1-7 hari kerja, tergantung pada zona daerah yang menjadi tujuan pengiriman. Terdapat beberapa ketentuan yang harus disepakati diantaranya:

- Tidak berlaku garansi uang kembali (money back guarantee).

- Anda dapat melacak status pengiriman dan informasi penerimaan menggunakan JNE airwaybill number melalui website JNE

4. OKE (Ongkos Kirim Ekonomis)

OKE adalah layanan pengiriman ke seluruh wilayah Indonesia, dengan tarif ekonomis dan perkiraan waktu penyampaian kiriman lebih lama dari Service REGULER. Semua ini tergantung pada zona daerah yang menjadi tujuan pengiriman. Namun bagi pelanggan tidak berlaku garansi uang kembali (money back guarantee).

5. JNE Trucking (JTR)

JTR adalah layanan pengiriman dalam jumlah / volume yang besar melalui darat dan laut dengan harga yang kompetitif. Terdapat beberapa ketentuan yang harus disepakati sebagai berikut:

- Semua konter penjualan JNE dapat melayani transaksi JTR, dengan perhitungan tarif berdasarkan berat kiriman < 10 Kg dikenakan tarif minimum 10 Kg”. 

- Paket dengan berat di atas 250 Kg per koli, akan dikenakan biaya tambahan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. 

- Barang dikenakan perhitungan volumetrik ketika besaran volumetrik lebih besar dari berat aktual, perhitungan volumetrik  (panjang x lebar x tinggi) x 1 Kg / 6.000.”

- Kiriman dengan nilai barang di atas 10 kali ongkos kirim, sebaiknya diasuransikan yang besarnya senilai 0,2 % dari harga barang beserta biaya admin Rp 5000

- Paket yang membutuhkan penanganan packing akan dikenai biaya tambahan. 

 

 

3 dari 5 halaman

Produk dan Layanan PT JNE

6. International Service JNE Internasional adalah layanan pengiriman dengan tujuan ke luar negeri, namun dengan ketentuan:

- Pengantaran berlaku di hari kerja di negara tujuan dengan perkiraan waktu penyampaian kiriman (estimate time delivery) bervariasi tergantung zona negara.

- Berlaku biaya tambahan untuk kondisi khusus, dan tidak berlaku garansi uang kembali (money back guarantee).

Informasi Pengiriman:

- Pengiriman internasional wajib disertai dengan Commercial invoice dari pihak pengirim, dengan menggunakan bahasa inggris dan tidak diperkenankan menggunakan tulisan tangan.

- Untuk pengiriman non dokumen, maka biaya kirim belum termasuk duty & tax di negara tujuan yang dibebankan kepada pihak penerima.

- Penulisan alamat penerima harus mencantumkan kode pos, dan nomor telepon penerima dan alamat email (jika memiliki).

- Kiriman non dokumen berupa cairan atau bubuk, harus menyertakan MSDS (Material Safety Data Sheet) dan menginforasikan kepada customer, untuk jenis kiriman tersebut di perlukan penambahan waktu pengiriman dari estimasi yang berlaku. 

7. JESIKA (Jemput ASI Seketika)

JESIKA merupakan sebuah produk dan inovasi baru dari JNE, untuk menjawab kebutuhan ibu-ibu menyusui tanpa menghalangi aktivitas sehari-hari. JESIKA memberikan layanan penjemputan ASI dari tempat aktivitas, hingga pengantaran ke tempat tujuan. Untuk pengiriman hanya tersedia hari kerja Senin-Jumat untuk wilayah penjemputan dan pengantaran se-Jabodetabek. 

8. JNE Loyalty Card (JLC)   

JNE Loyalty Card (JLC) merupakan program keanggotaan, yang ditujukan kepada pelanggan setia JNE. Pemegang JLC akan mendapatkan berbagai keuntungan seperti kecepatan layanan, potongan harga pada saat periode promo, dan hadiah undian yang sangat menarik. Pemegang JLC akan mendapat reward satu poin untuk setiap transaksi senilai 25 ribu rupiah di JNE, dan poin tersebut bisa ditukar dengan hadiah menarik atau diskon khusus di banyak merchant.

9. PESONA (Pesanan Oleh-oleh Nusantara)   

PESONA merupakan layanan pengiriman makanan kuliner khas Indonesia, tanpa harus pergi ke daerah asalnya. Pilihan makanan dari beberapa daerah di Indonesia yang kami tawarkan sudah melalui seleksi kelayakan dan masa uji coba selama hampir setahun sehingga aman untuk dikonsumsi oleh pelanggan.

10. JNE Online Payment (JOP)

JNE Online Payment (JOP) adalah layanan, untuk pemesanan atau pembelian dan pembayaran tiket seperti tiket Kereta Api, dan pembayaran tagihan seperti tagihan PLN, TELKOM, dan Speedy melalui JNE. JOP tersedia di beberapa cabang JNE di Indonesia. 

 

 

 

 

4 dari 5 halaman

MyJNE

Fungsi aplikasi MY JNE yang digunakan oleh Perseroan ini, berfungsi untuk mengecek tarif pengiriman JNE seluruh Indonesia, mengecek status pengiriman, lokasi JNE terdekat dan melakukan transaksi jual beli antara penjual dan pembeli individual.

Adapun cara menggunakan aplikasi MY JNE

- Unduh aplikasi MYJNE di Google Playstore, kemudian lengkapi informasi yang diminta.  

- MY JNE akan mengirimkan email konfirmasi, dan pelanggan harus klik link yang terdapat pada email tersebut. Akun pelanggan akan aktif setelah mengisi seluruh kolom yang diminta dan nomor telepon pelanggan langsung terhubung dengan kiriman JNE miliknya.

- Tersedia fitur My Shipment, di mana pelanggan JNE akan dimudahkan dalam melihat riwayat pengiriman, fasilitas ini hanya diperuntukkan bagi pengguna yang terdaftar (Registered User).

- Tersedia fitur Check Tariff, yang fasilitas layanan pengecekan tarif atau ongkos kirim bisa digunakan baik pengguna yang telah terdaftar (registrasi) maupun sebagai pengguna tanpa login (Guest User). 

- Tersedia fitur My COD (Cash On Digital), yang memberikan layanan pembayaran belanja online dengan sistem escrow. MY COD Berperan sebagai pihak mediator transaksi yang netral untuk meminimalisir resiko  kerugian yang dapat dialami oleh penjual atau pembeli.

- Setelah mengunduh aplikasi MYJNE, customer dapat melakukan transaksi dengan melakukan registrasi  sebagai user di aplikasi MYJNE. Tanpa registrasi, maka MY COD akan dalam kondisi Inactive.

- Tersedia fitur My COD Wallet, di mana ketika Anda sebagai pengguna menekan tombol bulat merah, yang bergambar kubus di bagian bawah halaman MY COD WALLET untuk memulainya.

- Fasilitas layanan MY COD WALLET ini diperuntukkan bagi pengguna yang terdaftar (Registered User), dan fasilitas yang bisa diperoleh adalah pengguna bisa melakukan transfer, pengisian atau penambahan dana, pencairan dana serta melihat riwayat transaksi. 

 

5 dari 5 halaman

Capaian PT JNE

Berikut ini sejumlah capaian yang diperoleh PT JNE adalah sebagai berikut:

1. Indonesia WOW Brand 2021, Category Courier Service pada tahun 2021 dengan penyelenggara Markplus.Inc

2. The Most Innovative Company for The Implementation of Cloud Technology Systems 2021, dengan penyelenggara Warta Ekonomi

3. The Best Brand dari Corporate Image Award 2021, kategori Kurir Indonesia 2021 Frontier Group & Majalah Marketing.

4. Service Person Of The Year Medan 2020 - Cabang Medan 2020 Indonesia Marketeers Festival 2020.

5. Top Corporate Social Responsibility 2020, dengan penyelenggara  & Co, Infobrand.

6. The Best CSR Program During Pandemic of Logistic Company tahun 2020, dengan Indonesia Property and Bank Award XV sebagai penyelenggara. 

7. Indonesia Top Digital Public Relation Award 2019, melalui Tri Raharjo, Founder & Chairman Tras N Co Research.

8. Contact Center Service Excellence Award 2019, dalam Majalah Service Excellence & Carre Service Quality Monitoring.

9. Mendapatkan 4 penghargaan sekaligus, dalam acara Indonesia Contact Center Association dengan kategori The Best Contact Center Operations, The Best People Development, dan The Best Team Leader Medium tahun 2019.

10. Penyelenggara Pos Inovatif 2019, oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini