Sukses

16 Wisata Bromo Malang yang Wajib Dikunjungi, Pilihan Menarik untuk Liburan Singkat

Liputan6.com, Jakarta Daya tarik Gunung Bromo sudah tidak perlu diragunkan lagi, bahkan sudah termahsyur hingga ke manca negara. Gunung Bromo berada di empat wilayah kabupaten, yakni Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Malang.

Dengan kata lain, untuk bisa menikmati Gunung Bromo bisa melalui empat wilayah yang berbeda, salah satunya Wisata Bromo Malang. Ada banyak tempat wisata Bromo Malang yang bisa menjadi opsi menarik untuk dikunjungi.

Sebagian besar tempat wisata Bromo Malang memang menawarkan daya tariknya berupa pemandangan yang indah. Namun tidak hanya itu saja, kamu bisa melakukan berbagai macam kegiatan di tempat wisata Bromo Malang, antara lain menikmati sunrise, berpetualan, camping, dan sebagainya.

Menariknya lagi, kamu bisa menikmati sejumlah tempat wisata Bromo Malang ini tanpa menghabiskan waktu lama. Jadi, jika kamu berencana untuk mengambil liburan singkat, wisata Bromo Malang bisa menjadi pilihan menarik. Lalu tempat wisata Bromo Malang apa saja yang bisa kamu kunjungi? Berikut daftarnya, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Sabtu (19/11/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

1. Gunung Bromo

Gunung Bromo adalah tujuan utama dari wisata bromo Malang. Amat disayangkan jika tidak mengunjungi gunung yang satu ini. Untuk mencapai gunung ini, perlu melalui jalan yang penuh pasir sampai menaiki 250 anak tangga untuk menuju puncak gunungnya. Keelokan Kaldera Tengger akan terlihat dari puncak gunung yang berlokasi di Jawa Timur ini, di antaranya Gunung Bromo, Gunung Watangan, Kursi, dan Gunung Widodaren.

Dari puncak gunung berapi yang masih aktif ini, pengunjung wisata Bromo Malang akan dapat melihat kawah Gunung Bromo. Kepulan asap putih yang tebal dan material vulkanik membuat wisata Gunung Bromo terlihat semakin eksotis dengan paket wisata Bromo terbaik.

2. Air Terjun Madakaripura

Tempat wisata Bromo Malang lain yang mesti dikunjungi adalah Air Terjun Madakaripura. Untuk mencapai tempat wisata Bromo Malang ini, tiap pengunjung harus berjalan kaki menyusuri jalan setapak, dan terkadang harus membelah sungai. Keistimewaan dari air terjun yang masuk dalam kawasan konservasi Taman Nasional Bromo Tengger Semeru ini terletak pada dindingnya yang melengkung sempurna.

3. Bukit Teletubbies Bromo

Bukit teletubbies adalah tempat wisata Bromo Malang terbaru dan wajib dikunjungi. Selain bisa menikmati kecantikan gunung Bromo dengan deretan bukit hijau, wisata Bromo Malang ini menjadi spot foto terbaik.

Pakai paket wisata Bromo terbaik ini akan membuat wisatawan bertemu tempat yang dipenuhi dengan rerumputan hijau sangat cantik. Rumput di sini sangat terjaga sehingga nampak begitu rapi. Jadi, saat berkunjung ke kawasan Bromo Tengger, maka jangan lewatkan untuk berkunjung ke sini.

3 dari 6 halaman

4. Gunung Widodaren

Wisata Bromo Malang terbaru ini memiliki puncak ketinggian 2.614 meter diatas permukaan laut. Beberapa masyarakat lokal mengatakan bahwa Puncak Gunung Widodaren sering dijadikan tempat bertapa beberapa penduduk asli suku Tengger.

5. Padang Rumput Savana

Terletak di lembah jemplang, tempat wisata Bromo Malang ini merupakan hal yang tak boleh dilewatkan. Jalur termudah untuk bisa sampai ke sini jika memakai kendaraan biasa atau sepeda motor adalah via Malang atau via lumajang. Wisata Bromo Malang ini cocok buat melepas penat untuk berakhir pekan.

6. Kawah Bromo

Kawah Bromo adalah salah satu tempat wisata Bromo Malang terbaik. Kamu dapat melihat langsung kecantikan kawah Bromo yang begitu memesona. Untuk mencapai tempat wisata Bromo Malang ini hanya perlu berjalan kaki sekitar 2 km dari area parkir.

4 dari 6 halaman

7. Pasir Berbisik

Area wisata Bromo Malang ini cukup luas, pengunjung bisa dengan mudah mengambil spot terbaik untuk berfoto. Selain itu, di pasir berbisik ini kamu juga dapat menikmati kegiatan lain, seperti mengendarai motor trail, menunggangi kuda, dan lain sebagainya. Lokasinya berada di sebelah timur puncak Bromo.

8. Museum Angkut

Tidak diragukan lagi jika wisata Bromo Malang menawarkan woisata alam yang menakjubkan. Tapi tidak hanya itu saja, ada pula museum yang sangat menarik, yang tak lain adalah museum angkut. Muesum ini menyajikan koleksi ratusan kendaraan, baik tradisional maupun modern. Di sini, para pengunjung dapat menikmati berbagai jenis alat transportasi koleksi Museum Angkut, mulai dari sepeda, motor, mobil, hingga helikopter.

Para wisatawan yang datang ke sini juga dapat menikmati beberapa simulator permainan dari berbagai jenis alat transportasi yang disediakan oleh pihak pengelola.

9. Batu Secret Zoo

Tempat wisata Bromo Malang yang satu ini menyajikan koleksi ratusan jenis satwa yang unik dan menarik. Selain itu, kebun binatang ini juga berperan sebagai lembaga konservasi hewan yang bergerak dibidang pengembangbiakan dan penyelamatan satwa serta tumbuhan.

5 dari 6 halaman

10. Batu Night Spectacular

Batu Night Spectacular merupakan tempat wisata Bromo Malang yang menawarkan sederet atraksi wisata yang dapat kamu nikmati. Di sana ada berbagai macam daya tarik mulai dari Lampion Gardern, Bioskop 4 Dimensi, Rumah Hantu Rumah Kaca, dan lain sebagainya. Tempat wisata Bromo Malang ini juga cocok untuk kamu kunjungi bersama dengan keluarga dan anak kecil karena adanya beragam permainan karnaval yang tersedia di sini.

11. Wisata Petik Apel Agro Rakyat

Tempat wisata Bromo Malang ini merupakan tempat wisata yang mengusung konsep agro wisata. Di kebun ini wisatawan akan menemukan 4 hingga 5 jenis apel. Wisatawan juga bisa memetik apel di kebun ini sepuasnya. Kalau ingin merasakan sedikit petualangan, kamu bisa mengambil paket sewa jeep offroad dari kota Batu sekaligus.

12. Pura Luhur Poten

Tempat wisata Bromo Malang ini memang cukup unik. Jika sebelumnya Wisata Bromo Malang dipenuhi dengan keindahan alam, sekarang kamu juga bisa menemui tempat ibadah, yaitu Pura Luhur Poten. Pura di sini merupakan tempat ibadah warga sekitar yang memeluk agama Hindu.

Tidak heran saat perayaan Nyepi tiba, kawasan ini selalu diramaikan dengan kunjungan warga lokal yang ingin melakukan ibadah di sana. Biasanya kawasan Taman Nasional Bromo Tengger pun juga ikut ditutup demi kenyamanan warga yang ingin melaksanakan ibadahnya di Pura ini.

6 dari 6 halaman

13. B 29 Argosari

B 29 Argosari merupakan salah satu spot camping favorit di Bromo. Destinasi wisata Bromo Malang yang satu ini memang cukup asing bagi pengunjung Bromo. Tempat ini merupakan puncak yang paling tinggi di kawasan Wisata Gunung Bromo, lebih tinggi dari penajakan 1.

maka tidak mengerahkan jika tempat wisata Bromo Malang ini memiliki udara dingin dengan pemandangan yang sangat indah serta ditambah hamparan tumbuhan khas dari dataran tinggi membuat kawasan wisata ini sangat sayang untuk dilewatkan.

Letak dari wisata ini berada di daerah desa Argosari, kec. Senduro kira – kira 40 Km dari kota Lumajang. Untuk menuju ke B 29 ini akses termudah adalah melalui Senduro Lumajang, jalur selatan.

14. Bukit Kingkong

Tempat wisata Bromo Malang selanjutnya adalah Bukit Kingkong. Bukit Kingkong menjadi salah satu tempat yang sering digunakan untuk melihat kecantikan sunrise di Bromo. Tempatnya tidak jauh dari penanjakan 1, jaraknya sekitar 2,5 km saja.

Meskipun menjadi alternatif untuk melihat sunrise, namun tempat ini begitu populer di kalangan wisatawan. Sehingga untuk bisa menyaksikan keindahan sunrise pun kamu harus rela berdesakan dengan wisatawan lain yang sama-sama ingin menyaksikan keindahan sunrise dari bukit ini.

15. Bukit Cinta

Di Bukit Cinta ini, selain bisa menyaksikan keindahan sunrise kamu juga dapat memanjakan mata dengan deretan bukit yang mengelilinginya. Pada pagi hari, kamu bisa menyaksikan keindahan lembah dan bukit yang masih tertutup awan kabut.

Sedangkan, pada siang hari meskipun sedikit panas, kamu bisa menyaksikan hijaunya pegunungan dengan deretan bukit-bukit yang nampak cantik dan mempesona. Lokasi bukit cinta ini masih bersebelahan dengan bukit kingkong.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS