Sukses

6 Wisata Gili Trawangan yang Wajib Dikunjungi, Surga Terindah di Lombok

Liputan6.com, Jakarta Wisata Gili Trawangan menjadi surga terbaik dan terindah di Lombok. Gili Trawangan merupakan satu dari tiga pulau kecil (gili) yang berada di sebelah barat laut Lombok. Pulau ini sangat cocok dijadikan berlibur karena pulaunya yang asri dan tenang.

Wisata Gili Trawangan memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Keindahan alamnya mempu menghipnotis para pengunjung baik lokal maupun mancanegara untuk datang ke Gili Trawangan. Gili Trawangan merupakan pulau terbesar dari gili-gili di sekitarnya. 

Tempat wisata Gili Trawangan membuat pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas seperti menyelam, kulineran, menikmati cahaya matahari, menaiki kapal, berkuda, hingga bersepeda menyusuri pulau.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai wisata Gili Trawangan yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (23/11/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Wisata Gili Trawangan yang Wajib Dikunjungi

1. Aktivitas Diving

Gili Trawangan terkenal dengan keindahan bawah lautnya. Di sini Anda dapat menemukan aneka jenis ikan, koral, dan terumbu karang yang sangat indah. Berbagai celah dan karang dapat dieksplorasi di pulau ini. Tak mengherankan lagi Gili Trawangan menjadi sasaran para penyelam.

Terdapat banyak titik selam di kawasan ini. Terdapat banyak titik selam di pulau ini seperti Simons Reef, Deep Turbo, Trawangan Slope, Coral Fan Garden, Shark Point, Bounty Reef, Halik Reed, Jack Point dan lainnya.

Gili Trawangan menawarkan beberapa tipe diving, seperti shark diving see, UV night dive, freediving, hingga marine walk. Tersedia pula pilihan kayak transparan yang bisa disewa dengan kisaran harga mulai Rp300.000.

Salah satu titik selam terkenal adalah Shark Point yang berupa situs terbuka dengan serangkaian terumbu karang dengan lereng menurun. Di pulau ini pengunjung juga bisa menemui hiu whitetip, hiu blacktip, dan mungkin juga hiu abu-abu. Ikan pari penyu, dan bumphead parrotfish juga kerap terlihat di perairan ini.

2. Menikmati Panorama Pantai

Gili Trawangan memiliki luas sekitar 340 hektar, panjang 3 km dan lebar 2 km. Gili Trawangan memiliki pantai pasir putih yang membentang dari timur ke barat. Dari sepanjang pantai di Gili Trawangan Anda bisa menyaksikan sekalugus sunrise dan sunset di satu pantai. Panorama sunrise dan sunset di pulau ini sudah terkenal keindahannya.

Pantai di Gili Trawangan juga terkenal dengan airnya yang sangat jernih dengan gradasi biru kehijauan. Tak cuma itu, pesona bawah laut pantai ini juga tak mengecewakan. Selain itu, kamu juga berenang di lautnya yang asri dan bersih itu.

Saat menyelam, kamu bisa melihat keindahan ekosistem laut. Saat keluar dari permukaan laut, kamu akan disajikan pemandangan perbukitan di ujung pantai. Perlu diingat, di sana ada larangan pakai bikini di beberapa kawasan, salah satunya di Jalan Ilis. Baiknya kamu patuhi aturan tersebut untuk menghormati budaya setempat.

3 dari 5 halaman

Wisata Gili Trawangan yang Wajib Dikunjungi

3. Bersepeda di Pinggir Pantai

Karena pulau ini bebas dari kendaraan bermotor, bersepeda adalah pilihan tepat menyusuri Gili Trawangan. Kamu bisa bersepeda di pagi atau sore hari menikmati keasrian pulau dengan udara segar bebas polusi, kamu menyewa sepeda dengan harga terjangkau. Sambil bersepeda di pinggir pantai, jangan lupa untuk berhenti sejenak menikmati pemandangan pantai Gili Trawangan yang menakjubkan.

4. Berkeliling dengan Cidomo

Ketika ke pulau ini rasanya tak lengkap jika tidak merasakan naik Cidomo. Cidomo merupakan transportasi tradisional khas Lombok dan Kepulauan Gili. Cidomo merupakan singkatan dari cikar, dokar, dan mobil. Cidomo mirip dengan delman di pulau Jawa. Yang lebih menarik, cidomo menggunakan roda mobil bekas alih-alih roda kayu seperti delman. Dengan menaiki cidomo, kamu akan diajak mengelilingi dan menelusuri keindahan Gili Trawangan.

4 dari 5 halaman

Wisata Gili Trawangan yang Wajib Dikunjungi

5. Berkuda

Di Gili trawangan juga ada istal tempat pacuan kuda, yang terkenal adalah Sunset Stables dan Stud Stables. Mengendarai kuda di tempat seindah Gili Trawangan pasti akan sangat mengasyikkan. Wisata Gili Trawangan ini membuat pengalaman liburanmu menjadi seru dan berkesan. Selain itu, kamu juga bisa mandi bersama kuda dibibir pantai. Biasanya pemandu kuda akan mengajak kamu ke tengah pantai yang memiliki air dangkal.

6. Konservasi Penyu

Tak jauh dari pelabuhan Gili Trawangan, wisatawan dapat menemukan area konservasi penyu. Warga di Gili Trawangan memang memiliki tradisi pelestarian penyu. Pantai di Gili Trawangan merupakan salah satu habitan asli penyu.

Konservasi penyu ini kerap menjadi pusat perhatian wisatawan mancanegara. Di tempat ini telur penyu dieramkan sampai menetas menjadi tukik di kandang. Setelah menetas, tukik-tukik dipindahkan ke dalam kolam perawatan. Tukik-tukik kemudian dipelihara selama 6-8 bulan hingga siap dilepas ke laut terbuka. Wisata Gili Trawangan ini bisa jadi rekomendasi wisata edukasi bagi anak-anak.

5 dari 5 halaman

Aktivitas yang Bisa Dilakukan di Gili Trawangan

1. Water Sport

Di kawasan pantai kamu juga bisa menikmati pengalaman water sport. Terdapat wahana air seperti banana boat dan jet sky. Water sport ini cocok bagi liburan keluarga.

2. Berwisata Kuliner

Tak lengkap rasanya jika kamu hanya menikmati pemandangan alam tanpa mencoba makanan enak yang ada di Gili Trawangan. Sesekali sempatkanlah berjalan-jalan ke kafe untuk berburu makanan lezat di pulau ini. Kebanyakan kafe memang menjual makanan asing, diantaranya menu makanan cina, menu makanan Italia, dan masih banyak lainnyal. Tapi jika kamu tidak suka dengan menu-menu tersebut, jalan-jalan saja di tempat yang banyak terdapat pedagang kaki lima dan kamu pun bisa menikmati es krim di pinggir jalan, jus, rujak, ataupun makanan yang tak kalah enak lainnya.

3. Tour Glass Bottom Boat

Apabila kamu senang melihat keindahan alam bawah laut tapi tidak bisa Snorkeling, kamu bisa mencoba Tour Glass Bottom Boat. Boatman akan mengajak kamu menuju lokasi spot-spot cantik yang masih alami tempat berkumpulnya ikan-ikan lucu. Kamu bisa melihat kehidupan bawah laut dari atas perahu yang di bawahnya transparan atau dari kaca, sehingga memudahkan kamu melihat dasar laut Gili Trawangan yang indah. 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS