Sukses

Ibuprofen Adalah Obat Anti Inflamasi, Pahami Manfaat, Efek Samping dan Aturannya

Ibuprofen adalah obat yang digunakan untuk meredakan rasa sakit, berikut ini manfaat, aturan pakai dan efek samping penggunaannya.

Liputan6.com, Jakarta Ibuprofen adalah obat yang digunakan untuk meredakan rasa sakit dari berbagai kondisi seperti sakit kepala, sakit gigi, kram menstruasi, nyeri otot atau radang sendi. Obat ini juga digunakan untuk mengurangi demam dan untuk meredakan sakit ringan dan nyeri karena pilek atau flu.

Ibuprofen adalah obat anti inflamasi nonsteroid (NSAID). Obat ini bekerja dengan menghalangi produksi zat alami tertentu yang menyebabkan peradangan di tubuh anda. Efek ini membantu mengurangi pembengkakan, nyeri atau demam. Obat ini tersedia dalam bentuk kapsul, tablet, sirup dan suntik.

Pemberian obat ibuprofen umum digunakan oleh masyarakat, namun tetap penting bagi masyarakat terutama yang menggunakannya, untuk mengetahui manfaat, cara pemakaian, efek samping dan dosis dari penggunaan obat ibuprofen.

Berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber tentang manfaat obat ibuprofen, serta cara pemakaian, efek samping, aturan pakai dan dosisnya, Rabu (19/10/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Manfaat Ibuprofen

Ibuprofen adalah obat anti inflamasi nonsteroid (NSAID). Obat ini bekerja dengan mengurangi hormon yang menyebabkan peradangan dan rasa sakit di tubuh. Ibuprofen digunakan untuk mengurangi demam dan mengobati rasa sakit atau peradangan yang disebabkan oleh berbagai kondisi seperti sakit kepala, sakit gigi, sakit punggung, radang sendi, kram menstruasi atau cedera ringan.

Ibuprofen juga dapat digunakan untuk meredakan demam jangka pendek, nyeri ringan hingga sedang, dan peradangan (kemerahan, bengkak, dan nyeri). Ibuprofen juga meringankan beberapa gejala:

- Sakit kepala, seperti migrain atau sakit kepala tegang.

- Sakit sinus.

- Sakit gigi dan nyeri setelah prosedur gigi.

- Sakit punggung, nyeri otot dan nyeri.

- Nyeri haid.

- Sakit tenggorokan.

- Keseleo dan ketegangan sendi atau tendon seperti tennis elbow.

- Radang sendi.

3 dari 5 halaman

Cara Kerja Ibuprofen

Ibuprofen membantu meringankan rasa sakit yang disebabkan oleh peradangan, yang terjadi ketika tubuh memproduksi jumlah molekul yang disebut prostaglandin meningkat ketika anda memiliki penyakit atau cedera.

Ketika prostaglandin dilepaskan, mereka membuat saraf terdekat lebih sensitif terhadap rasa sakit yang membantu tubuh anda menyadari ada sesuatu yang salah. Jadi misalnya, ketika anda meletakkan tangan anda pada sesuatu yang tajam, saraf terdekat memberi tahu otak anda, yang mengirimkan pesan bahwa tangan anda sakit.

Prostaglandin juga membuat jaringan meradang dan bengkak, hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa anda sakit tenggorokan saat sakit dan mengapa pergelangan kaki yang terkilir menjadi bengkak dan nyeri. Karena ibuprofen menghambat produksi prostaglandin di seluruh tubuh, ibuprofen dapat digunakan untuk membantu meredakan nyeri tubuh yang disebabkan oleh peradangan.

Anda tidak boleh menggunakan ibuprofen jika anda alergi terhadapnya atau jika anda pernah mengalami serangan asma atau reaksi alergi parah setelah mengonsumsi aspirin atau NSAID. Tanyakan kepada dokter atau apoteker apakah obat ini aman digunakan jika anda pernah mengalami:

- Penyakit jantung, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, diabetes atau jika anda merokok

- Serangan jantung, stroke, atau pembekuan darah;

- Sakit maag atau pendarahan;

- Penyakit hati atau ginjal;

- Asma.

4 dari 5 halaman

Cara Menggunakan Ibuprofen

Jika anda menggunakan produk yang dijual bebas, baca semua petunjuk pada kemasan produk sebelum minum obat ini. Jika dokter anda telah meresepkan obat ini, bacalah Panduan obat yang disediakan oleh apoteker anda sebelum anda mulai menggunakan ibuprofen. Jika anda memiliki pertanyaan, tanyakan kepada dokter atau apoteker anda.

Minum obat ini melalui mulut, biasanya setiap 4 sampai 6 jam dengan segelas penuh air. Jangan berbaring minimal 10 menit setelah minum obat ini. Jika anda mengalami sakit perut saat minum obat ini, minumlah bersama makanan, susu, atau antasida.

Dosis didasarkan pada kondisi medis anda dan respons terhadap pengobatan. Untuk mengurangi resiko pendarahan lambung dan efek samping lainnya, minum obat ini dengan dosis rendah untuk waktu sesingkat mungkin.

Jangan menambah dosis atau minum obat ini terlalu sering dari yang diarahkan oleh dokter atau label kemasan. Untuk kondisi yang sedang berlangsung seperti radang sendi, lanjutkan minum obat ini seperti yang diarahkan oleh dokter anda.

Ketika ibuprofen digunakan oleh anak-anak, dosisnya didasarkan pada berat badan anak. Baca petunjuk kemasan untuk menemukan dosis yang tepat untuk berat badan anak. Konsultasikan dengan apoteker atau dokter jika anda memiliki pertanyaan atau jika anda memerlukan bantuan untuk memilih produk tanpa resep.

Untuk kondisi tertentu (seperti radang sendi), mungkin diperlukan waktu hingga dua minggu untuk mengonsumsi obat ini secara teratur sampai anda mendapatkan manfaat penuh. Jika anda menggunakan obat ini tidak dengan jadwal yang teratur), ingatlah bahwa obat pereda nyeri bekerja paling baik jika digunakan saat tanda-tanda pertama nyeri muncul.

Jika anda menunggu sampai rasa sakitnya memburuk, obatnya mungkin tidak bekerja dengan baik. Jika kondisi anda berlanjut atau memburuk, dan jika anda merasa memiliki masalah medis yang serius, segera dapatkan bantuan medis.

5 dari 5 halaman

Efek Samping Ibuprofen

Ibuprofen dapat meningkatkan risiko serangan jantung atau stroke yang fatal. Jangan gunakan obat ini sebelum atau sesudah operasi bypass jantung (cangkok bypass arteri koroner, atau CABG). Ibuprofen juga dapat menyebabkan pendarahan lambung atau usus, yang bisa berakibat fatal. K

Kondisi ini dapat terjadi tanpa peringatan saat anda menggunakan obat ini, terutama pada orang dewasa yang lebih tua. Jangan mengambil lebih dari dosis yang direkomendasikan. Overdosis ibuprofen dapat merusak perut atau usus. Gunakan hanya sedikit obat yang dibutuhkan untuk menghilangkan rasa sakit, bengkak, atau demam.

Dapatkan bantuan medis darurat jika anda memiliki tanda-tanda reaksi alergi terhadap ibuprofen (gatal -gatal, sulit bernapas, bengkak di wajah atau tenggorokan) atau reaksi kulit yang parah (demam, sakit tenggorokan, mata terbakar, nyeri kulit, ruam kulit merah atau ungu dengan melepuh dan mengelupas).

Dapatkan juga bantuan medis darurat jika anda memiliki tanda-tanda serangan jantung atau stroke, seperti nyeri dada menyebar ke rahang atau bahu, mati rasa atau kelemahan tiba-tiba pada satu sisi tubuh, bicara cadel, kaki bengkak dan sesak napas.

Berhenti menggunakan obat ini dan hubungi dokter jika anda mengalami:

- Perubahan dalam penglihatan.

- Sesak napas.

- Pembengkakan.

- Ruam kulit, tidak peduli seberapa ringannya ruam yang muncul.

- Tanda-tanda pendarahan perut, seperti tinja berdarah atau lembek, batuk darah atau muntah yang terlihat seperti bubuk kopi.

- Masalah hati, seperti mual, sakit perut bagian atas, gatal, perasaan lelah, gejala seperti flu, kehilangan nafsu makan, urin gelap, tinja berwarna tanah liat, penyakit kuning pada kulit dan mata.

- Tanda-tanda anemia seperti kulit pucat, merasa pusing atau sesak napas, detak jantung cepat dan sulit berkonsentrasi.

- Masalah ginjal, seperti sedikit atau tidak ada buang air kecil, nyeri atau sulit buang air kecil, bengkak di kaki atau pergelangan kaki, merasa lelah atau sesak napas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.