Sukses

10 Manfaat Buah Naga untuk Kecantikan, Bantu Jaga Kesehatan Kulit

Manfaat buah naga untuk kecantikan bisa didapatkan dengan mengonsumsi buah naga secara rutin atau menggunakan produk kecantikan yang mengandung buah naga.

Liputan6.com, Jakarta Nama buah naga diambil dari bentuk kulitnya yang menyerupai sisik naga. Manfaat buah naga yang merupakan buah tanaman kaktus dari genus Hylocereus dan Selenicereus ini ternyata sangat baik bagi kecantikan. Kandungan nutrisinya seperti antioksidan, vitamin E, vitamin C, zat besi, mineral, karbohidrat, asam folat, dan prebiotik terbukti baik untuk kesehatan yang juga dapat memberi manfaat baik bagi kecantikan.

Selain manfaat buah naga untuk kecantikan, dalam budaya China dan Vietnam, buah naga dipercaya dapat membawa berkah. Oleh sebab itu, buah ini selalu diletakkan di altar persembahyangan di antara dua patung naga berwarna hijau. Warna merah dalam budaya China dan Vietnam merupakan simbol kemakmuran, begitupun dengan warna merah yang ada pada kulit buah naga.

Manfaat buah naga untuk kecantikan bisa didapatkan dengan mengonsumsi buah naga secara rutin atau menggunakan produk kecantikan yang mengandung buah naga. Berikut manfaat buah naga untuk kecantikan yang sudah Liputan6.com kumpulkan dari berbagai sumber, Senin (14/11/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Buah Naga untuk Kecantikan

1. Melembapkan Kulit

Manfaat buah naga untuk kecantikan yang pertama adalah untuk melembapkan kulit. Buah naga menjadi salah satu buah yang memiliki kandungan air cukup banyak, yaitu berkisar 80 persen. Kandungan air dalam buah naga  dapat membantu tubuh tetap terhidrasi dan menjaga kelembaban kulit jika dikonsumsi secara rutin. 

Buah naga juga mengandung berbagai nutrisi yang juga berperan dalam melembapkan kulit, yaitu vitamin C, E, dan B3. Kulit yang terjaga kelembapannya akan tampak lebih halus, kenyal, dan cantik.

2. Mencerahkan Wajah

Buah Naga juga dapat membantu mencerahkan kulit, terutama kulit di bagian wajah. Kandungan vitamin B3 dalam buah naga terbukti efektif untuk mencerahkan kulit wajah. Ditambah lagi dengan kandungan vitamin C, protein, dan asam folat dalam buah naga ampuh membantu untuk menghilangkan sel-sel kulit mati yang dapat mengakibatkan kulit tampak kusam.

3. Meredakan Jerawat

Vitamin C dan antioksidan adalah salah satu jenis nutrisi yang terbukti mampu membantu meredakan jerawat. Buah naga menjadi salah satu makanan yang memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan yang cukup tinggi. Kombinasi keduanya mampu mengatasi berbagai masalah jerawat yang membandel pada wajah.

4. Mempercepat Proses Regenerasi Kulit

Seluruh sel yang ada pada tubuh manusia akan terus mengalami proses peremajaan atau regenerasi selama manusia tersebut hidup, termasuk juga sel kulit. Regenerasi adalah proses mengganti sel yang sudah rusak dengan sel baru. Proses regenerasi pada kulit akan menjaga kulit tetap lembut, segar, dan tidak keriput. 

Semakin bertambahnya usia proses regenerasi akan semakin melambat. Manusia perlu mencukupi kebutuhan vitamin dan nutrisi lain agar proses regenerasinya stabil. Buah naga menjadi salah satu jenis makanan yang mengandung berbagai jenis nutrisi yang dapat mempercepat proses regenerasi, seperti vitamin C, E, B3, dan Antioksidan.

3 dari 4 halaman

Manfaat Buah Naga untuk Kecantikan

5. Melawan Penuaan Dini

Mempercepat proses regenerasi kulit juga dapat menjaga kulit tampak lebih awet muda. Vitamin C, E, dan Antioksidan dalam buah naga membantu kulit memprodusi kolagen lebih banyak. Produksi kolagen yang meningkat akan memjaga kulit tetap halus, mencegah terbentuknya kerutan, dan flek hitam yang membuat kulit tampak lebih tua.

6. Meredakan Kulit yang Terbakar Matahari

Manfaat buah naga untuk kecantikan selanjutnya adalah meredakan sunburn. Kandungan vitamin B3 yang dimiliki buah naga dapat membantu meredakan sunburn atau kulit yang terbakar matahari. 

Sunburn terjadi akibat kulit yang tidak terlindungi terpapar sinar matahari langsung dalam waktu yang lama. Sunburn mengakibatkan kulit meradang, terasa panas, dan perih. Mengkonsumsi buah naga dapat meredakan peradangan akibat panas matahari ini.

7. Melindungi Kulit dari Radikal Bebas

Radikal bebas dapat merusak sel yang menyebabkan stres oksidasi dan mengakibatkan berbagai permasalahan kulit, termasuk kanker kulit. Radikal bebas adalah salah satu penyebab kulit menjadi kusam dan dehidrasi sepanjang waktu. 

Bila hal ini dibiarkan, kulit bisa saja mengalami penuaan dini. Mengkonsumsi buah naga secara rutin dapat menjaga kesegaran tubuh dan menghindarkan kulit dari serangan radikal bebas.

4 dari 4 halaman

Manfaat Buah Naga untuk Kecantikan

8. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Vitamin C adalah nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan kulit. Vitamin C mendorong peningkatan produksi yang berdampak dalam mengurangi kemungkinan hiperpigmentasi atau kondisi di mana kulit memproduksi melanin berlebih dan mengakibatkan memunculkan flek hitam.

Kolagen ini juga menjaga kulit tetap kencang dan kenyal. Menkonsumsi buah naga dapat membantu memelihara kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk kesehatan kulit.

9. Menjaga Kesehatan Kuku

Tidak hanya kulit, manfaat buah naga untuk kecantikan juga dapat menjaga kesehatan kuku. Kandungan zat besi dalam buah naga membantu menguatkan kuku sehingga tidak mudah patah. Vitamin C, E, dan B3 dalam buah naga juga membuat kuku tumbuh lebih mengkilap dan sehat.

10. Menjaga Kesehatan Rambut

Kulit adalah tempat tumbuhnya rambut, dengan begitu kulit kepala yang sehat juga pada rambut yang tumbuh di atasnya. Nutrisi yang ada pada buah naga dapat menstimulasi pertumbuhan rambut dengan baik. Buah ini juga dapat menghindari ujung rambut bercabang dan helaian rambut bisa tetap sehat, lembut, dan kuat. Semua itu didapat dari kandungan buah naga yang dapat menghidrasi rambut. 

Buah naga juga dapat membantu memperbaiki rambut yang rusak akibat proses pewarnaan maupun styling. Niacin yang terkandung di dalam buah membantu menutrisi rambut dan memperkuat folikel rambut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.