Sukses

Sosok Imam Mahdi dalam Islam Menurut Al-Qur’an dan Hadis, Ini 8 Ciri Fisiknya

Liputan6.com, Jakarta - Siapa itu Imam Mahdi? Dalam Islam, Imam Mahdi adalah sosok pemimpin atau khalifah yang bisa menyelamatkan umat di akhir zaman dari kesengaraan dan kezaliman sebelum kiamat datang.

Imam Mahdi adalah gelar yang diberikan pada seseorang. Dalam Al-Qur’an dan hadis, sosok Imam Mahdi bisa dikenali atau diamati secara fisik. Imam Mahdi berkulit putih, dahinya lebar, dan berhidung mancung.

“Al-Mahdi dari keturunanku, dahinya lebar, hidungnya mancung. Dia akan memenuhi bumi dengan keadilan, sebagaimana bumi telah dipenuhi dengan kezaliman dan kekejaman sebelumnya. Dia akan berkuasa selama tujuh tahun”. (HR. Daud 3736)

Sosok Imam Mahdi adalah pemimpin bijaksana, dermawan, dan berjiwa patriotisme. Dalam beberapa riwayat, ada yang menyebutkan sosok Imam Mahdi akan mirip dengan Nabi Muhammad SAW.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang sosok Imam Mahdi dalam Islam menurut Al-Qur’an dan hadis, Jumat (2/12/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Sosok Imam Mahdi dalam Islam Menurut Al-Qur’an dan Hadis

Imam Mahdi dalam Islam adalah sosok penyelamat di akhir zaman sebelum hari kiamat datang. Imam Mahdi menurut Al-Qur’an dan hadis, akan memimpin umat nabi Muhammad SAW selama tujuh atau sembilan tahun.

Dari Abu Said al-Khudri, Rasulullah SAW bersabda:

“Dia akan memimpin umatku selama tujuh tahun atau sembilan tahun. Pada zaman itu, umatku akan mendapat kenikmatan yang belum pernah mereka rasakan sebelumnya.” (HR. Ibnu Majah 4073)

Secara bahasa, dalam buku berjudul Kamus Ilmiah Populer oleh Achmad Maulana, secara bahasa Imam Mahdi adalah berasal dari kata Imam yang artinya pemimpin sholat, dan kata Mahdi yang artinya pelindung atau penunjuk jalan.

“Aku kabarkan berita gembira mengenai Al-Mahdi yang diutus Allah ke tengah ummatku ketika banyak terjadi perselisihan antar-manusia dan gempa-gempa. Ia akan penuhi bumi dengan keadilan dan kejujuran sebagaimana sebelumnya dipenuhi dengan kesewenang-wenangan dan kezaliman.” (HR. Ahmad 10898)

Sosok Imam Mahdi sebagai juru selamat di akhir zaman, akan menyelamatkan umat manusia dari kesengsaraan di dunia, kekejaman di dunia, dan ketidakadilan yang ada di dunia. Imam Mahdi adalah sosok pembawa kedamaian dan kebahagiaan selama hidup di dunia.

“Ketika kalian melihatnya (kehadiran Imam Mahdi), maka berbai’at-lah dengannya walaupun harus merangkak-rangkak di atas salju karena sesungguhnya dia adalah Khalifatullah Al-Mahdi.” (HR. Abu Dawud 4074)

Kehadiran sosok Imam Mahdi dalam Islam menurut Al-Qur’an dan hadis, akan disertai dengan tiga peristiwa penting dan bersejarah bagi umat manusia. Munculnya Imam Mahdi akan dimulai ketika ada perselisihan yang berkepanjangan sesudah kematian seorang pemimpin suatu negero.

Kemudian, akan dibai’at seorang laki-laki (disebut Imam Mahdi) dengan terpaksa di depan Ka’bah. Tanda kemunculan Imam Mahdi yang terakhir, ketika ada pasukan yang akan menangkap Imam Mahdi maka Allah SWT akan membenamkan seluruhnya dan menyisakan satu atau dua orang yang melaporkan kepada mereka.

“Akan terjadi perselisihan setelah wafatnya seorang pemimpin, maka keluarlah seorang lelaki dari penduduk Madinah mencari perlindungan ke Mekkah, lalu datanglah kepada lelaki ini beberapa orang dari penduduk Mekkah, lalu mereka membai’at Imam Mahdi secara paksa, maka ia dibai’at di antara Rukun dengan Maqam Ibrahim (di depan Ka’bah). Kemudian diutuslah sepasukan manusia dari penduduk Syam, maka mereka dibenamkan di sebuah daerah bernama Al-Baida yang berada di antara Mekkah dan Madinah.” (HR. Abu Dawud 3737)

3 dari 3 halaman

Sosok Imam Mahdi Secara Fisik Menurut Al-Qur’an dan Hadis

Imam Mahdi adalah sosok yang bisa dikenali secara fisik, karena ia berasal dari anak keturunan Nabi Muhammad SAW. Begini sosok Imam Mahdi secara fisik menurut Al-Qur’an dan hadis yang dimaksudkan:

1. Imam Mahdi memiliki bentuk dahi yang lebar.

2. Imam Mahdi memiliki hidung yang mancung.

“Al-Mahdi dari keturunanku, dahinya lebar, hidungnya mancung. Dia akan memenuhi bumi dengan keadilan, sebagaimana bumi telah dipenuhi dengan kezaliman dan kekejaman sebelumnya. Dia akan berkuasa selama tujuh tahun”. (HR. Daud 3736)

3. Imam Mahdi memiliki warna kulit khas Timur atau Arab yang putih.

4. Imam Mahdi memiliki bentuk badan khas Barat yang seperti orang Bani Israel.

“Al-Mahdi dari anak keturunanku, bagai bintang kejora, warna kulitnya kearab-araban dan bentuk badannya seperti Bani Israel . Beliau akan memenuhi bumi dengan keadilan, setelah bumi dipenuhi kezaliman. Para penghuni langit dan bumi serta burung-burung di udara rela dengan kepemimpinan/kekhalifahannya. Ia berkuasa selama dua puluh tahun.” (Ibnu Hajar, Al-Sawaa’iq Al-Muharrafah, 2/475).

5. Imam Mahdi memiliki kepribadian yang sangat baik, bijaksana, berbudi luhur, dan bermoral.

6. Imam Mahdi memiliki jiwa yang sangat santun, murah hati, dan dermawan.

Dari Abu Said al-Khudri, Rasulullah SAW bersabda:

“Imam Mahdi akan keluar dari generasi akhir umatku. (Di saat pemerintahannya) Allah swt menurunkan banyak hujan, dan bumi mengeluarkan banyak tumbuhan. Dia memberikan harta dengan adil, hewan ternak menjadi banyak, dan umat manusia menjadi mulia. (al-Hakim dalam kitabnya “al-Mustadrak” 8673, ia mengatakan: Hadis ini sanadnya sahih, dan disepakati oleh imam al-Zahabi).

7. Imam Mahdi memiliki pendirian jujur, adil, dan ikhlas untuk berjuang dan menegakkan keadilan.

8. Imam Mahdi memiliki jiwa patriotisme untuk memerangi segala sesuatu yang tidak benar atau kemungkaran.

Dari Ibnu Mas’ud ra berkata, Rasulullah SAW bersabda:

“Akan keluar seseorang daripada keluargaku, namanya sama dengan namaku, akhlaknya sama dengan akhlakku. Dia akan memenuhi bumi dengan keadilan sebagaimana telah dipenuhi dengan kezaliman dan penyimpangan”. (Sahih Ibnu Hibban 6825)

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS