Sukses

Resign Artinya Mengundurkan Diri dari Pekerjaan, Ketahui Faktor Pendukungnya

Liputan6.com, Jakarta Resign artinya mengundurkan diri, serta memilih untuk mengakhiri kontrak kerja dengan sebuah organisasi, kantor atau bahkan perusahaan. Ketika memilih untuk resign, maka Anda akan melepaskan semua tanggung jawab pekerjaan, gaji, hingga berbagai tunjangan yang diperoleh saat bekerja. 

Resign artinya menyerah dan mengundurkan diri ini, biasanya dilakukan karena berbagai faktor yang mempengaruhi. Alasan yang sering muncul ketika ingin resign adalah, mengembangkan diri, gaji yang kurang untuk memenuhi kebutuhan hidup, budaya tempat kerja, konflik di kantor, jarak tempat tinggal, atau ditawarkan pada posisi yang lebih menguntungkan.

Resign artinya berhenti dari pekerjaan ini, umumnya dilakukan dengan pertimbangan yang matang. Saat mengambil sebuah keputusan untuk resign, tidak bisa asal-asalan apalagi jika meninggalkan dengan kesan yang buruk. Anda juga harus menyiapkan alasan yang tepat, juga informasi resign dilakukan dua minggu sebelum meninggalkan tempat kerja. 

Keputusan untuk resign harus dilakukan dengan cara yang tepat, profesional, dan tetap bertanggung jawab. Berikut ini arti resign yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (6/12/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Mengenal Arti Resign

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, resign artinya mengundurkan diri, menyerah, dan berhenti. Sehingga umumnya resign dilakukan oleh pekerja atau karyawan yang ingin mengakhiri hubungan kerja pada perusahaan terkait. Ketika Anda memilih untuk resign dari pekerjaan yang sedang Anda geluti, maka secara otomatis Anda melepas semua tanggung jawab yang berkaitan dengan pekerjaan.

Ketika Anda memilih untuk resign, Anda akan kehilangan sejumlah tunjangan yang diberikan oleh perusahaan, seperti asuransi kesehatan, dan berbagai tunjangan lainnya. Seseorang memilih untuk resign, biasanya dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik itu jenjang karier, budaya kerja, pelatihan dan masih banyak lagi. 

Adapun kata resign berasal dari bahasa Inggris, yang berarti pengunduran diri. menyerah. dan berhenti. Sehingga istilah resign, kerap digunakan oleh karyawan atau pegawai yang ingin mengakhiri hubungan kerja dengan perusahaan terkait.

 

 

3 dari 4 halaman

Faktor Pendukung Resign

Terdapat beberapa faktor pendukung seseorang ingin resign dari pekerjaan yang sedang digeluti. 

- Mendapatkan pekerjaan baru

Umumnya seseorang yang memilih untuk resign dari pekerjaan, karena mendapatakan posisi dan pekerjaan baru. Hal ini karena pekerjaan baru, bisa menawarkan gaji yang lebih tinggi, lebih banyak peluang untuk pertumbuhan karier, atau posisi senior di bidang yang diminati.

- Sedang mendaftar di program gelar atau pelatihan

Faktor resign berikutnya Anda sedang ikut dalam pelatihan atau program khusus, dan beberapa program memerlukan partisipasi penuh waktu. Keputusana ini biasanya dipilih sebagian orang, untuk mengejar gelar yang lebih tinggi atau sertifikasi pelatihan. Ketika Anda mengundurkan diri untuk meningkatkan kemampuan profesional, namun tertarik untuk kembali ke perusahaan, tanyakan kepada manajer Anda tentang kebijakan perusahaan tentang perekrutan kembali.

- Memilih untuk fokus pada kehidupan pribadi

Ada sebagaian orang yang memutuskan untuk fokus pada kehidupan pribadi, dan ini menjadi salah satu faktor pendukung resign. Umumnya wanita yang baru menikah, dan memilih untuk mengikuti suami ke tempat tugas baru, atau lebih fokus pada tanggung jawab yang lain. 

- Memutuskan untuk mengubah karier

Ada banyak orang mengubah karier, karena mereka belajar lebih banyak tentang minat, kekuatan, dan tujuan mereka. Bagi Anda yaang ingin memutuskan untuk melakukan perubahan karier, maka bisa dengan melakukan penelitian, atau wawancara pengantar saat bekerja di pekerjaan yang sedang Anda geluti saat ini.

- Memiliki alasan lain

Faktor seseorang memutuskan untuk resign, biasanya karena banyak alasan lain salah satunya tidak cocok untuk karena alasan kesehatan, jarak tempat tinggal dan kantor yang terlalu jauh, budaya kerja yang tidak cocok, atau alasan lainnya. 

 

4 dari 4 halaman

Cara Mengajukan Pengunduran Diri

Terdapat beberapa langkah umum, yang bisa Anda lakukan untuk mengundurkan diri dari pekerjaan yang sedang digeluti. 

1. Pelajari tentang kebijakan perusahaan

Melansir dari laman indeed, cara atau langkah untuk mengundurkan diri bisa dilakukan dengan mempelajari kebijakan perusahaan. Ketika meninggalkan pekerjaan, maka lebih baiknya bagi Anda untuk mencari tahu ekspektasi dan timeline karyawan di perusahaan, kemudian memilih untuk mengundurkan diri.

2. Berikan pemberitahuan dua minggu

Ketika ingin resign dari pekerjaan Anda, maka berikan pemberitahuan dua minggu, kepada pemberi kerja jika Anda berencana mengundurkan diri dari posisi Anda saat ini. Setelah Anda menerima posisi baru atau memutuskan untuk keluar karena alasan lain, maka lebih baik untuk memberi tahu atasan Anda tentang keputusan dua minggu sebelum hari terakhir Anda berencana untuk bekerja. Pemberitahuan juga bisa Anda sampaikan secara lisan kepada penyelia, atau bisa juga Anda sampaikan melalui perantara email. 

3. Tulis surat pengunduran diri

Setelah menyampaiakan secara lisan mauoun tertulis, maka langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah menulis surat pengunduran diri. Tulislah surat pengunduran diri secara singkat, dengan menunjukkan tanggal efektif pengunduran diri dan tanda tangan Anda. Biasanya masing-masing kantor memiliki formulir khusus, yang bisa Anda gunakan untuk mengisi tentang pengunduran diri. Umumnya surat yang Anda tulis, bisa secara rinci Anda menjelasakan alasan Anda untuk pergi. Seorang supervisor dapat menandatangani formulir ini, dan menunjukkan apakah Anda memenuhi syarat untuk dipekerjakan kembali jika Anda memutuskan untuk kembali ke perusahaan di masa mendatang. 

4. Selesaikan wawancara keluar

Setelah menulis surat resign, maka langkah selanjutnya ada wawancara keluar yang dapat memberi Anda kesempatan untuk berbagi umpan balik tentang pengalaman, selama bekerja di perusahaan dengan anggota tim SDM. Setiap perusahaan atau kantor memiliki kriteria dan aturan khusus, namun biasanya pertemuan ini dapat dilakukan secara langsung atau secara virtual.

5. Selesaikan tugas akhir Anda

Setelah mengajukan pengunduran diri, maka Anda bisa menyelesaikan pekerjaan yang tertunda, atau yang bisa diselesaikan sebelum resign. 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS