Sukses

Bagian dari Magnet yang Mempunyai Gaya Tarik Terbesar Adalah Kutubnya, Ketahui Bentuknya

Liputan6.com, Jakarta Bagian dari magnet yang mempunyai gaya tarik terbesar adalah kutubnya. Kamu mungkin sudah mengenali beragam jenis magnet. Magnet terdiri dari magnet alam dan magnet buatan. Magnet alam merupakan jenis magnet yang sudah memiliki sifat kemagnetan secara alami. Dalam artian magnet sudah memiliki sifat magnet tanpa ada campur tangan dari manusia. 

Sementara itu, magnet buatan adalah jenis magnet yang dibuat oleh manusia. Seperti yang saat ini banyak ditemui dalam kehidupan sehari-hari adalah magnet buatan. Umumnya magnet buatan dibuat dari bahan-bahan magnetik kuat seperti besi dan baja. 

Bagian dari magnet yang mempunyai gaya tarik terbesar adalah kutubnya. Selain itu, ada pula sumbu magnet dan magnet elementer. Kamu perlu mengenali bagian-bagiannya untuk memahami magnet lebih mendalam.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (4/11/2022) tentang bagian dari magnet yang mempunyai gaya tarik terbesar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

Mengenal Magnet

Bagian dari magnet yang mempunyai gaya tarik terbesar adalah kutubnya. Namun, sebelum mengenali bagian magnet tersebut, kamu perlu memahami apa itu magnet terleih dahulu. Magnet adalah setiap bahan yang dapat menarik logam besi. Magnet bisa dibuat dari bahan besi, baja, dan campuran logam lainnya

Magnet adalah suatu obyek yang mempunyai suatu medan magnet. Magnet juga dapat diartikan sebagai suatu benda yang memiliki gejala dan sifat yang dapat mempengaruhi bahan-bahan tertentu yang berada di sekitarnya.

Magnet adalah kemampuan sebuah benda untuk menarik suatu benda-benda lain yang berada di sekitarnya. Diperkirakan, orang Cina merupakan yang pertama kali memanfaatkan sebuah batu magnet ini sebagai kompas, baik di darat ataupun di laut. Sampai dengan sekarang, magnet banyak dimanfaatkan untuk suatu perangkat elektronik, misalnya seperti bel listrik, telepon, dan mikrofon.

Setiap magnet memiliki dua kutub, yaitu utara (N) dan selatan (S). Kutub magnet adalah daerah yang berada pada ujung-ujung magnet dengan kekuatan magnet yang paling besar berada pada kutub-kutubnya. Jadi, bagian dari magnet yang mempunyai gaya tarik terbesar adalah kutubnya.

3 dari 6 halaman

Bagian-Bagian Magnet

Melansir eprints.umsida.ac.id, bagian dari magnet yang mempunyai gaya tarik terbesar adalah kutubnya. Jadi, kamu perlu mengenali bagian-bagiannya ini, yaitu sebagai berikut:

Kutub Magnet

Magnet selalu mempunyai dua kutub. Hal ini dapat diketahui bila sebuah magnet batang dicelupkan ke dalam serbuk besi. Di bagian tengah (daerah 7 netral) tidak ada serbuk besi yang melekat, sedangkan semakin ke ujung makin banyak serbuk besi yang melekat pada magnet. Bagian yang banyak dilekati serbuk besi merupakan kutub magnet.

Hal ini menandakan, bagian dari magnet yang mempunyai gaya tarik terbesar adalah kutubnya atau bagian ujungnya. Setiap magnet, apapun bentuknya selalu mempunyai kutub utara dan selatan. Ujung kompas yang menunjuk ke arah utara disebut kutub utara dan ujung magnet yang mengarah selatan disebut kutub selatan.

Sumbu Magnet

Sumbu magnet yaitu garis yang menghubungkan antara kedua kutub magnet.

Magnet Elementer

Setiap benda magnetik pada dasarnya terdiri dari magnet-magnet kecil yang disebut magnet elementer. Magnet elementer adalah magnet yang paling kecil yang berupa atom. Suatu benda akan bersifat magnet jika magnet-magnet elementernya mempunyai arah yang cenderung sama/ beraturan dan benda yang tidak mempunyai sifat magnet jika magnet-magnet elementernya mempunyai arah acak (sembarang).

Pada sebuah magnet, magnet-magnet elementernya tersusun rapi dan menunjuk arah yang sama, sehingga menimbulkan kutub-kutub magnet. Antar magnet elementer tersebut terdapat gaya tolak-menolak dan gaya tarik-menarik. Akan tetapi, di bagian ujung magnet hanya terdapat gaya tolak-menolak.

Itulah sebabnya pada ujung-ujung magnet terdapat gaya magnet paling kuat sedangkan bagian tengahnya lemah. Hal ini merupakan bukti bahwa bagian dari magnet yang mempunyai gaya tarik terbesar adalah kutubnya. Pada benda bukan magnet, magnet-magnet elementernya tersusun dengan arah yang berlainan atau arah yang acak sehingga tidak menimbulkan kutub magnet.

4 dari 6 halaman

Jenis-Jenis Magnet

Magnet Alam

Magnet Alam merupakan salah satu jenis magnet yang sudah memiliki sifat kemagnetan secara alami, yang artinya tanpa adanya campur tangan oleh manusia. Magnet alam bisa berupa batu-batuan atau benda lain juga. Jenis magnet alam cukup jarang ditemui dan jumlahnya tidak banyak. Contoh magnet alam seperti gunung ida di Magnesia yang bisa menarik sebuah benda – benda di sekitarnya.

Magnet Buatan

Magnet buatan yaitu salah satu jenis magnet yang dibuat oleh manusia. Jenis magnet buatan ini dibuat dari bahan-bahan magnetik yang kuat seperti besi dan baja. Ada banyak pula bentuk-bentuk magnet buatan ini dari mulai silinder, batang, jarum, U, keping, ladam dan sebagainya.

Magnet buatan ini terbagi lagi menjadi 2, yakni sebagai berikut:

- Magnet Tetap (Permanen), yaitu salah satu macam-macam magnet yang mempunyai sifat kemagnetannya bersifat permanen, meskipun proses dalam pembuatannya sudah dihentikan.

- Magnet Sementara (Remanen), yaitu suatu magnet yang memiliki sifat kemagnetannya hanya sementara, yakni hanya terjadi selama dalam proses pembuatannya.

5 dari 6 halaman

Bentuk-Bentuk Magnet

Magnet memiliki berbagai macam bentuk. Hal ini dikarenakan pada setiap bentuk magnet dibuat dengan tujuan dan kegunaan yang berbeda. Secara umum terdapat 5 bentuk tetap magnet, yakni sebagai berikut:

- Bentuk yang pertama yaitu berbentuk batang, yang disebut dengan magnet batang.

- Bentuk magnet yang kedua yaitu silinder, yang disebut dengan magnet silinder.

- Bentuk magnet yang ketiga yaitu jarum, yang disebut dengan magnet jarum.

- Bentuk yang keempat yaitu cincin, yang disebut dengan magnet cincin.

- Bentuk magnet yang terakhir yaitu berbentuk U, yang disebut dengan magnet U (Magnet Ladam).

6 dari 6 halaman

Fungsi Magnet dalam Kehidupan Sehari-hari

- Pada sebuah ujung gunting yang berfungsi untuk memudahkan dalam mengambil jarum jahit.

- Terdapat di bel listrik yang berfungsi untuk menggerakkan pemukul lonceng.

- Terdapat di papan catur yang berfungsi agar catur tidak mudah terguling.

- Terdapat pada kompas yang fungsinya sebagai penunjuk arah utara-selatan.

- Terdapat pada dinamo sepeda dan generator yang berfungsi untuk membangkitkan sebuah tenaga listrik.

- Magnet juga bisa sebagai alat untuk mengangkut sebuah benda-benda dari besi.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS