Sukses

PT Shopee Indonesia, Platform Belanja Online Terdepan Se-Asia Tenggara

Fiturnya yang mudah digunakan serta berbagai penawaran yang menarik, menjadikan PT Shopee Indonesia sempat mengungguli perusahaan lain yang bergerak di bidang yang sama.

Liputan6.com, Jakarta Beberapa tahun belakang nama PT Shopee Indonesia tentu sering terdengar di kalangan masyarakat. Apalagi semenjak pandemi, Shopee menjadi salah satu platform yang banyak digunakan berbelanja tanpa harus keluar rumah.

Fiturnya yang mudah digunakan serta berbagai penawaran yang menarik, menjadikan PT Shopee Indonesia sempat mengungguli perusahaan lain yang bergerak di bidang yang sama. Keberadaan shopee juga memiliki andil dalam perubahan kebiasaan berbelanja masyarakat. Pasalnya kerapkali harga barang yang dijual melalui Shopee lebih murah dari pada harga di toko offline. Oleh sebab itu kini lebih banyak orang yang berbelanja melalu dibanding pergi ke toko offline.

Berbelanja dirasa lebih efisien karena berbagai jenis barang dapat ditemukan lewat layar tanpa harus pergi ke berbagai toko yang berbeda. Berikut ulasan Liputan6.com tentang perjalanan usaha PT Shopee Indonesia yang dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (12/12/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perjalanan PT Shopee Indonesia

PT Shopee Indonesia merupakan bagian dari Sea Limited atau Sea Group  yang berpusat di Singapura. Sea limited didirikan oleh Forrest Li pada tahun 2009. Meski tergolong baru, Sea Group merupakan perusahaan konglomerat yang cukup besar di Asia Tenggara. Sea Group memiliki 3 lini usaha, yaitu Shopee yang bergerak di bidang e-commerce, SeaMoney yang bergerak dibidang digital payment, dan Garena yang merupakan Online games development and publishing.

Dari ketiga lini usahanya, Shopee menjadi perusahaan yang sangat terkenal di Indonesia. Diluncurkan tahun 2015, Shopee menjadi platform belanja menyediakan pengalaman berbelanja online yang mudah, aman, dan cepat bagi pelanggan melalui dukungan pembayaran dan logistik yang kuat. Saat ini PT Shopee Indonesia merupakan platform belanja online terdepan di Asia Tenggara dan Taiwan.

Saat pertama kali diluncurkan pada 2015, Shopee langsung terjun ke 7 negara, yaitu Singapore, Malaysia, Indonesia, Thailand, Taiwan, Vietnam, dan Philippines. Seperti era digital yang bergerak dengan cepat dan dinamis, Shopee berusaha mengimbangi pergerakan zaman untuk mengembangkan usahanya. Perusahaan ini dengan cepat melakukan berbagai inovasi untuk menarik minat pengguna baru dan mempertahankan pengguna lamanya.

Masih pada 2015, PT Shopee Indonesia mengadakan Shopee University session. Kegiatan ini adalah upaya Shopee untuk mengedukasi pedagang yang memanfaatkan Shopee sebagai sarana usahanya. Melalui Shopee University sesion penjual dapat diberi keterampilan dan pengetahuan baru tentang bagaimana cara mengembangkan bisnis online dengan lebih baik dengan Shopee.

Sampai saat ini, bentuk kepedulian Shopee terhadap mitranya terus berlanjut. Kini telah berdiri Kampus UMKM Shopee di kota-kota besar di Indonesia seperti, Solo, Bandung, Medan, Makassar, dan lain-lain. 

Kampus UMKM Shopee didirikan oleh Shopee Indonesia untuk menyediakan fasilitas bagi para pelaku UMKM dalam mengembangkan bisnisnya dengan memulai berjualan online. Kampus UMKM Shopee berharap dapat merangkul lebih banyak lagi pelaku usaha lokal agar dapat berjualan online dan membangun bisnisnya bersama Shopee. 

Shopee juga menjadi pelopor diskon saat tanggal cantik dengan meluncurkan 9.9 Super Shopping Day pada tahun 2016. Event ini pertama kali diadakan dengan tujuan untuk menjangkau pembeli mobile-first di Asia Tenggara dan Taiwan. Namun seiring perjalanan waktu ini menjadi event rutin tiap bulan dan telah diikuti oleh platform belanja online lainnya.

Sebagai keluarga dari Garena yang bergerak dibidang Development Game, Shopee juga memasukan permainan game ke dalam platformnya. Hal ini menambah daya tarik Shopee terhadap pengguna. Selain digunakan untuk berebelanja aplikasi Shopee juga dapat digunakan untuk bermain game.

Pada 2010, Shopee meluncurkan produk dompet seluler yang diberi nama ShopeePay di Indonesia. ShopeePay memang bukan yang dompet seluler pertama di Indonesia, namun tetap saja ini menjadi nilai tambah bagi Shopee sebagai platform belanja online. Kini ShopeePay telah menjangangkau Singapura, Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Filipina

Semakin berkembangnya usaha yang bangun, Shopee kemudian membuka kantor regional pertamanya di Singapura. Kantor baru ini menjadi tonggak pencapaian penting dalam perjalanan bisnis Shopee. Bangunan ini memiliki luas 244.000 kaki perseg, dan dapat menampung hingga 3.000 karyawan.

3 dari 3 halaman

Tujuan dan Nilai PT Shopee Indonesia

PT Shopee Indonesia percaya pada kekuatan transformatif dari teknologi dan ingin mengubah dunia menjadi lebih baik dengan menyediakan platform untuk menghubungkan pembeli dan penjual dalam satu komunitas. Shopee menawarkan pengalaman belanja online komprehensif, dari berbagai pilihan produk sampai ke sebuah komunitas sosial untuk bereksplorasi, dan layanan untuk selalu memenuhi kebutuhan konsumen tanpa hambatan.

Shopee memiliki 3 nilai utama yaitu Simpel, Bahagia, dan Bersama-sama. Ketiga nialai ini menjadi acuan Shopee dalam melakukan kegiatan bisnisnya

Simpel artinya Shopee percaya akan kesederhanaan dan integritas; memastikan kehidupan yang jujur, rendah hati, dan apa adanya. Bahagia artinya Shopee berupaya bersikap ramah, menyenangkan dan energetik, serta menyebarkan sukacita kepada semua orang yang berinterkasi dengannya. Bersama-sama artinya Shopee senang menghabiskan waktu bersama dengan teman-teman dan keluarga sekaligus berbelanja online, serta melakukan hal-hal yang kami sukai sebagai satu kesatuan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.