Sukses

Fungsi Batang Pada Tumbuhan, Kenali Jenis dan Strukturnya

Fungsi batang sebagai alat perkembangbiakan, melalui cara vegetatif.

Liputan6.com, Jakarta Batang tumbuhan merupakan bagian organ dari sistem pucuk tumbuhan beserta daunnya. Batang mendukung banyak bagian tanaman lainnya termasuk daun, bunga, buah, kuncup, dan cabang. Selain penyangga, fungsi batang juga menyediakan transportasi air dan nutrisi ke seluruh tanaman. Batang tumbuhan biasanya berada di atas tanah dan berfungsi sebagai bagian utama tumbuhan.

Batang tumbuhan datang dalam berbagai bentuk, ada yang bercabang atau tidak bercabang dan mungkin juga berada di bawah tanah. Batang dalam botani adalah sumbu tanaman, yang kemudian menghasilkan kuncup dan pucuk. Fungsi batang pada tumbuhan akan membantu mengalirkan air, mineral, dan makanan ke bagian tanaman yang lain. Selain itu, mampu menyimpan makanan dan menghasilkan makanan. 

Fungsi batang yang utama adalah untuk menopang daun, serta mengalirkan air dan mineral ke daun yang diubah sebagai produk untuk proses fotosintesis. Tak hanya itu, batang pada tumbuhan berfungsi mengalirkan air dan mineral nutrisi, dari tempat penyerapannya di akar ke daun melalui jaringan pembuluh tertentu di xilem. 

Berikut ini fungsi batang pada tumbuhan yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (20/12/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mengenal Batang Pada Tumbuhan

Secara keseluruhan batang tumbuhan adalah organ tumbuhan pendukung, yang biasanya tumbuh di atas tanah, dan menopang tunas, daun, dan struktur reproduksi seksual. Batang tumbuhan adalah organ yang merupakan bagian dari tubuh tumbuhan utama, yang menopang organ sistem pucuk lainnya dan pertumbuhan (daun, struktur seksual, kuncup), dan juga terlibat dalam pengangkutan dan penyimpanan. Batang adalah bagian dari sistem pucuk tumbuhan, di mana memiliki panjangnya yang berkisar dari beberapa milimeter hingga ratusan meter. Diameternya juga bervariasi, tergantung pada jenis tanamannya. Batang biasanya berada di atas tanah, meskipun batang beberapa tumbuhan, seperti kentang, juga tumbuh di bawah tanah.

Fungsi batang yang utama adalah memberikan dukungan pada tanaman, menahan daun, bunga, dan kuncup, sehingga dalam beberapa kasus, batang juga menyimpan makanan untuk tanaman. Sebuah batang mungkin tidak bercabang, seperti pohon palem, atau mungkin bercabang tinggi, seperti pohon magnolia. Batang tanaman menghubungkan akar ke daun, membantu mengangkut air dan mineral yang diserap ke berbagai bagian tanaman. Batang juga membantu mengangkut produk fotosintesis (yaitu gula) dari daun ke bagian tanaman lainnya. Batang tumbuhan, baik di atas maupun di bawah tanah, dicirikan oleh adanya simpul dan ruas.

 

3 dari 5 halaman

Fungsi Batang Pada Tumbuhan

Fungsi batang pada tumbuhan terbagi menjadi beberapa bagian diantaranya: 

- Menjadi transportasi air melalui jaringan xilem dari akar ke daun, selain itu sebagai transportasi melalui floem produk dari fotosintesis ke bagian lain dari tanaman.

- Fungsi utama batang adalah memberikan dukungan pada daun dan mengalirkan mineral dan air ke seluruh tubuh tumbuhan. Air dan mineral digunakan untuk metode fotosintesis, sehingga proses pembuatan makanan pada tumbuhan dapat terjadi.

- Dapat mendukung daun sehingga mereka dapat mengakses sinar matahari dan air untuk fotosintesis.

- Sebagai tempat penyimpanan air dan nutrisi.

- Melakukan  fotosintesis dalam beberapa kasus, karena batang hijau (sering disebut herba) dapat berfotosintesis.

- Batang memungkinkan daun mengatur sedemikian rupa sehingga mereka dapat menerima sinar matahari langsung untuk melakukan fotosintesis secara efisien.

- Susunan dan posisi daun juga memungkinkan terjadinya pertukaran gas.

- Batang mengandung bunga dan buah dalam posisi yang memfasilitasi proses penyerbukan, pembuahan, dan penyebaran biji.

- Beberapa batang dimodifikasi untuk melakukan perbanyakan vegetatif yang merupakan bentuk reproduksi aseksual yang terlihat pada tumbuhan.

4 dari 5 halaman

Jenis Batang Pada Tumbuhan

Setelah mengetahui fungsi batang pada tumbuhan, maka ada beberapa jenis batang berdasarkan lokasinya terhadap tanah diantaranya:

1. Batang bawah tanah

Batang ini tetap berada di permukaan tanah, dan menghasilkan pucuk udara yang menjulang di atas tanah. Akar dari tumbuhan ini akan hadir secara dangkal, untuk penyimpanan makanan dan perennasi. Batang ini juga mampu perbanyakan vegetatif.

Batang bawah tanah terbagi lagi menjadi beberapa jenis sebagai berikut:

- Rimpang adalah batang bawah tanah yang menebal yang memiliki simpul dan ruas yang berbeda dan daun bersisik di simpul.

- Batang sebenarnya yang direduksi menjadi struktur seperti cakram, di mana simpul memiliki sisik berdaging.

- Corm adalah batang bawah tanah tanaman yang pendek, vertikal, dan bengkak yang berfungsi sebagai organ penyimpanan makanan untuk memungkinkan tanaman bertahan hidup dalam kondisi buruk. 

2. Batang subaerial

Batang ini sejajar dengan tanah dan mengeluarkan akar pada interval atau simpul tertentu. Batang subaerial dibagi lagi menjadi beberapa jenis berikut:

- Pelari di mana akan tumbuh sejajar dengan tanah dan memiliki batang yang merambat dengan ruas yang panjang. Di permukaan bawah, simpul akan mengeluarkan akar adventif secara berkala. 

- Offset adalah jenis batang yang lebih pendek dan lebih tebal, dari pelari dan sering terlihat pada tumbuhan air.

- Stolon mirip dengan pelari, akan tetapi muncul dari bagian bawah sumbu utama.

- Pengisap adalah jenis batang yang mirip dengan stolon, akan tetapi tumbuh miring ke atas dan memunculkan tanaman baru. 

3. Batang udara

Batang ini ditemukan di atas tanah dan melakukan berbagai fungsi, serta beberapa jenis berikut:

- Duri di mana modifikasi batang ini, tampak seperti pertumbuhan yang keras, berkayu, dan tajam yang melindungi tanaman. 

- Sulur adalah jenis batang yang ramping, serta memiliki untaian melilit yang memungkinkan tanaman mencari dukungan saat memanjat di permukaan lain.

-  Phylloclade adalah jenis batang yang berwarna hijau, pipih atau silindris yang menyerupai daun. Phyloclade mampu melakukan fotosintesis dan kita dapat menemukannya di xerophytes atau tanaman lain yang memiliki sedikit atau tanpa daun.

- Cladode adalah modifikasi dari phylloclade yang berisi satu atau lebih ruas.

- Bulbil adalah jenis batang yang memiliki tunas ketiak, kemudian dimodifikasi menjadi berdaging dan membulat karena penyimpanan makanan. 

5 dari 5 halaman

Struktur Batang Pada Tumbuhan

Batang terbagi menjadi simpul dan ruas, di mana simpul ini dapat memunculkan daun dan menahan tunas yang tumbuh menjadi cabang. Secara internal, batang memiliki tiga jenis jaringan dasar diantaranya:

- Jaringan kulit

- Jaringan dasar

- Jaringan pembuluh darah 

Adapun struktur batang yang terbagi menjadi dua bagian, dianataranya 

1. Epidermis

Epidermis adalah satu lapisan sel yang membentuk jaringan luar batang, kemudian disebut jaringan dermal. Jaringan ini menutupi batang dan melindungi jaringan di bawahnya, sehingga tanaman berkayu memiliki lapisan perlindungan ekstra di atas epidermis yang dikenal sebagai kulit kayu. Dalam beberapa kasus, rambut beruang multiseluler dan beberapa stomata.

2. Jaringan dasar

Jaringan ini terbagi menjadi dua bagian tengah, yang dikenal sebagai empulur dan korteks yang terletak di antara jaringan pembuluh darah dan epidermis. Korteks dapat dibagi lagi menjadi tiga lapisan diantaranya hipodermis, yang merupakan salah satu lapisan terluar dari korteks. Endodermis yang adalah apisan paling dalam dari korteks, serta jaringan vaskular batang yang terdiri dari jaringan kompleks xilem dan floem, yang membawa air dan nutrisi ke atas dan ke bawah sepanjang batang dan tersusun dalam untaian berbeda yang disebut bundel vaskular. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.