Sukses

Apa Itu Curving dalam Percintaan? Pahami dari Makna dan Ciri-Cirinya

Liputan6.com, Jakarta Apa itu curving merupakan istilah yang baru-baru ini tengah hangat diperbincangkan oleh masyarakat. Meski tengah jadi bahan perbincangan publik, masih banyak yang belum memahami apa itu curving.

Apa itu curving adalah tindakan dalam hubungan percintaan  yang tidak menyukai pasangannya, namun ia memilih untuk tidak menyatakan penolakan atau memilih bersikap ambigu. Apa itu curving erat kaitannya dengan jalingan hubungan seorang kekasih.

Apa itu curving merupakan istilah dalam percintaan yang lebih parah dari ghosting. Ghosting sendiri dalam berhubungan artinya pasangan kamu tiba-tiba menghilang saat proses PDKT atau pendekatan.

Untuk lebih rinci, berikut ini Liputan6.com ulas mengenai apa itu curving dan ciri-cirinya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (6/12/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Apa Itu Curving

Mengutip Urban Dictionary, apa itu curving adalah jalinan pasangan kekasih yang perlahan menjadi hubungan satu arah. Sebagian besar percakapan dalam hubungan itu hanya dilakukan satu orang. Secara umum, apa itu curving adalah tindakan dalam hubungan percintaan saat pasanganmu tidak menyukaimu tetapi dia tidak berani bilang padamu, atau dia membiarkan kamu bertanya-tanya tentang perasaan dia padahal dia sebenarnya tidak ada perasaan apa-apa kamu. Curving lebih menyakitkan dari ghosting karena pelaku curving sering memberimu harapan.

Pelaku curving biasanya melakukan beberapa hal untuk melakukan penolakan dengan cara yang samar. Salah satunya, sengaja “mendiamkan” chat darimu selama berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu. Berbeda dengan ghosting yang memang sudah menghilang sama sekali, pelaku curving ini akan tiba-tiba membalas pesanmu setelah lewat beberapa hari.  Uniknya, dia justru membalas pesanmu dengan permintaan maaf dan beragam alasan yang membuatmu merasa simpati padanya.

3 dari 5 halaman

Ciri-Ciri Sikap Curving

Tindakan curving sangat menyakitkan bagi yang mengalaminya, untuk itu kamu harus lebih mengenal ciri-ciri curving supaya dapat segera menghindarinya. Berikut ini ciri-ciri curving, antara lain:

1. Menolak secara halus       

Ciri-ciri curving yang pertama yakni menolak secara halus. Biasanya pelaku curving tidak langsung menyatakan bahwa ia tidak menyukai kamu, namun dengan tindakan penolakan secara halus. Seperti lama membalas chat darimu atau menolak saat diajak nonton berdua. Mereka akan memulai penolakan itu dengan menggunakan kata-kata manis dan banyak berasalan.

2. Mempermainkan perasaanmu

Ciri-ciri curving yang selanjutnya adalah mempermainkan perasaanmu. Biasanya pelaku curving akan berperilaku manis dan menggunakan kata-kata manis saat memulai percakapan denganmu. Bahkan pelaku curving akan mengajakmu berkencan, namun tiba-tiba membatalkan janji temu dengan kalian. Tak jarang pelaku curving juga berkata bahwa merindukanmu, namun tiba-tiba tak membalas pesanmu lagi.

3. Takut kehilangan penggemar

Ciri-ciri curving yang lainnya yakni takut kehilangan penggemar. pelaku curving lebih sering menggantung perasaanmu agar dia tidak kehilanganmu atau kamu malah mengalihkan rasa sukamu ke orang lain. Mereka takut membuat kehilangan minat pada mereka, itu sebabnya mereka sesekali memberimu harapan atas hubungan kalian.

4 dari 5 halaman

Istilah Lain dalam Bahasa Gaul

1. Humble

Humble adalah istilah bahasa Inggris yang berarti rendah hati dalam bahasa Indonesia. Kata ini biasanya digunakan untuk menggambarkan seseorang yang walaupun sudah terkenal atau banyak harta, namun memiliki sifat yang tidak sombong dan tetap rendah hati.

2. Bae

Bae memiliki arti mirip dengan baby artinya adalah kekasih, kesayangan atau belahan jiwa.

3. Worth it

Worth it artinya adalah setimpal, sepadan, atau layak.

4. Ghosting

Arti ghosting dalam bahasa gaul adalah menghilang secara tiba-tiba tanpa kontak sama sekali.

5. Down to earth

Menggambarkan sifat sederhana dan apa adanya.

6. Simp

Simp artinya sesorang yang melakukan terlalu banyak usaha untuk orang yang mereka sukai. Atau jika disederhanakan, tergila-gila. 

7. High-key dan Low-key

Low-key artinya dengan tenang atau rahasia. Kamu mungkin sering mendengar kalimat, "Keep it low-key" (Jaga ini sebagai rahasia). Sementara itu, high-key kebalikannya. "I high-key want to be there right now," (Aku sangat ingin berada di sana sekarang).

8. Hypebeast

Hypebeast digunakan untuk menggambarkan seseorang yang terlalu peduli pada hal-hal yang populer. 

9. Hang out

Artinya menghabiskan waktu bersama teman seperti jalan-jalan atau berlibur

10. Creep atau creepy

Menggambarkan orang yang aneh atau menyebalkan. Contoh “that man is such a creep, don’t be around him” artinya “orang itu sangat aneh, jangan dekat-dekat dia”

5 dari 5 halaman

Istilah Lain dalam Bahasa Gaul

11. BRB: Adalah singkatan gaul bahasa Inggris yang kepanjangannya adalah Be Right Back. Singkatan BRB ini umumnya digunakan untuk menginformasikan ketika kita ingin meninggalkan percakapan untuk sementara waktu.

12. BTW: Merupakan singkatan gaul yang sudah sering digunakan. BTW memiliki kepanjangan By The Way. Istilah gaul BTW sama juga artinya dengan istilah ‘ngomong-ngomong’.

13. CMIIW: adalah singkatan gaul bahasa Inggris yang sering digunakan di platform media sosial. Kepanjangan kata ini adalah Correct Me If I’m Wrong, yang jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia dapat berarti ‘koreksi jika saya salah’.

14. COD: Adalah singkatan gaul yang banyak digunakan di kalangan anak muda zaman sekarang. Kata ini memiliki kepanjangan Cash On Delivery, yang dalam bahasa Indonesia artinya adalah ‘bayar di tempat’.

15. DM: Merupakan singkatan dari Direct Message, atau pesan yang dikirim langsung melalui fitur pesan di aplikasi instagram.

16. DIY: singkatan dari Do It Yourself, artinya lakukan sendiri atau sesuai keinginanmu.

17. FYI: Adalah singkatan gaul bahasa Inggris yang kepanjangannya adalah For Your Information. Kata ini biasa digunakan di media sosial untuk memberitahu tambahan informasi.

18. GG atau GGWP: Merupakan singkatan dari Good Game atau Good Game, Well Played. Singkatan ini biasa digunakan oleh para gamer setelah pertandingan dengan orang lain secara online usai. Kata ini digunakan buat menunjukkan sikap sportif.

19. GWS: Singkatan dari kalimat bahasa inggris Get Well Soon, yang berarti semoga cepat sembuh.

20. ASAP: Adalah singkatan gaul bahasa Inggris yang sering digunakan oleh anak muda yang berarti As Soon As Possible. Kata gaul ini biasanya digunakan untuk menganjurkan kepada teman untuk melakukan sesuatu sesegera mungkin.

21. 4EAE: singkatan dari Forever and Ever yang artinya selama-lamanya.

22. AFAIK: singkatan dari As Far As I Know, artinya sepengetahuanku atau sejauh yang aku tahu.

23. AKA: singkatan dari As Known As, artinya dikenal juga atau alias.

24. Anw: singkatan dari Anyway, artinya ngomong-ngomong.

25. b/c: singkatan dari because, artinya karena.

26. IDK: singkatan dari I Don’t Know, artinya aku tidak tahu.

27. IKR: singkatan dari I Know, Right? artinya aku tahu, kan?

28. IMO: singkatan dari In My Opinion, artinya menurutku.

29. IYKWIM: singkatan dari If You Know What I Mean, artinya kalau kamu tahu maksudku.

30. J/K: singkatan dari Just Kidding, artinya hanya bercanda

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS