Sukses

1 Lusin Berapa Buah? Ini Cara Menghitung Dan Contohnya

Pengertian lusin, cara menghitung 1 lusin berapa buah dan contoh lainnya.

Liputan6.com, Jakarta 1 lusin berapa buah menjadi salah satu pertanyaan yang kerap kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Pasalnya lusin merupakan salah satu konversi ukuran kuantitas yang paling sering digunakan untuk mempermudah perhitungan jumlah suatu benda. 

Untuk menghitung nilai dari 1 lusin berapa buah, sebelumnya penting untuk mengetahui dan memahami terlebih dahulu, dengan apa yang dimaksud dengan lusin terlebih dahulu. Serta bagaimana cara menghitungnya.

Kerap dijadikan salah satu cara perhitungan dalam aktivitas perdagangan atau jual beli barang, mengetahui nilai dari 1 lusin berapa buah, dapat membantu anda menghitung berbagai barang seperti sembako, alat tulis dan lain sebagainya.

Lantas apa jawaban untuk 1 lusin berapa buah? Untuk menjawabnya, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber tentang pengertian lusin, cara menghitung 1 lusin berapa buah dan contoh lainnya, Senin (12/12/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1 Lusin Berapa Buah?

Selusin atau satu lusin adalah pengelompokan dari dua belas objek, bentuk atau angka.  Lusin juga sering disingkat sebagai doz. Lusin adalah salah satu satuan angka adat yang paling primitif. Sistem bilangan dengan bilangan dasar 12 disebut duodesimal atau lusinan. 

1 Lusin = 12 Buah

Dengan definisi bahwa 1 lusin sama dengan 12 satuan, maka satuan benda dapat dikonversikan dari lusin ke satuan dengan perhitungan sebagai berikut ini : 

1 lusin = 1 x 12 buah = 12 buah

2 lusin = 2 x 12 buah = 24 buah

3 lusin = 3 x 12 buah = 36 buah

10 lusin = 10 x 12 buah = 120 buah

1/3 lusin = 1/3 x 12 buah = 4 buah

1/4 lusin = 1/4 x 12 buah = 3 buah

0,5 lusin = 0,5 x 12 buah = 6 buah

2,5 lusin = 2,5 x 12 buah = 30 buah

3 dari 4 halaman

Konversi Ukuran Kuantitas Lainnya

Selain lusin, terdapat konversi kuantitas lain yang sering digunakan untuk menggambarkan suatu nilai benda, diantaranya adalah satuan ukuran gross rim dan kodi. Dalam matematika istilah tersebut disebut dengan satuan ukuran kuantitas atau jumlah atau banyaknya barang atau benda. 

Satuan ukuran kuantitas biasa digunakan untuk menyatakan banyaknya jumlah dari suatu benda atau barang. Satuan ukuran jumlah yang paling umum digunakan atau ditemui dalam kehidupan sehari-hari, diantaranya:

- 1 gross = 144 buah = 12 Lusin

Satuan gross umumnya digunakan untuk menyatakan jumlah alat-alat tulis seperti buku, pensil, dan sebagainya.

- 1 kodi = 20 buah

Satuan kodi biasanya dipergunakan untuk menyatakan jumlah dari barang-barang tekstil seperti kain, celana, baju, dan sebagainya.

- 1 rim = 500 lembar

Satuan rim biasanya digunakan untuk menyatakan jumlah lembaran pada kertas.

4 dari 4 halaman

Contoh Lusin

Lusin yang berjumlah 12 adalah angka di bawah 18 dengan pembagi terbanyak – 1, 2, 3, 4, 6, dan 12, memungkinkan sebagian besar sub-divisi unit. Pedagang biasanya membeli barang mereka dalam jumlah besar dan menjualnya dalam lusinan. Berikut adalah beberapa contoh perhitungan lusin.

1. Mary membeli 3 lusin telur. Berapa banyak telur yang dia beli?

Setiap selusin telur memiliki 12 butir telur. 

Jadi, 3 lusin akan memiliki 3 × 12=36 butir telur.

 

2. Revin memesan 60 cupcakes untuk pesta ulang tahunnya. Cupcakes datang dalam paket lusinan. Ada berapa bungkus kue mangkuk?

Setiap paket berisi selusin cupcake, yaitu 12 cupcake.

Untuk menemukan jumlah lusinan dalam 60, bagilah 60 dengan 12.

60 ÷ 12=5 

Jadi, ada 5 bungkus kue mangkuk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.