Sukses

15 Cara Membuat Kulit Putih Secara Alami dan Penggunaanya yang Tepat

Cara membuat kulit putih bisa kamu lakukan di rumah.

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat kulit putih bisa dengan menggunakan bahan-bahan alami. Hal ini tentunya tergantung pada kandungan yang dimiliki oleh bahan-bahan alami tersebut. Penggunaan bahan alami untuk perawatan kulit juga lebih aman dan murah.

Perawatan kulit dengan bahan alami lebih ekonomis dibandingkan melakukan perawatan dengan teknologi modern atau menggunakan produk kecantikan. Apalagi, perawatan tersebut terkadang juga menimbulkan efek yang tidak baik jika tidak cocok dengan kulit.

Cara membuat kulit putih bisa kamu lakukan di rumah. Kamu perlu mengikuti penggunaan yang tepat dalam menggunakan bahan alami untuk membuat kulit putih. Dengan begitu, kulit kamu pun dapat menjadi lebih putih dan cerah.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (19/10/2022) tentang cara membuat kulit putih.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Cara Membuat Kulit Putih

Kunyit

Cara membuat kulit putih yang pertama yaitu dengan kunyit. Kandungan kurkumin dalam kunyit berfungsi menetralkan radikal bebas. Kunyit juga banyak digunakan sebagai lulur alami tradisional. Cara membuat kulit putih dengan kunyit sebagai lulur sangat mudah seperti berikut ini:

1. Campur susu dan bubuk kunyit hingga mengental.

2. Oles ke seluruh tubuh.

3. Diamkan 15 menit.

4. Bilas bersih dengan air hangat.

Lidah Buaya

Pada lidah buaya terkandung zat aloesin. Zat tersebut berfungsi menghambat pembentukan melanin pada kulit. Seperti yang diketahui, melanin merupakan sumber dari warna gelap di kulit. Dengan menghambat produksi melanin, maka bisa membantu dalam pencerahan kulit.

Cara membuat kulit putih dengan lidah buaya adalah sebagai berikut:

1. Potong lidah buaya menjadi beberapa bagian.

2. Ambil gel lidah buaya.

3. Oleskan merata ke seluruh tubuh.

4. Diamkan 15 menit.

5. Bilas dengan air bersih.

Teh Hijau

Cara membuat kulit putih berikutnya adalah menggunakan teh hijau. Ini berkat kandungan antioksidan yang bermanfaat untuk kulit. Teh hijau membantu menghilangkan racun dari tubuh yang membuat kulit lebih putih dan mengurangi kusam. Teh hijau bisa dikonsumsi setiap hari untuk mendapatkan khasiat antioksidannya. Teh hijau juga bisa dimasukkan sebagai campuran masker.

3 dari 6 halaman

Cara Membuat Kulit Putih

Jeruk Nipis atau Lemon

Kandungan di dalam jeruk nipis yaitu anti-oksidan dan vitamin C. Kandungan tersebut berguna untuk mencerahkan kulit, mencegah jerawat pada kulit, mengatasi minyak berlebih, serta mengangkat sel kulit mati. Hal ini juga berlaku saat kamu menggunakan lemon.

Berikut cara membuat kulit putih menggunakan jeruk nipis atau lemon:

1. Belah buah jeruk jadi dua bagian.

2. Oles rata pada tubuh.

3. Diamkan 30 menit.

4. Bilas dengan air bersih.

Susu

Adanya kolagen pada kulit memiliki fungsi untuk menjaga kulit tetap kenyal dan tidak berkerut. Susu mengandung vitamin D yang mampu membantu meningkatkan produksi kolagen. Selain itu, susu juga memiliki kandungan vitamin B6 yang berguna merawat dan menjaga kesehatan serta kelembapan kulit.

Berikut cara membuat kulit putih menggunakan susu:

1. Campur 1 gelas susu segar dengan 4 sdm madu.

2. Aduk rata kemudian oleskan pada tubuh.

3. Diamkan selama 30 menit.

4. Bilas dengan air bersih.

Minyak Kelapa

Cara membuat kulit putih berikutnya yaitu dengan minyak kelapa. Minyak kelapa yang kaya nutrisi dapat menghasilkan selaput yang menjaga kulit tetap terhidrasi. Kulit kering dapat terlihat kusam dan tidak bernyawa. Kamu dapat memijat wajah dengan minyak kelapa hangat setiap hari di wajah dan tubuh agar kulit tetap lembap.

Selain itu kamu dapat menggunakannya sebagai masker. Campurkan 2 sdm. masing-masing minyak kelapa dan madu. Oleskan pada wajah dan cuci setelah 15 menit dengan air hangat.

4 dari 6 halaman

Cara Membuat Kulit Putih

Yoghurt

Yoghurt adalah produk olahan susu. yang mengandung kalsium dan zinc. Kalsium tersebut berfungsi menjaga kelembapan kulit dan menjaga kulit tidak kekurangan cairan. Sedangkan zinc berfungsi mengatasi masalah kulit. Kandungan vitamin B kompleks pada yogurt juga mampu menyehatkan kulit dan membuat kulit bersih serta cerah alami.

Berikut cara membuat kulit putih menggunakan yoghurt:

1. Siapkan yogurt plain.

2. Oleskan rata ke seluruh tubuh dan diamkan 30 menit.

3. Bilas menggunakan air bersih dan sabun.

Bengkuang

Banyak produk kecantikan yang menggunakan bengkuang sebagai pemutih. Hal ini karena bengkuang mengandung banyak vitamin B dan C yang berfungsi untuk memutihkan serta menjaga kulit supaya tetap cerah. Lalu, adanya kandungan vitamin C pada bengkoang bisa merangsang sel kulit untuk regenerasi.

Cara membuat kulit putih dengan bengkoang cukup mudah, yaitu:

1. Parut bengkoang kemudian campur dengan sedikit air dan peras.

2. Gunakan sarinya sebagai lulur mandi yang alami.

3. Kemudian, ampas parutan bengkoang gunakan sebagai scrub.

Timun

Cara membuat kulit putih selanjutnya yaitu dengan timun. Memiliki sifat anti-inflamasi, serta antioksidan dan nutrisi seperti vitamin C dan asam folat, mentimun membuat bahan alami untuk masker wajah. Mentimun memiliki silika, senyawa yang membantu mencerahkan wajah.

Campur 3 sdm jus mentimun dalam mangkuk dan 1 sdm jus lemon. Oleskan pada wajah dan leher, pijat lembut dengan ujung jari. Biarkan mengering secara alami lalu bilas dengan air biasa.

5 dari 6 halaman

Cara Membuat Kulit Putih

Putih Telur

Putih telur memiliki kandungan protein tinggi. Kandungan tersebut berfungsi untuk regenerasi kulit agar sel kulit mati terkelupas kemudian diganti sel kulit baru yang lebih sehat. Sayangnya menggunakan putih telur cenderung bau amis.

Berikut cara membuat kulit putih menggunakan putih telur:

1. Siapkan putih telur dan kocok hingga berbuih.

2. Tambahkan madu dan jeruk nipis agar bau amis sedikit berkurang.

3. Diamkan 30 menit.

4. Bilas dengan air hangat.

Madu

Madu dikenal baik untuk melembapkan dan mencerahkan kulit. Madu juga kaya akan anti-oksidan yang dapat mengangkat kulit mati. Berikut ini cara membuat kulit putih secara alami dengan madu:

1. Siapkan madu secukupnya.

2. Oleskan madu ke seluruh tubuh.

3. Diamkan 30 menit

4. Mandi dengan sabun hingga bersih.

Jahe

Cara membuat kulit putih secara alami selanjutnya yaitu dengan jahe.Jahe dikenal karena sifat afrodisiak, antioksidan dan pengencangannya, yang berkontribusi pada kulit yang bercahaya. Jahe juga mengandung vitamin C yang dapat mencerahkan dan memutihkan kulit. Ini bekerja untuk membersihkan dan memurnikan, memberi kulit yang cantik, bercahaya, kencang.

Cara memutihkan wajah secara alami dengan jahe adalah dengan mencampur dua jahe parut dengan dua sendok makan madu dan satu sendok teh air lemon. Dinginkan selama setidaknya 30 menit. Oleskan di wajah dan bilas dengan air dingin setelah 30 menit.

6 dari 6 halaman

Cara Membuat Kulit Putih

Pepaya

Enzim papain yang ada di dalam pepaya berguna untuk regenerasi kulit. Selain itu, kandungan vitamin A, C, dan E berfungsi sebagai anti-oksidan yang mampu menutrisi dan menjaga kelembapan kulit. Berikut ini cara membuat kulit putih dengan pepaya:

1. Siapkan pepaya dan tumbuk hingga halus.

2. Oles rata ke seluruh tubuh sebagai lulur.

3. Diamkan 30 menit.

4. Bilas bersih sembari mandi.

Tomat

Lycopine pada tomat merupakan anti-oksidan yang dapat menangkal radikal bebas dan membuat kulit menjadi cerah. Tomat juga berfungsi sebagai tabir surya untuk memperkecil kerusakan karena sinar UV. Cara membuat kulit putih secara alami menggunakan tomat yaitu:

1. Tumbuk halus tomat.

2. Oleskan ke seluruh tubuh.

3. Diamkan 30 menit.

4. Bilas dengan air bersih.

Kencur

Cara membuat kulit putih selanjutnya dengan kencur. Tak cuma hadir sebagai jamu penyegar tubuh, kencur juga dapat mencerahkan wajah. Kencur juga merupakan sumber antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan kulit. Cara memutihkan wajah secara alami dengan kencur adalah membuat masker beras kencur.

Cukup siapkan 2 sendok makan beras, air dan dua ruas kencur. Rendam beras dan haluskan berasama kencur dan air. Saring air beras kencur lalu diamkan beberapa saat sampai mengendap. Setelah mendapatkan endapan ini, buang airnya dan gunakan endapan beras kencur tersebut sebagai masker.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.