Sukses

Pengertian Al-Qur’an Menurut Para Ahli dan 18 Nama Lainnya

Pengertian Al-Qur’an adalah kitab suci umat Islam yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW.

Liputan6.com, Jakarta - Pengertian Al-Qur’an adalah kitab suci umat Islam yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Dalam agama Islam, Al-Qur’an disebut sebagai kitab suci yang mulia lagi sempurna. Al-Qur’an bukan hanya petunjuk bagi umat muslim, ada pendapat yang menyebut kitab ini bagian dari pedoman seluruh umat manusia.

Dalam buku berjudul Wawasan Al-Qur’an (1996) oleh M. Quraish Shihab, dijelaskan pengertian Al-Qur’an adalah secara harfiyah berarti bacaan yang sempurna. Ia merupakan suatu nama pilihan Allah yang tepat, karena tiada suatu bacaanpun sejak manusia mengenal tulis baca lima ribu tahun yang lalu yang dapat menandingi Al-Qur’an, bacaan sempurna lagi mulia.

Pengertian Al-Qur’an adalah kalam yang diturunkan secara berangsur-angsur. Tujuan Al-Qur’an diturunkan berangsur-angsur untuk menguatkan hati Rasulullah SAW dan menghiburnya. Lalu, bisa mengikuti peristiwa dan kejadian-kejadian sampai Allah menyempurnakan agama Islam dan mencukupkan nikmat-Nya.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang pengertian Al-Qur’an dan nama lain Al-Qur’an, Senin (31/10/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pengertian Al-Qur’an

Istilah Al-Qur’an berasal dari bahasa Arab sebagai wujud kata benda dari kata kerja “qara’a” yang artinya bacaan atau sesuatu yang dibaca berulang-ulang. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan pengertian Al-Qur’an adalah kitab suci umat Islam yang berisi firman Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW dengan perantaraan malaikat Jibril untuk dibaca, dipahami, dan diamalkan sebagai petunjuk atau pedoman hidup bagi umat manusia.

Pengertian Al-Qur’an adalah kitab suci umat Islam berupa bacaan yang sempurna. Dalam buku berjudul Wawasan Al-qur’an (1996) oleh M. Quraish Shihab, dijelaskan pengertian Al-Qur’an adalah secara harfiyah berarti bacaan yang sempurna. Ia merupakan suatu nama pilihan Allah yang tepat, karena tiada suatu bacaanpun sejak manusia mengenal tulis baca lima ribu tahun yang lalu yang dapat menandingi Al-Qur’an, bacaan sempurna lagi mulia.

Ini pengertian Al-Qur’an menurut para ahli yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. Pengertian Al-Qur’an Menurut Muhammad Ali ash-Shabuni

Pengertian Al-Qur'an adalah firman Allah yang tiada tandingannya, diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW penutup para Nabi dan Rasul, dengan perantaraan Malaikat Jibril a.s. dan ditulis pada mushaf-mushaf yang pengahabisan disampaikan kepada kita secara mutawatir, serta membaca dan mempelajarinya adalah ibadah, yang dimulai dengan surat Al-Fatihah dan ditutup dengan surat An-Nas.

2. Pengertian Al-Qur’an Menurut Dr. Subhi Al Salih

Pengertia Al-Qur’an adalah kalam Allah SWT yang berupa mukjizat yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW dan ditulis di mushaf serta diriwayatkan dengan mutawatir, membacanya termasuk ibadah.

3. Pengertian Al-Qur’an Menurut Muhammad ‘Abid al-Jabiri

Pengertian Al-Qur’an adalah kalam Allah SWT yang diturunkan kepada penghujung para Nabi, Muhammad Saw, ditulis dalam mushaf, ditransmisikan secara mutawatir, menjadi ibadah dengan membacanya, dan menjadi penentang/penguat dengan kemukjizatannya.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menjelaskan Al-Qur’an pertama kali diturunkan pada 17 Ramadhan saat Rasulullah berusia ke-40 tahun. Turunnya Al-Qur’an sangat berbeda dengan kitab-kitab sebelumnya. Al-Qur’an diturunkan secara berangsur-angsur, tujuannya untuk menguatkan hati Rasulullah SAW dan menghiburnya. Lalu, bisa mengikuti peristiwa dan kejadian-kejadian sampai Allah menyempurnakan agama Islam dan mencukupkan nikmat-Nya.

Dijelaskan lebih mendalam, sesungguhnya fungsi dan kedudukan Al-Qur’an sangatlah mulia. Pengertian Al-Qur’an bukan hanya kalam Allah yang harus dibaca. Al-Qur’an memiliki kedudukan yang mulia karena berisi berita, berisi hukum syariat, berisi pendidikan, dan berisi ilmu pengetahuan.

Pengertian Al-Qur’an adalah kitab suci umat Islam yang terdiri dari surat, ayat, dan ruku’. Apa maksudnya?

Univeritas Krisnadwipayana (UNKRIS) menjelaskan Al-Qur'an terdiri atas 114 bagian yang dikenal dengan nama surah (surat) dan 6236 ayat. Setiap surat akan terdiri atas beberapa ayat, di mana surat terpanjang dengan 286 ayat adalah surat al-Baqarah dan yang terpendek hanya memiliki 3 ayat yakni surat Al Kautsar, An-Nasr, dan Al-‘Așr. Surat-surat yang panjang terbagi lagi atas sub bagian lagi yang dinamakan ruku' yang membahas tema atau topik tertentu.

3 dari 3 halaman

18 Nama Lain Al-Qur’an dan Ayatnya

Al-Qur’an memiliki delapan belas nama lain. UNKRIS menjelaskan ada beberapa ayat yang menyebut nama lain Al-Qur’an:

1. Nama Lain Al-Qur’an adalah Al-Kitab (Buku)

"Kitab (Al Quran) ini tidak hadir keraguan padanya; ajar untuk mereka yang bertakwa," (Al-Baqarah 2:2)

"Demi Kitab (Al Quran) yang menjelaskan," (Ad-Dhukan 44:2)

2. Nama Lain Al-Qur’an adalah Al-Furqan (Pembeda mempunyai salah)

"Maha suci Allah yang telah menurunkan Al Furqaan (Al Quran) kepada hamba-Nya, agar dia menjadi pemberi peringatan kepada seluruh alam," (Al-Furqan 25:1)

3. Nama Lain Al-Qur’an adalah Adz-Dzikr (Pemberi peringatan)

"Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al Quran, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya." (Al-Hijr 15:9)

4. Nama Lain Al-Qur’an adalah Al-Mau'idhah (Pelajaran/nasihat)

"Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh untuk penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan ajar serta rahmat untuk orang-orang yang beriman." (Yunus 10:57)

5. Nama Lain Al-Qur’an adalah Al-Hukm (Peraturan/hukum)

"...dan demikianlah, Kami telah menurunkan Al Quran itu sebagai peraturan (yang benar) dalam bahasa Arab. Dan kalau kamu mengikuti hawa nafsu mereka setelah datang pengetahuan kepadamu, karenanya sekali-kali tidak hadir pelindung dan pemelihara untukmu terhadap (siksa) Allah." (Ar-Ra'd 13:37)

6. Nama Lain Al-Qur’an adalah Al-Hikmah (Kebijaksanaan)

"Itulah beberapa hikmah yang diwahyukan Tuhanmu kepadamu, dan janganlah kamu menyelenggarakan tuhan lainnya di samping Allah, yang mengakibatkan kamu dilemparkan ke dalam neraka dalam kondisi tercela lagi dijauhkan (dari rahmat Allah)." (Al-Isra 17:39)

7. Nama Lain Al-Qur’an adalah Asy-Syifa' (Obat/penyembuh)

"Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh untuk penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan ajar serta rahmat untuk orang-orang yang beriman." (Yunus 10:57)

"...dan Kami turunkan dari Al Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat untuk orang-orang yang beriman dan Al Quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian." (Al-Isra 17:82)

8. Nama Lain Al-Qur’an adalah Al-Huda (Petunjuk)

"Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh untuk penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan ajar serta rahmat untuk orang-orang yang beriman." (Yunus 10:57)

"...dan sesungguhnya Al Quran itu benar-benar menjadi ajar dan rahmat untuk orang-orang yang beriman." (An-Naml 27:77)

"...dan sesungguhnya kami tatkala mendengar ajar (Al Quran), kami beriman kepadanya. Barangsiapa beriman kepada Tuhannya, karenanya dia tidak takut akan pengurangan pahala dan tidak (takut pula) akan penambahan dosa dan kekeliruan." (Al-Jin 72:13)

"Dialah yang telah mengutus Rasul-Nya (dengan membawa) ajar (Al-Quran) dan agama yang mempunyai sebagai dimenangkan-Nya atas segala agama, walaupun orang-orang musyrikin tidak menyukai." (At-Tawbah 9:33)

9. Nama Lain Al-Qur’an adalah At-Tanzil (Yang diturunkan)

"...dan sesungguhnya Al Quran ini benar-benar diturunkan oleh Tuhan semesta alam," (Asy-Syuara 26:192)

10. Nama Lain Al-Qur’an adalah Ar-Rahmat (Karunia)

"...dan sesungguhnya Al Quran itu benar-benar menjadi ajar dan rahmat untuk orang-orang yang beriman." (An-Naml 27:77)

11. Nama Lain Al-Qur’an adalah Ar-Ruh (Ruh)

"...dan demikianlah Kami wahyukan kepadamu wahyu (Al Quran) dengan perintah Kami. Sebelumnya kamu tidaklah mengetahui apakah Al Kitab (Al Quran) dan tidak pula mengetahui apakah iman itu, tetapi Kami menjadikan Al Quran itu cahaya, yang Kami tunjuki dengan dia siapa yang kami kehendaki di selang hamba-hamba Kami. Dan sesungguhnya kamu benar-benar memberi ajar kepada jalan yang lurus." (Asy-Syuraa 42:52)

12. Nama Lain Al-Qur’an adalah Al-Bayan (Penerang)

"(Al Quran) ini adalah penerangan untuk seluruh manusia, dan ajar serta pelajaran untuk orang-orang yang bertakwa." (Al-Imran 3:138)

13. Nama Lain Al-Qur’an adalah Al-Kalam (Ucapan/firman)

"...dan jika seorang ditengah orang-orang musyrikin itu rindu perlindungan kepadamu, karenanya lindungilah dia agar dia sempat mendengar firman Allah, pengahabisan antarkanlah dia ketempat yang terlindung untuknya. Demikian itu diakibatkan mereka kaum yang tidak mengetahui." (At-Tawbah 9:6)

14. Nama Lain Al-Qur’an adalah Al-Busyra (Kabar gembira)

"Katakanlah: "Ruhul Qudus (Jibril) menurunkan Al Quran itu dari Tuhanmu dengan mempunyai, sebagai meneguhkan (hati) orang-orang yang telah beriman, dan menjadi ajar serta kabar gembira untuk orang-orang yang berserah diri (kepada Allah)"." (An-Nahl 16:102)

15. Nama Lain Al-Qur’an adalah An-Nur (Cahaya)

"Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu bukti kebenaran dari Tuhanmu. (Muhammad dengan mukjizatnya) dan telah Kami turunkan kepadamu cahaya yang terang benderang (Al Quran)." (An-Nisa 4:174)

16. Nama Lain Al-Qur’an adalah Al-Basha'ir (Pedoman)

"Al Quran ini adalah pedoman untuk manusia, ajar dan rahmat untuk kaum yang meyakini." (Al-Jatsiyah 45:20)

17. Nama Lain Al-Qur’an adalah Al-Balagh (Penyampaian/kabar)

"(Al Quran) ini adalah penjelasan yang sempurna untuk manusia, dan agar mereka diberi peringatan dengan-Nya, dan agar mereka mengetahui bahwasanya Dia adalah Tuhan Yang Maha Esa dan agar orang-orang yang berakal mengambil pelajaran." (Ibrahim 14:52)

18. Nama Lain Al-Qur’an adalah Al-Qaul (Perkataan/ucapan)

"...dan sesungguhnya telah Kami turunkan berulang-ulang perkataan ini (Al Quran) kepada mereka agar mereka mendapat pelajaran." (Al-Qashash 28:51)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.