Sukses

18 Manfaat Labu Bagi Kesehatan, Ketahui Kandungan dan Contoh Pengolahannya

Liputan6.com, Jakarta Ketika menyebut buah labu, terutama jenis labu kuning pasti yang paling sering terlintas di benak kita semua adalah Halloween. Labu merupakan tanaman yang terkenal tidak hanya untuk perayaan halloween, tetapi juga untuk dimakan dan potensinya sebagai tanaman obat. Labu merupakan tanaman bergizi dari keluarga Cucurbitaceae. Salah satu jenis yang terkenal adalah labu kuning atau Cucurbita moschata. Ada juga labu Cucurbita pepo, Cucurbita maxima dsb.

Dilansir dari jurnal yang berjudul "Nutritional Value, Phytochemical Potential, and Therapeutic Benefits of Pumpkin (Cucurbita sp.)" oleh Maria Batool dkk terdapat informasi bahwa labu telah banyak digunakan sebagai obat karena  labu memiliki sifat anti inflamasi, antioksidan, anti virus dan anti diabetes di berbagai negara, termasuk Hungaria, Austria, Meksiko, Slovenia, Cina, Spanyol serta berbagai negara di Eropa, Asia dan Afrika. Mulai dari kulit daging hingga biji labu semuanya dimanfaatkan.

Manfaat labu untuk kesehatan telah dibahas dalam banyak penelitian. Labu merupakan sumber beta karoten yang baik serta mengandung vitamin dan mineral. Karena sumber beta karoten yang baik, salah satu manfaat labu berkaitan dengan kesehatan mata atau penglihatan. Berikut uraian lebih lengkap tentang manfaat labu yang telah liputan6.com rangkum dari Healthline dan berbagai sumber, Jum’at (21/10/2022) .

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

Manfaat Labu Untuk Kesehatan

1. Kaya Nutrisi

Tidak hanya kaya akan beta karoten yang nantinya diubah  tubuh menjadi vitamin A, labu juga kaya akan serat dan rendah kalori karena kandungan airnya 94%. Beberapa kandungan labu lainnya, termasuk vitamin E, K, C, B6, kalium, protein, lemak, besi, karbohidrat, magnesium, riboflavin, sejumlah kecil fosfor, folat dsb. Semua nutrisi ini merupakan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Sehingga tidak mengejutkan ketika banyak peneliti yang tertarik meneliti manfaat labu untuk kesehatan.

2. Kaya Akan Antioksidan

Manfaat labu yang selanjutnya yaitu dapat mengurangi risiko penyakit kronis karena kaya akan antioksidan. Labu mengandung antioksidan, seperti alfa-karoten, beta-karoten dan beta-cryptoxanthin yang dapat menetralkan radikal bebas serta menghentikannya agar tidak merusak sel-sel tubuh. Penelitian sebelumnya banyak dilakukan pada hewan sehingga penelitian lebih lanjut pada manusia masih diperlukan.

3. Meningkatkan Imunitas

Labu memiliki banyak nutrisi yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Pertama ada beta-karoten yang nantinya diubah menjadi vitamin A. Vitamin A ini nantinya akan memperkuat kekebalan tubuh dengan berperan melawan infeksi. Terdapat juga vitamin C pada labu yang dapat meningkatkan produksi sel darah putih, membantu sel kekebalan tubuh bekerja dengan lebih efektif serta mempercepat penyembuhan luka. Selain itu, labu juga memiliki vitamin E, zat besi dan folat yang semuanya bekerja pada kekebalan tubuh.

4. Menjaga Fungsi Penglihatan

Manfaat labu selanjutnya dikaitkan dengan banyaknya nutrisi di dalamnya yang dapat memperkuat penglihatan seiring bertambahnya usia seseorang. Misalnya, vitamin A yang diperlukan untuk mencegah kebutaan. Seseorang yang mengkonsumsi makanan dengan tinggi beta-karoten juga disebutkan memiliki risiko katarak yang lebih rendah.

Tidak hanya itu, labu juga menjadi sumber lutein dan zeaxanthin terbaik. Dua senyawa tersebut terlibat dalam penurunan risiko degenerasi makula terkait usia atau age-related macular degeneration (AMD) dan katarak. Vitamin C dan E dalam labu juga dapat berperan mencegah radikal bebas yang bisa merusak sel-sel mata.

3 dari 6 halaman

Manfaat Labu Untuk Kesehatan

5. Meningkatkan Penurunan Berat Badan

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa labu memiliki kandungan kalori yang rendah meskipun memiliki banyak nutrisi. Labu memiliki 50 kalori per cangkir (245 gram). Manfaat labu dalam upaya penurunan berat badan intinya karena labu merupakan makanan rumahan penurun berat badan yang dapat dikonsumsi lebih banyak daripada sumber karbohidrat lainnya. Serat yang banyak pada labu juga akan menahan nafsu makan.

6. Menurunkan Risiko Terkena Kanker

Labu kaya akan karotenoid, senyawa yang berfungsi sebagai antioksidan. Karotenoid ini mungkin bisa menetralkan radikal bebas dan melindungi tubuh dari kanker tertentu. Beberapa penelitian pada manusia menyebutkan bahwa seseorang yang mengkonsumsi labu lebih banyak memiliki risiko terkena kanker tenggorokan, payudara, pankreas dsb yang lebih rendah.  

7. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat labu untuk menjaga kesehatan jantung berkaitan dengan labu yang mengandung banyak kalium, vitamin C dan serat. Ini karena orang dengan asupan kalium yang lebih banyak memilik tekanan darah dan risiko store yang lebih rendah. Kedua hal tersebut tentu sangat berkaitan dengan penyakit jantung. Selain itu, labu juga mempunyai antioksidan yang dapat mencegah lemak jahat dari pengoksidasi karena lemak jahat yang teroksidasi berkaitan dengan penyakit jantung.

8. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Seperti yang kita tahu jika labu memiliki banyak beta-karoten. Bet-karoten ini mampu bekerja sebagai tabir surya alami, membantu melindungi sel-sel kulit dari kerusakan akibat sinar UV yang berbahaya. Vitamin C pada labu juga membantu tubuh dalam kesehatan kulit karena vitamin ini diperlukan dalam pembuatan kolagen. Lutein, zeaxanthin dan vitamin E pada labu juga dapat meningkatkan pertahanan kulit terhadap sinar UV.

4 dari 6 halaman

Manfaat Labu Untuk Kesehatan

9. Menjaga Buang Air Besar tetap Teratur dan Mengatasi Sembelit

Dilansir dari U.S.News, seorang ahli diet dari Cleveland Clinic menyebutkan bahwa setengah cangkir labu matang mengandung 3 gram serat. Sedangkan orang dewasa harus mengkonsumsi setidaknya 25 gram serat, sehingga memakan labu akan membantu menjaga buang air besar tetap teratur dan dapat membantu mengatasi sembelit.

10. Mudah Ditambahkan Sebagai Menu Diet

Labu memiliki rasa yang lezat, manis dan banyak digunakan untuk membuat puding, pai dan pancake. Tidak hanya itu, labu yang manis ini juga cocok dipadukan dengan masakan gurih, termasuk sayuran panggang, sup dan pasta. Biji labu juga memiliki banyak nutrisi, seperti meningkatkan kesehatan kandung kemih dan jantung.

 

11. Mengurangi Risiko Kecacatan pada Kelahiran Bayi

Labu kuning juga baik dikonsumsi oleh ibu hamil karena kandungan asam folat dalam labu dapat membantu menurunkan risiko bayi lahir cacat. Hal ini karena asam folat berperan penting dalam pertumbuhan saraf.

12. Makanan Kaya Nutrisi Untuk Bayi

Labu merupakan buah yang padat nutrisi. Vitamin dan mineral yang ada dalam labu juga baik untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi. Ini, seperti magnesium dan kalsium pada labu yang dapat membuat tulang lebih kuat serta fosfor yang berperan dalam fungsi otak, keseimbangan hormon dll.

5 dari 6 halaman

Manfaat Biji Labu untuk Kesehatan

13. Meningkatkan Kesehatan Prostat dan Kandung Kemih

Beberapa penelitian yang dilakukan pada manusia menyatakan bahwa memakan biji labu dapat mengurangi gejala yang terkait dengan gejala hiperlasia prostat jinak atau benign prostatic hyperplasia (BPH).  Selanjutnya, biji labu sebagai suplemen juga membantu dalam mengatasi gejala kandung kemih yang terlampau aktif.

14. Meningkatkan Mood

Salah satu senyawa yang dimiliki labu adalah magnesium. Magnesium dalam labu menghasilkan manfaat labu untuk meningkatkan mood. Dilansir dai U.S News, sebuah jurnal di PLOS One pada tahun 2017 menyebutkan bahwa mengkonsumsi suplemen magnesium dapat membantu mengurangi gejala depresi dan kecemasan. Setengah cangkir biji labu menyediakan hampir 100% dari kebutuhan harian magnesium yang direkomendasikan.

15. Menurunkan Kadar Gula Darah

Manfaat labu selanjutnya yang tidak kalah penting adalah untuk menurunkan kadar gula darah. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa mengkonsumsi jus labu atau bubuk biji labu dapat mengurangi kadar gula darah pada orang penderita diabetes tipe dua. Magnesium yang tinggi ppada biji labu juga dikaitkan dengan efek positifnya pada diabetes. Akan tetapi, penelitian lebih lanjut masih diperlukan.

6 dari 6 halaman

Manfaat Biji Labu untuk Kesehatan dan Contoh Pengolahan Labu

16. Meningkatkan Kualitas Tidur

Biji labu merupakan sumber triptofan dan asam amino alami yang dapat membantu dalam meningkatkan kualitas tidur. Jadi, Anda yang kesulitan tidur dapat memakan biji labur sebelumnya. Untuk mencapai kadar triptofan yang dibutuhkan, Anda perlu mengkonsumsi hingga 200 gram biji labu per hari. Kadar magnesium yang baik pada biji labu juga dikaitkan dengan tidur yang lebih baik.

17. Meningkatkan Daya Ingat

Kandungan lutein pada labu dikaitkan dengan kegunaan labu untuk meningkatkan daya ingat. Selain itu, lutein pada labu juga dapat membantu dalam meningkatkan konsentrasi dan fungsi kognitif.

18. Menjaga Tekanan Darah

Sebuah jurnal tentang “Medicinal and biological potential of pumpkin: an updated review” yang dipublikasikan oleh Cambridge University Press menyebutkan bahwa minyak biji labu memiliki interaksi obat yang sangat baik dengan obat hipotensi seperti felodipine (antagonis Ca) dan captopril (inhibitor enzim pengubah angiotensin), dalam hal peningkatan potensi hipotensi dalam model hewan hipertensi. Labu juga memiliki kandungan kalium yang banyak yang dapat berperan menjaga tekanan darah agar tetap stabil.

Contoh Mengolah Labu

Anda dapat mengolah labu dalam berbagai cara. Selain dipanggang atau dijadikan sup, Anda juga dapat memadukan labu dengan santan atau rempah-rempah lainnya untuk membuat kari base. Selain itu, Anda juga dapat memanggang biji labu untuk camilan dengan ditaburi gula merah atau kayu manis. Bahkan Anda bisa juga menjadikannya sebagai topping salad. Akan tetapi, minuman latte labu tidak akan membawa manfaat labu bagi kesehatan yang sebenarnya.

Nah, demikian manfaat labu bagi kesehatan. Akan tetapi, tetap ingat untuk tidak mengkonsumsinya secara berlebihan meskipun kaya akan manfaat.

 

Reporter magang : Friska Nur Cahyani

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS