Sukses

Profil PT Bank Syariah Mandiri, Sejarah Berdiri dan Produk-Produknya

Liputan6.com, Jakarta PT Bank Syariah Mandiri merupakan salah satu Bank di Indonesia yang telah berdiri sejak 1 November tahun 1999. PT Bank Syariah Mandiri merupakan hasil dari harmonisasi idealisme usaha dan nilai-nilai spiritual. PT Bank Syariah Mandiri juga merupakan salah satu pelopor berdirinya bank-bank berkonsep syariah di Indonesia.

Telah banyak diketahui, bahwa industri perbankan di Indonesia tidak hanya didominasi oleh bank yang berkonsep konvensional, tetapi bank yang berkonsep syariah juga dapat dengan mudah ditemui di Indonesia. PT Bank Syariah Mandiri merupakan salah satu bank yang berkonsep syariah di Indonesia. 

Terus berkembang dan berinovasi, PT Bank Syariah Mandiri telah melayani banyak nasabahnya, dengan menyediakan berbagai layanan dan produk perbankan yang berlandaskan pada prinsip-prinsip Islam dalam pelaksanaan operasionalnya. PT Bank Syariah Mandiri telah menjadi salah satu bank syariah terbesar di Indonesia saat ini.

Lebih lengkapnya, berikut ini ulasan PT Bank Syariah Mandiri yang Liputan6.com rangkum dari laman syariahmandiri.co.id pada Jumat (9/12/2022). Profil PT Bank Syariah Mandiri, sejarah berdirinya PT Bank Syariah Mandiri dan produk serta layanan yang ada di PT Bank Syariah Mandiri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Profil PT Bank Syariah Mandiri

Profil PT Bank Syariah Mandiri

PT Bank Syariah Mandiri didirikan pada tanggal 25 Oktober 1999 dan mulai beroperasi pada tanggal 1 November 1999. Modal dasar pendirian Bank Syariah Mandiri sebesar Rp. 2,5 triliun rupiah dengan modal disetor sebesar Rp. 1,5 triliun rupiah. Saat ini Bank Syariah Mandiri telah memiliki total kantor cabang mencapai 1.171 kantor, di luar cabang unit bisnis mikro.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 977 unit berstatus Kantor Cabang (KC) dan Kantor Cabang Pembantu (KCP) serta 194 unit berupa Kantor Kas (KK) yang semuanya tersebar di 33 provinsi di Indonesia. 

Selain itu Bank Syariah Mandiri juga memiliki jaringan ATM sejumlah 220 ATM Syariah Mandiri, 4.795 ATM Mandiri, 20,487 ATM Bersama (termasuk ATM Mandiri dan ATM BSM), 14.403 ATM Prima, 121.743 unit EDC BCA, 7.053 ATM BCA dan & 7.435 unit Malaysia Electronic Payment System (MEPS).

Sampai saat ini, hampir 100 persen saham BSM masih milik Bank Mandiri. Hanya satu lembar saham yang dimiliki oleh Mandiri Sekuritas. Ini membuktikan bahwa Bank Syariah Mandiri merupakan salah satu bank dengan prinsip syariah terbesar di Indonesia.

 

Visi dan Misi PT Bank Syariah Mandiri

Visi : Menjadi Bank Syariah Terpercaya Pilihan Mitra Usaha. 

Misi :

1. Mewujudkan pertumbuhan dan keuntungan yang berkesinambungan.

2. Mengutamakan peghimpunan dana konsumer dan penyaluran pembiayaan pada segmen UMKM.

3. Merekrut dan mengembangkan pegawai profesional dalam lingkungan kerja yang sehat.

4. Mengembangkan nilai-nilai syariah universal.

5. Menyelenggarakan operasional bank sesuai standar perbankan yang sehat.

3 dari 4 halaman

Sejarah Berdirinya PT Bank Syariah Mandiri

Sejarah Berdirinya PT Bank Syariah Mandiri

Krisis moneter dan ekonomi sejak Juli 1997, yang disusul dengan krisis politik nasional telah membawa dampak besar dalam perekonomian nasional. Krisis tersebut telah mengakibatkan perbankan Indonesia yang didominasi oleh bank-bank konvensional mengalami kesulitan yang sangat parah. 

Keadaan tersebut menyebabkan pemerintah Indonesia terpaksa mengambil tindakan untuk restrukturisasi dan rekapitalisasi sebagian bank-bank di Indonesia. Lahirnya Undamg-Undang No.10 Tahun 1988, tentang perubahan atas Undang- Undang No. 7 Tahun 1992 Tentang Perbankan, pada bulan November 1998 telah memberi peluang yang sangat baik bagi tumbuhnya bank-bank syariah di Indonesia. 

Undang- Undang tersebut memungkinkan bank beroperasi sepenuhnya secara syariah atau membuka cabang khusus syariah. PT.Susila Bakti (PT. Bank Susila Bakti) yang dimiliki Yayasan Kesejahteraan Pegawai (YKP) PT. Bank Dagang Negara dan PT. Mahkota Prestasi berupaya keluar dari krisis 1997-1998 dengan berbagai macam cara Mulai dari langkah-langkah menuju merger sampai pada akhirnya memilih konversi menjadi bank syariah dengan suntikan modal dari pemilik.

Dengan terjadinya merger empat bank (Bank Dagang Negara, Bank Bumi Daya, Bank Exim dan Bapindo) ke dalam PT. Bank Mandiri (Persero) pada tanggal 31 Juli 1999 rencana perubahan PT. Bank Susila Bakti menjadi bank syariah (dengan nama Bank Syariah Sakinah) diambil alih oleh PT. Bank Mandiri (Persero).

PT. Bank Mandiri (Persero) selaku pemilik baru mendukung sepenuhnya dan melanjutkan rencana perubahan PT. Bank Susila Bakti menjadi Bank Syariah, sejalan dengan keinginan PT. Bank Mandiri (Persero) untuk membentuk unit syariah. 

Langkah awal dengan merubah Anggaran Dasar tentang nama PT. Bank Susila Bakti menjadi PT  Bank Syariah Sakinah berdasarkan Akta Notaris: Ny. Machardani M.S. SH, No. 29 pada tanggal 19 Mei 1999. Kemudian melalui Akta No. 23 Tanggal 8 September 1999 Notaris: Sujipto, SH nama PT. Bank Syariah Sakinah Mandiri diubah menjadi PT Bank Syariah Mandiri.

Pada tanggal 25 Oktober 1999, Bank Indonesia melalui Surat Keputusan Gubernur Bank Indonesia No. 1/24/KEP.BI/1999 telah memberikan izin perubahan kegiatan usaha konvensional menjadi kegiatan usaha berdasarkan prinsip syariah kepada PT. Bank Susila Bakti. 

Selanjutnya dengan Surat Keputusan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia No. 1/1/KEP.DGS/1999 tanggal 25 Oktober 1999, Bank Indonesia telah menyetujui perubahan nama PT. Bank Susila Bakti menjadi PT Bank Syariah Mandiri.

Senin tanggal 25 Rajab 1420 H atau tanggal 1 November 1999 merupakan hari pertama beroperasinya PT Bank Syariah Mandiri. Kelahiran Bank Syariah Mandiri merupakan buah usaha bersama dari para perintis bank syariah di PT. Bank Susila Bakti dan Manajemen PT. Bank Mandiri yang memandang pentingnya kehadiran bank syariah di lingkungan PT Bank Syariah Mandiri (Persero).

PT Bank Syariah Mandiri hadir, tampil dan tumbuh sebagai bank yang memadukan idealisme usaha dengan nilai-nilai rohani yang melandasi kegiatan operasionalnya. Harmoni antara idealisme usaha dan nilai-nilai rohani inilah yang menjadi salah satu keunggulan PT Bank Syariah Mandiri dalam kiprahnya di perbankan syariah Indonesia.

PT Bank Syariah Mandiri hadir bersama membangun Indonesia menuju Indonesia yang lebih baik. PT Bank Syariah Mandiri merupakan bank yang mewujudkan suatu perkembangan ekonomi bersama masyarakat yang berlandaskan syariah dan juga berorientasi mencari laba untuk anggota dan lingkungan dalam perusahaan.

4 dari 4 halaman

Produk PT Bank Syariah Mandiri

Produk PT Bank Syariah Mandiri

PT Bank Syariah Mandiri sesuai fungsinya menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkan kepada masyarakat dalam bentuk pembiayaan, serta memberikan jasa-jasa dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

Adapun produk-produk dan layanan yang tersedia di PT Bank Syariah Mandiri adalah sebagai berikut:

1. Tabungan BSM

Tabungan dalam mata uang rupiah yang penarikan dan penyetorannya dapat dilakukan setiap saat selama jam buka kantor kas di konter BSM atau melalui ATM.

2. BSM Tabungan Dollar

Tabungan dalam mata uang dollar (USD) yang penarikan dan setorannya dapat dilakukan setiap saat atau sesuai ketentuan BSM.

3. BSM Tabungan Mabrur

Tabungan untuk individu dengan perdalam mata uang rupiah yang bertujuan membantu masyarakat muslim dalam merencanakan ibadah haji dan umroh.

4. BSM Tabunganku

Tabungan untuk individu dengan persyaratan mudah dan ringan yang diterbitkan bersama oleh bank di Indonesia yang harus dicatat dari tabunganku bsm adalah gratis biaya administrasi bulanan apabila nasabah tidak meminta fitur ATM, tapi akan dikenakan biaya Rp 2000/bulan apabila menginginkan ATM yang didesain khusus untuk tabunganku

5. BSM Tabungan Simpatik

Tabungan dalam bentuk rupiah berdasarkan pada prinsip wadiah yang penarikannya dapat dilakukan setiap saat berdasarkan syarat yang disepakati antara nasabah dan BSM

6. Tabungan BSM Investa Cendekia

Tabungan berjangka untuk keperluan pendidikan dengan jumlah setoran bulanan tetap (installment) dan dilengkapi dengan perlindungan asuransi

7. Tabungan Berencana

Tabungan berjangka yang memberikan nisbah bagi hasil berjenjang serta kepastian pencapaian target dana yang telah ditetapkan

8. Tabungan Kurban BSM

Tabungan dalam mata uang rupiah untuk membantu nasabah dalam merencanakan ibadah qurban.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS