Sukses

13 Cara Mengatasi Rambut Mengembang agar Rapi, Perhatikan Cara Keramas

Liputan6.com, Jakarta Dalam beberapa situasi, rambut yang mengembang tampak bagus, karena volume rambut terlihat lebih penuh. Namun, rambut mengembang biasanya jadi sulit diatur. Salah satu cara mengatasi rambut mengembang adalah dengan menggunakan sisir rambut.

Rambut yang sulit diatur ini tentu akan sangat memengaruhi penampilan, yang pada akhirnya akan memengaruhi kepercayaan diri juga. Maka dari itu, penting untuk mencari tahu cara mengatasi rambut mengembang agar bisa diatur sehingga tampak cantik.

Secara alami, beberapa orang memang memiliki jenis rambut yang mengembang. Namun, rambut mengembang juga bisa menjadi tanda bahwa rambut rusak dan kering. Kerusakan rambut tentu merupakan masalah yang serius.

Rambut kering dan mengembang biasanya terjadi karena kulit kepala tidak dapat memproduksi minyak yang cukup untuk melembapkan rambut. Hal ini juga bisa terjadi karena rambut kehilangan kelembapannya akibat kerusakan kutikula atau lapisan pelindung rambut.

Cara mengatasi rambut mengembang dan kering harus memperhatikan perawatan yang tepat. Menemukan sampo dan kondisioner yang tepat serta menggunakan bahan-bahan perawatan rambut yang alami, seperti minyak kelapa dan minyak zaitun bisa membuat rambut menjadi lebih lembap dan mudah diatur.

Berikut adalah sejumlah cara mengatasi rambut mengembang dan kering, seperti yang sudah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (25/10/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 7 halaman

Batasi Penggunaan Alat Styling Rambut

Cara mengatasi rambut mengembang dan kering adalah membatasi penggunaan produk dan alat styling rambut. Penggunaan alat-alat seperti pengering rambut, catokan, dan pengeriting yang memberikan panas ke rambut dapat merusak rambut jika terlalu sering dipakai.

Menggunakan Topi saat Keluar Rumah

Menggunakan topi saat keluar rumah juga perlu dilakukan sebagai cara mengatasi rambut mengembang dan kering. Hal ini untuk melindungi rambut dari panas dan paparan sinar matahari terlalu lama. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan penutup kepala saat mandi atau ketika berenang di kolam renang atau laut. Hal ini untuk melindungi rambut dari klorin dan air garam.

Mengonsumi Makanan Sehat

Perawatan rambut juga harus dilakukan dari dalam tubuh. Kamu bisa mengonsumsi makanan sehat seperti ikan salmon sebagai salah satu cara mengatasi rambut mengembang dan kering. Konsumsi ikan salmon dapat membantu membuat rambut lebih sehat dan berkilau. Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi sayur bayam untuk mengatasi rambut yang rapuh, dan jambu biji untuk mencegah kerusakan rambut.

3 dari 7 halaman

Gunakan Kondisioner

Selain pemilihan sampo, kamu juga perlu melengkapinya dengan menggunakan kondisioner setelah keramas. Menggunakan kondisioner setelah membersihkan rambut dengan shampo dapat membuat kutikula rambut tetap sehat dan menjaga kadar minyak alami di rambut. Selain itu, kondisioner juga dapat membuat rambut menjadi lembap dan lebih sehat.

Jangan Terlalu Sering Keramas

Salah satu cara mengatasi rambut mengembang dan kering adalah dengan menghindari keramas terlalu sering. Kebiasaan mencuci rambut setiap hari pada orang-orang yang memiliki rambut kering dan mengembang malah membuat masalah tersebut semakin parah. Bahkan bisa merusak rambut. Kamu sebaiknya mencuci rambut 1-2 kali dalam seminggu, atau mencucinya saat rambut sudah terasa kotor.

4 dari 7 halaman

Bilas Rambut dengan Air Dingin

Cara mengatasi rambut mengembang adalah dengan membilasnya menggunakan air dingin. Mandi pada suhu yang lebih rendah akan melindungi rambut dan kulit anda dengan mencegah rambut menjadi kering dan kusut. Banyak penata rambut merekomendasikan membilas rambut dengan air dingin untuk membantu menyegel kutikula rambut anda. Setelah mencuci rambut, turunkan suhu dan akhiri dengan bilas air dingin yang menyegarkan.

Gunakan Handuk Microfiber atau Katun untuk Mengeringkan Rambut

Handuk Anda juga dapat menyebabkan rambut kusut dan mengembang karena dapat membuat kutikula menjadi kasar. Alih-alih mengeringkan rambut anda dengan handuk kain terry standar, beralihlah ke handuk microfiber atau kaus dengan bahan katun. Handuk microfiber terbuat dari serat yang lebih halus, yang artinya lebih sedikit gesekan dan sangkutan pada rambut anda.

5 dari 7 halaman

Tata Rambut Dengan Sisir Bergigi Lebar

Menggunakan sisir yang salah dapat membuat kutikula rambut menjadi kasar dan menyebabkan rambut mengembang. Jangan pernah menggunakan sisir halus untuk menyisir rambut basah. Sebagai gantinya, gunakan sisir yang dirancang untuk rambut basah. Sisir bergigi lebar ideal untuk rambut yang mudah kusut karena memiliki lebih banyak ruang bagi rambut untuk melewati gigi, yang membantu mencegah kerusakan.

Biarkan Rambut Kering dengan Udara

Panas dari pengering rambut non-ionik biasa dapat merusak rambut, membuatnya terlihat kering dan mengembang. Banyak penata rambut menyarankan untuk menghindari pengering rambut dan membiarkan rambut anda kering dengan sendirinya untuk menghindari rambut mengembag dan kusut.

6 dari 7 halaman

Potong Rambut Anda Secara Teratur

Ujung bercabang dapat melebarkan batang rambut, yang dapat meningkatkan kekusutan rambut anda. Cara mengatasi rambut mengembang salah satunya adalah dengan potong rambut secara rutin. Sangat penting untuk menjaga ujung rambut anda tetap halus dan rapi. Sebaiknya potong rambut anda setiap 6-8 minggu untuk mencegah rambut kusut dan mengembang yang disebabkan oleh ujung bercabang.

Gunakan Masker Rambut Alami

Cara mengatasi rambut mengembang berikutnya adalah dengan menggunakan masker rambut alami. Masker rambut alami cocok untuk semua jenis rambut dan merupakan cara yang bagus untuk mengatasi rambut kusut dan mengembang dengan menciptakan penghalang untuk membantu menyegel hidrasi esensial dan mencegah hilangnya kelembaban pada rambut. Buatlah masker rambut dengan campuran minyak alpukat untuk menghaluskan rambut kusut dan mengembang.

7 dari 7 halaman

Potong Rambut Dengan Model Yang Cocok

Cara mengatasi rambut mengembang adalah menerapkan model rambut yang tepat. Ketika rambut ditata dan dipotong dengan baik, itu akan memberikan tampilan yang tidak terlihat kusut dan mengembang. Anda juga dapat melapisi rambut dengan memotongnya dengan silet. Untuk menipiskan rambut, anda perlu memotongnya lapis demi lapis pada sudut yang tepat dengan gunting khusus berduri.

Serum Rambut

Serum rambut adalah produk yang tepat sebagai cara mengatasi rambut mengembang dan kusut. Ini karena serum mengandung silikon. Alasan mengapa silikon efektif sebagai cara mengatasi rambut mengembang adalah karena silikon bertindak sebagai bahan seperti rantai untuk membantu menyetel kembali serat rambut dan membuat rambut terlihat halus dan juga memungkinkan rambut bergerak lebih bebas. Saat memilih serum, carilah bahan-bahan seperti Dimethiconol, yang menghaluskan dan meluruskan kembali serat rambut serta memberikan rasa lembut pada rambut.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS