Sukses

Sungai yang Dimanfaatkan sebagai Sarana Transportasi Utama di Indonesia yaitu Sungai Mahakam

Sungai Mahakam adalah sungai yang dimanfaatkan sebagai sarana transportasi utama di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Sungai yang dimanfaatkan sebagai sarana transportasi utama di Indonesia yaitu sungai Mahakam. Sungai Mahakam merupakan salah satu sungai yang memang berfungsi sebagai sarana transportasi. Namun, sungai tentunya juga memiliki fungsi-fungsi lainnya yang tak kalah penting bagi manusia.

Ada banyak sungai di Indonesia yang terletak di setiap pulaunya. Kamu mungkin mengenali sebagian sungai yang panjang, seperti sungai Kapuas, sungai Mahakam, sungai Barito, sungai Batang Hari, sungai Musi, sungai Memberamo, hingga sungai Bengawan Solo.

Sungai Mahakam adalah sungai yang dimanfaatkan sebagai sarana transportasi utama di Indonesia. Namun, tidak semua sungai dijadikan sebagai sarana transportasi di Indonesia. Setiap sungai memiliki fungsi masing-masing yang sangat penting bagi keberlangsungan hidup manusia.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (1/11/2022) tentang sungai yang dimanfaatkan sebagai sarana transportasi utama di indonesia yaitu Sungai Mahakam.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Fungsi Sungai

Sebelum mengenali sungai yang dimanfaatkan sebagai sarana transportasi utama di Indonesia yaitu sungai Mahakam, kamu perlu mengetahui fungsi sungai terlebih dahulu. Melansir citarumharum.jabarprov.go.id, fungsi sungai adalah sebagai berikut:

Penampung Air Hujan

Air hujan yang baru saja turun akan mengendap kemudian mengalir menuju suatu tempat. Air yang memiliki sifat bergerak dari dataran tinggi ke rendah secara alami akan mengalir menuju sungai sebagai saluran air yang terbuka. Hal inilah yang lebih lanjut dapat dimanfaatkan oleh masyarakat melalui sistem irigasi yang terkoneksi dengan sungai terdekat.

Sumber Kehidupan

Dalam suatu sungai terdapat banyak sekali kekayaan hayati yang dapat dimanfaatkan oleh manusia. Salah satunya ialah terdapatnya ikan-ikan yang ada di sungai, yang bisa dipergunakan oleh masyarakat sebagai sumber penghasilannya.

Sumber Pembangkit Listrik

Biasanya pembangkit listrik tenaga air berlokasi di sungai-sungai yang memiliki aliran air yang cukup deras. Derasnya air sungai ini mampu menggerakkan turbin pembangkit listrik yang nantinya menghasilkan alur listrik dan siap diedarkan menuju pemukiman penduduk.

Sarana Transportasi

Umumnya sungai letaknya memanjang di sepanjang daratan suatu pulau. Bentangan luas inilah yang dapat dimanfaatkan menjadi jalur transportasi air. Di beberapa wilayah seperti Kallimantan dan Sumatera yang terdapat banyak sungai besar yang sudah dimanfaatkan sebagai jalur transportasi.

Tidak heran sungai yang dimanfaatkan sebagai sarana transportasi utama di Indonesia yaitu sungai Mahakam memiliki panjang sekitar 920 km. Selain itu, sungai dalam kota, seperti yang terdapat di beberapan negara Eropa, selain menjadi jalur transportasi juga sebagai sarana rekreasi wisata setempat.

3 dari 4 halaman

Sungai yang Dimanfaatkan sebagai Sarana Transportasi Utama di Indonesia yaitu Sungai Mahakam

Sungai yang dimanfaatkan sebagai sarana transportasi utama di Indonesia yaitu sungai Mahakam. Sungai Mahakan merupakan sungai yang berada di Kalimantan Timur. Sungai mahakam melintasi Kabupaten Kutai Barat di bagian hulu hingga Kabupaten Kutai Kartanegara dan Samarinda di bagian hilir.

Sungai mahakam merupakan sungai kedua terpanjang di Indonesia, yaitu dengan panjang sekitar 920 km. Sementara itu, di beberapa titik, lebar sungai ini bisa mencapai ratusan meter. Sampai saat ini, sungai yang dimanfaatkan sebagai sarana transportasi utama di Indonesia yaitu Sungai Mahakam. Sungai ini menjadi penopang bagi wilayah dari hulu sampai hilir. Bahkan, di sungai mahakam ini terdapat beragam biota ikan air tawar, salah satunya pesut yang sangat terkenal.

Sungai yang dimanfaatkan sebagai sarana transportasi utama di Indonesia yaitu sungai Mahakam. Biasanya sungai Mahakam dimanfaatkan sebagai jalur lewatnya kapal tongkan batu bara dari berbagai tempat. Jadi, sungai yang dimanfaatkan sebagai sarana transportasi utama di Indonesia yaitu Sungai Mahakam.

4 dari 4 halaman

Sungai yang Dimanfaatkan sebagai Sarana Transportasi Utama di Indonesia

Sungai yang dimanfaatkan sebagai sarana transportasi utama di Indonesia yaitu sungai Mahakam. Namun, ada beberapa sungai lainnya yang juga digunakan sebagai sarana transportasi di Indonesia, yaitu:

Sungai Kapuas

Sungai Kapuas adalah sungai yang terletak di Kalimantan Barat. Sungai Kapuas merupakan sungai terpanjang di Indonesia, dengan panjangnya mencapai 1143 km. Sungai ini memiliki fungsi untuk menjadi jalur distribusi barang di wilayah Kalimantan Barat. Sungai Kapuas dapat dilalui oleh kapal penumpang maupun kapal barang. Tidak heran di sungai ini banyak kapal-kapal nelayan yang sedang mencari ikan.

Sungai Musi

Sungai Musi adalah salah satu sungai yang dimanfaatkan sebagai sarana transportasi utama di Indonesia, selain sungai Mahakam. Berlokasi di Sumatera Selatan, sungai Musi merupakan sungai yang memiliki panjang sekitar 750 km. Selain menjadi sarana tansportasi, sungai Musi juga menjadi destinasi wisata menarik. Apalagi dengan adanya Jembatan Ampera, yang merupakan ikon Kota Palembang.

Sungai Batanghari

Selain Sungai Musi, ada juga Sungai Batanghari di pulau Sumatera. Lokasinya berada di Sumatera Barat dan Jambi. Sungai Batanghari memiliki panjang sekitar 800 km. Sungai ini juga sering digunakan sebagai sarana transportasi utama warga. Transportasi penyeberangan di sungai Batanghari biasanya menggunakan kapal berukuran sedang yang nantinya akan diisi dengan sepeda motor untuk membantu pengendara menyeberang ke sungai.

Sungai Barito

Sungai Barito merupakan salah satu sungai terpanjang di Indonesia, dengan panjang sekitar 900 km. Sungai yang terletak di Kalimantan Tengah ini tepatnya berada di wilayah Kabupaten Barito Utara dan Murung Raya. Sungai ini juga dijadikan sarana transportasi dan tempat lewatnya kapal pengangkut barang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.