Sukses

15 Manfaat Kunyit untuk Kecantikan, Mencerahkan dan Memutihkan Secara Alami

Liputan6.com, Jakarta Manfaat kunyit untuk kecantikan telah lama dikenal dan digunakan oleh banyak orang sejak zaman dahulu. Memiliki sejumlah kandungan nutrisi yang baik untuk kulit, manfaat kunyit untuk kecantikan efektif tidak hanya mencerahkan kulit namun juga merawatnya agar tetap sehat.

Manfaat kunyit untuk kecantikan terutama didapat dari kandungan kurkumin di dalam kunyit yang bersifat antioksidan dan antiinflamasi. Dua sifat ini dipercaya dapat mencegah dan mengobati berbagai masalah kulit, terutama yang disebabkan oleh infeksi.

Banyak penelitian yang telah membuktikan manfaat kunyit untuk kecantikan. Telah teruji secara ilmiah, kunyit menjadi salah satu bahan alami yang digemari untuk merawat kulit dan karena berasal dari bahan yang alami, perawatan kulit berbasis kunyit merupakan perawatan kulit tanpa efek samping yang aman untuk semua jenis kulit.

Lebih lengkapnya, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber tentang beberapa manfaat kunyit untuk kecantikan, Senin (28/11/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Manfaat Kunyit untuk Kecantikan

1. Mencerahkan Kulit

Manfaat kunyit untuk kecantikan yang pertama adaha mencerahkan kulit. Kunyit adalah bahan antioksidan kuat yang dapat mengurangi bintik hitam, noda dan hiperpigmentasi. Kunyit sering digunakan sebagai bahan dasar untuk masker wajah. Hal ini dilakukan untuk menambah kilau alami pada kulit. Sifat antioksidan dan anti-inflamasi dalam kunyit memberi kilau pada kulit dan menghidupkannya kembali dengan mengeluarkan cahaya alami. 

2. Mengobati Jerawat

Bakteri Cutibacterium acnes dapat menyebabkan jerawat jenis lesi pada kulit Anda. Kunyit bisa sangat bagus untuk mengobati jerawat jenis ini. Sebuah studi di PharmaTutor menunjukkan bahwa komponen aktif dalam kunyit yang disebut kurkumin memiliki sifat antioksidan kuat yang dapat melawan acne vulgaris. Sifat anti-inflamasi kunyit mengurangi peradangan kulit dan akhirnya menyembuhkan kulit. 

3. Membantu Mengatasi Dermatitis Atopik

Dermatitis atopik adalah salah satu jenis eksim. Menurut The American Academy of Dermatology, banyak orang dewasa sering mengalami dermatitis atopik, terutama di sekitar mata. Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2015 menyimpulkan bahwa kombinasi kunyit, pegagan India, dan kenari efektif melawan eksim. Meskipun tidak banyak penelitian atau studi ilmiah yang tersedia untuk membuktikan khasiat kunyit untuk eksim, ada bukti anekdotal yang menjamin keefektifan kunyit.

4. Memperlambat Penuaan Kulit

Kulit sering terpapar sinar UV dan polusi lingkungan. Hal ini mengganggu keseimbangan minyak alami kulit dan kulit mulai kehilangan elastisitas yang muncul sebagai tanda penuaan seperti garis halus, kerutan, bintik penuaan dan lain sebagainya. Demikian pula, radikal bebas merusak sel kulit dan mempercepat proses penuaan. Curcumin menjadi senyawa antioksidan tinggi meningkatkan produksi kolagen dan memperkuat elastisitas kulit.

5. Membantu Mengatasi Psoriasis

Psoriasis juga dapat terjadi pada wajah. Ini adalah kondisi kulit yang membuat kulit Anda tebal dan sangat kering. Ini mengobarkan kulit wajah dan menyebabkan iritasi parah. Para ahli menemukan bahwa kunyit dapat bermanfaat untuk mengobati psoriasis wajah. Menjadi antimikroba dan anti-inflamasi, kunyit dapat membunuh bakteri penyebab psoriasis dan mengurangi peradangan kulit.

3 dari 4 halaman

Manfaat Kunyit untuk Kecantikan

6. Mengurangi Lingkaran Hitam

Lingkaran hitam di sekitar mata adalah masalah kulit yang umum. Kurang tidur, makan tidak sehat, hiperpigmentasi, atau menghabiskan terlalu banyak waktu di depan komputer atau ponsel dapat menyebabkan lingkaran hitam di bawah mata. Sebagai agen pencerah, kunyit bermanfaat bagi kulit dengan meminimalkan munculnya lingkaran hitam dan meningkatkan sirkulasi, sehingga mengurangi bengkak dan mencerahkan kulit di sekitar mata.

7. Melembabkan Kulit Kering

Kulit kering di musim dingin adalah skenario yang biasa. Ini bisa membuat kulit tampak kusam dan dehidrasi. Tapi dengan kunyit, anda bisa meredakannya. Menerapkan produk perawatan kulit yang diresapi kunyit atau masker atau paket kunyit buatan sendiri sangat membantu untuk melembabkan kulit. Ini meningkatkan proses pengangkatan sel kulit mati sehingga sel kulit baru dapat beregenerasi.

8. Kudis

Manfaat kunyit untuk kecantikan selanjutnya adalah mencegah adanya kudis. Kudis adalah infestasi tungau gatal mikroskopis manusia yang bersembunyi di bawah lapisan atas kulit. Gejalanya meliputi ruam dan rasa gatal yang parah. Dua obat yang paling umum digunakan untuk mengobati kudis adalah krim permetrin dan ivermectin oral. Selain itu kunyit juga telah terbukti mengurangi tingkat kelangsungan hidup tungau, tidak seperti permethrin dan ivermectin.

9. Memutihkan Kulit

Manfaat kunyit untuk kecantikan yang berikutnya adalah dapat memutihkan kulit. Kunyit dapat mengurangi bercak gelap dan meratakan warna kulit. Hal ini karena antioksidan kuat dan senyawa anti-inflamasi dalam campuran Kunyit untuk meningkatkan kesehatan alami kulit. Sebuah penelitian yang dilakukan baru-baru ini menunjukkan bahwa penggunaan lotion berbahan dasar kunyit dapat mencerahkan kulit hanya dalam waktu tiga minggu. 

10. Mengurangi Munculnya Stretch Mark

Manfaat kunyit untuk kecantikan yang selanjutnya adalah mengurangi munculnya stretch mark. Stretch mark di perut, lengan, atau kaki bisa sangat sulit diobati, tetapi kunyit akan membantu meringankannya. Antioksidan dalam Kunyit menembus ke dalam kulit dan meningkatkan fungsi sel membran. Proses ini membantu meringankan munculnya stretch mark.

4 dari 4 halaman

Manfaat Kunyit untuk Kecantikan

11. Mengatur Sekresi Minyak

Kulit berminyak adalah hasil dari kelenjar sebaceous hiperaktif yang menghasilkan sebum berlebih. Hiperaktif sering dipicu oleh ketidakseimbangan hormon dalam tubuh selama masa pubertas, kehamilan, stres atau menopause. Kurkumin dalam kunyit memiliki kemampuan untuk menghambat produksi lipid dalam sebosit sehingga mengatur sekresi minyak pada kulit. Karena sifatnya yang panas dan sepat, kunyit menenangkan dan membantu menyeimbangkan kondisi kulit berminyak.

12. Menghilangkan Racun

Manfaat kunyit untuk kecantikan yang selanjutnya adalah menghilangkan racun. Dalam metode penyembuhan tradisional, kunyit digunakan untuk melancarkan pembuluh darah dan meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Kunyit juga digunakan oleh praktisi untuk melepaskan kelebihan akumulasi kotoran dalam tubuh dan membuang racun yang bertanggung jawab atas berbagai kondisi kulit dan kesehatan.

13. Menyembuhkan Kondisi Peradangan Kronis Pada Kulit

Meskipun penyakit radang kronis tidak dapat disembuhkan, serangannya dapat dicegah selama berbulan-bulan dengan perawatan yang tepat. Kurkumin dalam kunyit dikenal karena kemampuannya untuk menghambat sitokin pro-inflamasi seperti interleukin-1 (IL-1), interleukin-6 (IL-6) dan lainnya bersama dengan TNF-ɑ, mediator inflamasi yang bertanggung jawab untuk memicu atopik. dermatitis dan psoriasis.

14. Mengobati Infeksi Kulit

Karena sifat antimikroba kunyit sering digunakan sebagai pengawet makanan untuk menghambat pertumbuhan berbagai strain bakteri gram positif dan gram negatif seperti Salmonella typhi, Staphylococcus aureus dan lain-lain. Curcumin digunakan dalam banyak produk farmasi karena kemampuannya menembus membran bakteri dan menghancurkan sel bakteri. Tidak hanya bakteri, kurkumin juga efektif melawan infeksi virus dan jamur pada kulit. 

15. Mengelola Sensitivitas Kulit

Manfaat kunyit untuk kecantikan  yang terakhir adalah untuk membantu mengelola dan merawat sensitivitas pada  kulit. Yang artinya kunyit dapat membantu meredakan iritasi kulit dan gatal-gatal. Kemudian dengan sifat anti-inflamasinya, kunyit juga adalah pengobatan yang sempurna untuk berbagai alergi kulit.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS