Sukses

5 Fakta Kawasan Itaewon yang Selalu Ramai Pengunjung, Muslim Town hingga Syuting Drama

Itaewon merupakan kawasan di kota Seoul yang memilki ciri khas budaya internasional. Kawasan ini selalu dipadati pengunjung dan pernah menjadi lokasi syuting drama Korea populer.

Liputan6.com, Jakarta Itaewon tengah menjadi perbincangan pasca insiden perayaan Halloween di Korea Selatan. Dilaporkan, jumlah korban tewas dalam tragedi tersebut naik menjadi 151 orang. Sementara itu, sekitar 150 orang juga dilaporkan terluka dalam insiden tragis yang terjadi di salah satu pemukiman di kota Seoul tersebut.

Insiden itu terjadi karena lonjakan kerumunan yang jelas selama perayaan Halloween pada Sabtu (29/10/2022) malam. Mereka tewas akibat sesak napas karena padatnya orang dan terinjak-injak pengunjung lain. Bukan hanya saat pesta Halloween, kawasan Itaewon sendiri merupakan daerah yang selalu ramai dipadati pengunjung.

Terletak di distrik Yongsan-gu, kota Seoul, Korea Selatan, kawasan tersebut begitu populer di kalangan anak muda di sana. Selain itu, Itaewon juga menjadi kawasan internasional ramah orang asing yang populer untuk restoran masakan internasional, toko, bar, dan klub yang melayani orang asing.

Itaewon sendiri memiliki kawasan Muslim Town dan menjadi lokasi syuting drama Korea. Simak beberapa fakta menarik tentang kawasan Itaewon yang selalu ramai pengunjung, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber pada Minggu (30/10/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Itaewon menjadi kawasan yang punya ciri khas budaya internasional

Terletak tepat di pusat kota Seoul, Itaewon adalah rumah bagi sebagian besar ekspatriat yang tinggal di Korea. Hal itulah yang menjadikan kawasan tersebut tempat peleburan mini budaya dan agama dari seluruh dunia.

Restoran yang menyajikan masakan dari seluruh dunia dapat ditemukan di sini termasuk India, Thailand, Pakistan, Yunani, Jerman, Prancis, Italia, Australia, Inggris, Amerika, dan Meksiko, masakan yang tidak mudah ditemukan di Korea. Menjadikannya tempat yang ramah wisatawan asing.

Selain itu, Itaewon juga terkenal dengan kehidupan malamnya. Orang asing menganggap Itaewon sebagai area paling populer di Seoul untuk bar dan klub selain Hongdae. Berbagai tempat minum dapat ditemukan di sini termasuk pub, bar anggur, klub hip-hop, klub salsa, lounge, dan kafe.

 

3 dari 6 halaman

2. Muslim Town di Korea Selatan

Itaewon juga dikenal sebagai Muslim Town atau kawasan muslim di Korea Selatan. Kebanyakan umat Muslim yang berada di kawasan ini adalah orang-orang dari Timur Tengah, Malaysia, dan Indonesia. Seoul Central Mosque juga terletak di Itaewon.

Selain masjid, sejumlah toko makanan halal juga menghiasai tempat tersebut. Di sana juga seringkali terlihat wanita berhijab dan orang-orang yang berwajah timur tengah. Membuat Itaewon terlihat bernuansa Islami.

Karena penduduk daerah yang beragam, Itaewon telah menjadi salah satu daerah paling kosmopolitan di Seoul. Dapat dikatakan bahwa Itaewon hampir lebih dikenal oleh orang asing dan penduduk non-Korea daripada orang Korea.

4 dari 6 halaman

3. Awal kepopuleran Itaewon

Melansir theseoulguide, sebelum Perang Dunia kedua, daerah ini sebagian besar merupakan pemukiman dan diduduki oleh penjajah Jepang. Setelah perang, Jepang dipaksa keluar dan digantikan oleh tentara Amerika yang mendirikan pangkalan di dekatnya. Itaewon, yang berarti "pohon pir besar", muncul setelah Perang Korea untuk tentara kaya yang tinggal di daerah sekitarnya.

Tentara Amerika dari pangkalan, bersama dengan pelancong dari seluruh dunia, telah berkumpul di sini selama bertahun-tahun untuk suasana pesta dan cita rasa internasional yang unik di Korea Selatan. Itaewon adalah satu-satunya tempat di Seoul di mana Anda tidak akan dikelilingi oleh orang Korea, tetapi sebagian besar oleh orang asing.

Itaewon semakin dikenal di seluruh dunia setelah Asian Games (1986) dan Olimpiade Seoul (1988). Ada berbagai macam toko, bar, klub, dan restoran yang membentang sejauh 1,4 km dari Itaewon hingga Hannam-dong. Garnisun Yongsan, markas besar Militer AS, terletak tepat di sebelah barat Itaewon. Banyak restoran, bar, dan toko mengandalkan bisnis personel militer.

 

5 dari 6 halaman

4. Ada 100 toko barang antik

Sebagian besar toko di Korea menawarkan pakaian yang cocok dengan pakaian Asia. Banyak pula toko di Itaewon yang menawarkan pakaian impor dalam ukuran yang sulit ditemukan di tempat lain di Korea. Dan, jika masih tidak dapat menemukan apa yang diinginkan, penjahit berpengalaman dapat membuat pakaian yang disesuaikan.

Itaewon juga mengkhususkan diri dalam barang-barang kulit dan bulu, koper dan tas tangan, serta perhiasan dan perabotan antik. Pernak-pernik dan suvenir juga dapat ditemukan di sini.

Itaewon menawarkan sekitar 100 toko barang antik yang berkumpul di satu jalan. Awalnya toko-toko itu hanya berurusan dengan furnitur bekas Angkatan Darat AS, tetapi saat ini pilihan di toko-toko telah diperluas untuk memasukkan furnitur antik dari seluruh dunia.

6 dari 6 halaman

5. Syuting drama Korea Itaewon Class

Bagi pencinta drama Korea, pasti sudah tidak asing dengan drama berjudul Itaewon Class yang populer pada 2020 lalu. Dibintangi oleh Park Seo Joon, Kim Da Mi, Ahn Bo Hyun dan Kwon Na Ra, serial ini sukses menjadi tayangan yang digemari masyarakat di berbagai negara, termasuk Indonesia.

Dalam drama ini, terdapat pula scene yang menampilkan Park Sae ro yi (Park Seo Joon) dan Oh Soo ah (Kwon Na Ra) tengah menikmati pesta Halloween di kawasan Itaewon. Beberapa lokasi di Itaewon yang menjadi tempat syuting pun semakin populer berkat drama tersebut. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.