Sukses

6 Cara Memakai Eyeshadow Seperti Seorang Profesional, Cocok untuk Pemula

Liputan6.com, Jakarta Cara memakai eyeshadow bisa menjadi salah satu tahap yang sulit bagi anda yang baru mulai belajar make up. Make up menjadi salah satu kebutuhan para wanita saat ini, terlebih dengan banyaknya aktivitas di luar rumah yang menuntut untuk tampil maksimal, make up menjadi salah satu cara untuk mengakalinya.

Salah satu make up yang kerap membuat beberapa wanita bingung adalah bagaimana eyeshadow. Terutama untuk cara memakai eyeshadow yang natural, mungkin menjadi tantangan tersendiri bagi anda yang tidak biasa menggunakan banyak riasan sejak awal.

Namun bukan berarti cara memakai eyeshadow yang natural mustahil untuk dilakukan. Nyatanya cara memakai eyeshadow yang natural dapat dilakukan oleh siapa saja bahkan pemula sekalipun, yang perlu dilakukan adalah mengikuti beberapa langkah mudah cara memakai eyeshadow natural.

Lebih lengkapnya, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Rabu (9/11/2022) tentang cara memakai eyeshadow natural yang mudah dan cocok untuk pemula.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Alat-Alat Membuat Eyeshadow

Siapkan Peralatan

Untuk memulai, berikut adalah beberapa kuas yang dapat anda gunakan untuk membuat kit aplikasi eyeshadow  yang cocok untuk pemula. Berikut adalah empat kuas makeup yang anda butuhkan untuk membantu anda mendapatkan tampilan eyeshadow yang natural:.

- Kuas Berbulu Berbulu: Kuas ini dapat digunakan untuk menutupi seluruh kelopak mata anda dengan cepat dengan warna dan memadukan semuanya. Kuas Lipatan dan Blend yang Halus memiliki bulu sintetis lembut yang memadukan dan membentuk warna dengan efektif.

- Kuas Pencampur Tapered yang Lebih Kecil: Gunakan alat ini untuk memadukan warna ke dalam lipatan anda ( tempat kelopak mata bertemu rongga mata) untuk menciptakan lebih banyak definisi. 

- Kuas Angled Blending: Alat unik ini sangat ideal untuk masuk dan memadukan warna di area yang sulit dijangkau, seperti sudut luar atau dalam mata anda dan bahkan di sepanjang bulu mata bawah anda. Serta bisa digunakan untuk membuat garis.

- Kuas Eyeliner Sudut Kaku: Kuas presisi ini, dapat digunakan untuk mempertegas dan menekankan garis bulu mata anda. Anda bahkan dapat menggunakannya untuk mengisi alis anda dengan bayangan matte yang beberapa tingkat lebih terang dari rambut alis anda.

- Kuas Flat Shader: Kuas datar kecil adalah alat yang sempurna untuk menempatkan eyeshadow di kelopak mata anda dan membaurkan liner apa pun. 

3 dari 5 halaman

Cara Memakai Eyeshadow Seperti Seorang Profesional

Langkah 1. Perbaiki Mata anda.

Langkah pertama dalam cara memakai eyeshadow adalah memperbaiki kontur mata anda. eye primer membantu eyeshadow bertahan lebih lama dengan mencegahnya meluncur dari kelopak mata saat menghadapi panas atau lembab, cara kerja primer wajah yang sama untuk menjaga foundation tetap di tempatnya. 

Sebagai aturan umum, semakin banyak riasan mata yang anda gunakan, semakin besar kebutuhan untuk mengaplikasikan primer. Menggunakan primer eyeshadow atau tidak tergantung pada tampilan akhir yang anda inginkan. Primer membantu dalam opacity warna eyeshadow dan daya tahan. Jika anda ingin sapuan warna ringan, primer penting.

Primer eyeshadow juga diperlukan jika anda memiliki kelopak mata berminyak. Beberapa primer mata, tidak hanya mengontrol minyak, tetapi juga memiliki bahan tambahan untuk mencerahkan dan mengintensifkan eyeshadow anda.

Oleskan primer eyeshadow favorit menggunakan jari manis. Jari manis adalah yang terbaik untuk mengaplikasikan riasan mata karena memiliki sentuhan paling ringan dan tidak akan mengiritasi kulit anda. 

Sapukan primer dengan lembut ke seluruh kelopak mata anda, hingga ke alis anda, di sekitar sudut dalam mata anda di mana saluran air mata Anda berada, dan bahkan di sepanjang garis bulu mata bawah anda untuk dipakai sepanjang hari.

 

Langkah 2. Bangun Basis.

Langkah selanjutnya adalah menambahkan warna. Sebagian besar tampilan eyeshadow dapat dengan mudah dibuat dengan empat warna: warna netral untuk kelopak mata anda, warna sedang untuk lipatan anda, warna gelap untuk sudut luar anda, dan warna terang untuk menonjolkan sudut dalam dan tulang alis anda.

Tidak peduli tampilan riasan apa yang anda inginkan, lapisan pertama eyeshadow anda kemungkinan besar akan selalu menjadi warna netral yang menyapu seluruh kelopak mata anda dengan kuas pencampur halus. Anda dapat memilih warna yang mendekati warna kulit untuk tampilan alami, shimmer yang lebih terang untuk gaya gemerlap, atau lebih gelap untuk smokey eyes.

Anda juga dapat memilih warna eyeshadow berdasarkan warna mata anda. Nuansa hijau, emas, ungu, dan abu-abu dapat membantu menonjolkan mata coklat , sedangkan warna seperti merah, kuning, oranye, dan ungu membuat mata biru berkilau . Untuk mata hijau , coba bermain-main dengan nuansa merah, kuning, ungu, dan abu-abu.

4 dari 5 halaman

Cara Memakai Eyeshadow Seperti Seorang Profesional

Langkah 3. Tentukan Lipatan Mata.

Sekarang kita akan mendefinisikan lipatan mata untuk memberikan definisi lebih pada riasan mata. Ini juga akan membuat mata anda terlihat lebih lebar dan besar secara keseluruhan. Anda dapat menentukan lipatan anda dengan menjadi lebih tebal dengan warna yang lebih gelap dari apa yang anda gunakan pada kelopak mata anda. 

Untuk tampilan alami, celupkan kuas lipatan berbulu atau bersudut ke dalam eyeshadow shade medium. Kemudian, tutup mata anda dan aplikasikan eyeshadow di sepanjang kelopak mata anda bertemu dengan tulang alis anda, kemudian menciptakan sapuan warna  yang berlawanan dengan garis tipis.

Jika anda memiliki kelopak mata yang dalam, anda dapat menerapkan warna lipatan dengan mata terbuka untuk melihat di mana letak yang akan paling terlihat. Untuk menentukan bentuk mata anda lebih jauh, celupkan sikat miring ke dalam bayangan gelap anda dan gunakan itu untuk menentukan sudut luar lipatan, 

Buat bentuk V dari garis bulu mata ke lipatan luar. Saat melakukannya jaga agar tangan anda tetap ringan saat anda mengaplikasikan pigmen anda. Itu selalu lebih mudah untuk menambahkan lebih banyak warna daripada menghapusnya.

 

Langkah 4. Blend, Blend, Blend.

Memadukan adalah salah satu langkah yang paling penting saat mengaplikasikan eyeshadow. Teknik ini membantu untuk memadukan banyak warna bersama-sama tanpa bisa melihat di mana mereka mulai atau berhenti.

Gunakan kuas pencampur bersih untuk menyebarkan warna pada lipatan dan bagian luar V hingga menyatu dengan mulus ke kelopak mata anda. Jika anda akhirnya mencampurkan beberapa pigmen sedang atau gelap, jangan khawatir. Cukup gunakan kuas lipatan asli anda untuk menekan lebih banyak bayangan, lalu lanjutkan membaur.

Jika anda mengalami kesulitan dalam menyebarkan warna, direkomendasikan untuk menggunakan bedak translucent pada sikat halus untuk membaurkan garis keras dari eyeshadow. Anda juga dapat menggunakan eyeshadow matte dengan warna yang sama dengan kulit anda pada sikat berbulu yang sama dan mengoleskan warna itu ke tulang alis. 

5 dari 5 halaman

Cara Memakai Eyeshadow Seperti Seorang Profesional

Langkah 5. Tentukan Garis Bulu Mata.

Setelah bayangan pada mata menyatu dengan sempurna, anda bisa masuk dan menentukan garis bulu mata. Jika mau, masuklah dengan eyeliner cair atau eyeliner pensil terlebih dahulu. Anda dapat berhenti di ujung bulu mata atau membuat tampilan winged liner, untuk tampilan manapun yang anda inginkan. 

Kemudian, celupkan kuas eyeliner miring anda ke dalam eyeshadow medium atau gelap dan gunakan untuk mengatur eyeliner. Jika anda tidak ingin menggunakan eyeliner, cukup celupkan kuas eyeliner miring anda ke dalam warna eyeshadow sedang atau gelap, dan sapukan di sepanjang garis bulu mata atas dan bawah untuk menciptakan garis yang lembut.

 

Langkah 6. Sorot Secara Strategis.

Langkah terakhir adalah menggunakan eyeshadow paling ringan dan membuat mata anda menonjol. Sorotan di bawah alis bagus untuk menonjolkan alis dari eyeshadow. Secara umum, eyeshadow matte ringan akan memberi tampilan segar dan alami yang sempurna untuk siang hari. 

Sedangkan untuk tampilan yang lebih glamour, gunakan bayangan dengan sedikit kilau. Anda juga dapat menggunakan stabilo pipi favorit untuk tampilan yang lebih bersinar. Warna apa pun yang anda putuskan untuk digunakan, anda pasti ingin mengaplikasikannya di sepanjang tulang alis untuk memberikan wajah tampilan yang terbuka lebar dan terangkat. 

Akhiri dengan beberapa lapis maskara dan jangan lupa untuk membuat alis anda, langkah ini membuat perbedaan besar dalam keseimbangan tampilan riasan. Berikan tampilan akhir yang glamor untuk memastikan tepi yang kasar menyatu, dan cara memakai eyeshadow seperti seorang profesional sudah selesai.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS