Sukses

20 Cara Hilangkan Jerawat Secara Cepat dan Alami, Ampuh Tak Berbekas

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak cara hilangkan jerawat yang bisa Anda coba. Bahkan beberapa di antaranya memiliki proses pemulihan yang cepat hingga menghilangkan bekasnya.

Jerawat sebenarnya adalah masalah wajah yang umum. Artinya hampir semua orang akan mengalami masalah dengan jerawat. Jerawat umumnya muncul di wajah, namun kadang bisa di telinga atau di punggung. Munculnya jerawat di wajah ini tentu sangat mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri. 

Oleh karena itu penting untuk mengetahui cara hilangkan jerawat hingga bekas-bekasnya. Sebenarnya ada sejumlah cara hilangkan jerawat yang bisa Anda coba, mulai dari menggunakan produk perawatan hingga memanfaatkan bahan-bahan alami.

Menggunakan produk perawatan mungkin menjadi cara hilangkan jerawat yang cepat. Namun beberapa orang mungkin tidak cocok dengan produk perawatan wajah tertentu. Jika tidak cocok, alih-alih jerawat hilang, justru yang ada malah bertambah.

Meski demikian, ada bahan alami yang bisa dimanfaat sebagai selah satu cara hilangkan jerawat. Penggunaan bahan alami dianggap lebih aman karena risiko iritasi dan alergi lebih kecil.

Berikut adalah sejumlah cara hilangkan jerawat, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (19/10/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 7 halaman

Cara menghilangkan jerawat dengan Cuka Apel

1. Cuka Apel

Cuka apel memiliki kandungan malic acid yang dapat memberikan efek eksfoliasi kulit. Cuka apel dipercaya dapat mencegah penyumbatan pori-pori dan penumpukan sel kulit mati. Dengan kata lain, cuka apel adalah salah satu cara hilangkan jerawat yang cukup ampuh.

Untuk mengilangkan bekas jerawat, cuka apel dapat digunakan sebagai toner maupun masker. Caranya, campurkan dua sendok makan cuka apel dengan 2 cangkir air matang, dan satu sendok gel lidah buaya. Campurkan bahan tersebut kemudian masukkan ke dalam botol semprot. Kemudian semprotkan campuran bahan tersebut ke wajah.

Untuk menggunakannya sebagai masker, campurkan 2 sendok makan cuka apel dengan baking soda. Lalu gunakan campuran tersebut sebagai masker. Diamkan selama kurang lebih 20 menit, lalu bilas.

2. Lemon

Lemon memiliki kandungan alami yang dapat mencegah kulit mengalami infeksi. Selain itu, lemon juga memiliki kandungan yang dapat membunuh bakteri penyebab jerawat. Cara hilangkan jerawat secara alami dengan lemon adalah sebagai berikut.

Campurkan lemon dengan air. Kemudian oleskan campuran tersebut pada wajah. Diamkan dalam waktu semalam. Kemudian bilas ketika bangun tidur.

3. Mentimun

Mentimun memiliki kandungan yang dipercaya dapat menghilangkan jerawat dan bekasnya dalam waktu singkat. Caranya, parut timun agar halus. Kemudian tempelkan parutan timun pada bagian kulit yang memiliki bekas jerawat. Diamkan selama sekitar 30 menit lalu bilas.

3 dari 7 halaman

Cara menghilangkan jerawat dengan Putih telur

4. Putih Telur

Putih telur mengandung enzim lisozim yang terbukti ampuh dalam membunuh bakteri penyebab jerawat. Putih telur juga dapat membantu dalam mengangkat sel kulit mati, sehingga menjadi salah satu cara hilangkan jerawat yang ampuh.

Caranya, pecahkan telur lalu pisahkan bagian kuning telur dengan putih telurnya. Kocok putih telur hingga mengembang lalu oleskan pada bagian kulit wajah yang ada bekas jerawatnya. Biarkan selama beberapa saat lalu bisa.

5. Es Batu

Cara hilangkan jerawat secara alami dapat menggunakan es batu. Bahkan, cara ini sangat efektif untuk mengatasi jerawat yang sedang meradang agar segera hilang. Caranya cukup mudah, yakni dengan menggunakan es batu sebagai kompres untuk mengompres kulit yang terkena jerawat.

6. Baking Soda

Sebagai bahan campuran dengan cuka apel, baking soda memiliki efek untuk mengangkat sel kulit mati. Tidak hanya sebagai campuran saja, baking soda juga dapat bekerja mengangkat sel kulit mati dengan kandungannya berupa kristal sodium bicarbonate.

Dengan kata lain, mengaplikasikan baking soda adalah salah satu cara hilangkan jerawat secara alami. Caranya, campurkan baking soda dengan air, lalu aduk hingga kental. Aplikasikan pada bekas jerawat. Diamkan beberapa saat lalu bilas dengan air hangat.

7. Bawang Merah

Bawang merah mengandung antimicrobial yang berkhasiat melawan bakteri yang menyebabkan munculnya jerawat dan menghilangkan bekasnya pada kulit. Caranya, parut bawang merah hingga halus. Lalu oleskan parutan bawang merah ke bagian bekas jerawat. Diamkan selama kurang lebih lima menit, lalu bilas.

4 dari 7 halaman

Cara menghilangkan jerawat dengan dengan Pepaya

8. Pepaya

Pepaya memiliki kandungan aktif yang menyerupai mentimun. Dengan kata lain, cara hilangkan jerawat bisa dilakukan juga dengan pepaya. Caranya, haluskan pepaya, lalu oleskan pada bagian bekas jerawat. Diamkan selama kurang lebih 20 menit, lalu bilas hingga bersih.

9. Kentang

Kentang mengandung vitamin dan mineral yang dapat membantu menyembuhkan luka di kulit termasuk bekas jerawat. Caranya, iris kentang tipis-tipis. Lalu tempelkan irisan kentang tersebut pada bekas jerawat. Diamkan selama kurang lebih 10 menit. Terakhir bilas hingga bersih.

10. Madu

Salah satu cara hilangkan jerawat secara alami adalah dengan madu. Madu memiliki kandungan alami yang bersifat seperti antibiotik yang mampu mencegah infeksi penyebab radang pada jerawat dan berfungsi memudarkan bekasnya.

Caranya, siapkan madu murni lalu oleskan ke bekas jerawat. Diamkan sampai madu mengering. Lalu bilas dengan air hangat.

11. Teh Hijau

Teh hijau mengandung flavonoid dan tanin, yang berfungsi membantu melawan peradangan dan bakteri penyebab jerawat. Teh hijau juga tinggi antioksidan dan bisa melawan peradangan, mengurangi produksi sebum dan menghambat pertumbuhan bakteri P. acnes pada orang dengan kulit acne prone.

Cara hilangkan jerawat secara alami dengan madu adalah, rebus daun teh hijau selama 3-4 menit. Dinginkan air rebusan teh hijau, lalu oleskan ke bagian bekas jerawat. Diamkan selama 10 menit, lalu bilas.

5 dari 7 halaman

Cara menghilangkan jerawat dengan Tomat

12. Tomat

Salah satu cara hilangkan jerawat secara alami juga bisa dengan menggunakan tomat. Caranya, haluskan buah tomat yang sudah matang dengan menggunakan blender. lalu aplikasikan tomat yang sudah halus itu sebagai masker. Diamkan sampai tomat mengering, lalu bilas.

13. Oatmeal

Kandungan alami dalam oatmeal memiliki efek yang dapat mengangkat sel kulit mati sekaligus mencerahkan kulit. Caranya, haluskan oatmeal, campur dengan perasan lemon atau madu. Kemudian oleskan pada kulit yang terdapat bekas jerawat. Diamkan sampai mengering, lalu bilas.

14. Lidah Buaya

Lidah buaya merupakan bahan alami yang dikenal ampuh untuk perawatan kulit. Lidah buaya dapat mencegah penuaan, melembapkan kulit, mengurangi strech marks, dan mencerahkan kulit. Manfaat lainnya adalah lidah buaya dapat menghilangkan bekas jerawat dengan cepat.

Lidah buaya dapat menjadi salah satu cara hilangkan jerawat secara alami. Dikombinasikan dengan air perasan jeruk lemon, akan membuat manfaat lidah buaya dalam menghilangkan bekas jerawat.

Caranya, campurkan lidah buaya dengan perasan air jeruk lemon. Kemudian gunakan campuran tersebut untuk memijat kulit wajah Anda. Fokuskan pada bagian yang ada bekas jerawatnya. Diamkan selama kurang lebih 30 menit, lalu bilas.

15. Olive Oil

Olive oil atau minyak zaitun memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mempercepat penyembuhan luka, termasuk bekas jerawat. Dengan menambahkan gula pasir, olive oil adalah salah satu cara menghilangkan bekas jerawat secara alami dalam waktu 3 hari.

Caranya, campurkan satu sendok teh olive oil dengan satu sendok makan gula pasir. Gunakan campuran itu untuk memijat kulit wajah Anda yang memiliki bekas jerawat. Setelah selesai, lalu bilas.

6 dari 7 halaman

Cara menghilangkan jerawat dengan Tea Tree Oil

16. Tea Tree Oil

Tea tree diekstraksi dari daun pohon melaleuca alternifolia yang berasal dari Australia. Kandungannya sudah terkenal ampuh dalam melawan bakteri dan mengurangi peradangan kulit.

Dikutip dari National Center for Complementary and Integrative Health (NCCIH), minyak pohon teh efektif dalam mengatasi jerawat. Secara khusus, minyak pohon teh membantu melawan propionibacterium acnes (P acnes) dan staphylococcus epidermidis (S epidermidis), yakni dua jenis bakteri yang menyebabkan jerawat.

Perawatan dengan minyak pohon teh juga terbukti minim efek samping, termasuk kekeringan, iritasi, dan rasa terbakar. Namun, hal terpenting yang harus diperhatikan adalah minyak ini tidak bisa langsung dioleskan ke kulit karena dapat memicu iritasi.

Kamu bisa menggunakan tea tree oil dengan cara mencampurkannya dengan 1 sendok teh miyak pembawa. Kemudian celupkan kapas ke dalam campuran tersebut dan oleskan langsung ke bagian wajah yang berjerawat.

Jika perlu, kamu bisa mengoleskan pelembab setelahnya. Ulangi proses tersebut selama 1-2 kali sehari atau sesuaikan dengan kebutuhanmu.

17. Minyak esensial

Selain minyak pohon teh, ada beberapa minyak esensial lainnya yang bersifat antibakteri dan anti-inflamasi. Beberapa di antaranya terbuat dari kayu manis, mawar, lavender, serta cengkeh, yang dinilai mampu melawan bakteri penyebab jerawat.

Seperti minyak pohon teh, sejumlah minyak esensial tersebut juga dapat memicu iritasi kulit jika dioleskan secara langsung. Pastikan mengencerkan semua minyak esensial dan lakukan uji coba sebelum menggunakannya.

Penggunaan minyak esensial bisa kamu mulai dengan mencampurkan 10 tetesnya dengan 1 ons (30 ml) minyak pembawa. Kemudian celupkan kapas ke dalam campuran dan oleskan ke bagian wajah yang berjerawat.

Kamu juga bisa mengoleskan pelembab setelahnya jika diperlukan. Sama seperti tea tree oil, kamu bisa melakukan cara ini selama 1-2 kali sehari atau sesuai kebutuhan.

 

7 dari 7 halaman

Cara menghilangkan jerawat dengan Masker Aspirin

18. Masker Aspirin

Disarankan untuk mencampur tablet aspirin yang dihancurkan dengan air untuk membuat pasta dan mengoleskannya pada jerawat batu. Mengapa ini akan berhasil? Secara alami ini diyakini dapat membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan pada jerawat batu.

Penting untuk dicatat bahwa aspirin dapat menyebabkan iritasi bila dioleskan langsung ke kulit. Juga, bagi yang memiliki alergi terhadap salisilat, lebih baik hindari cara ini.

19. Pembersih Cuka

Cuka dikenal memiliki sifat antibakteri yang cocok digunakan sebagai cara hilangkan jerawat batu secara alami. Para ahli merekomendasikan menggunakan pembersih cuka putih encer pada kulit sebanyak dua kali sehari. Pengenceran yang disarankan biasanya sekitar 2 tutup penuh cuka dicampur dengan sekitar 3 cangkir air murni.

Sekali lagi, berhati-hatilah saat mengoleskan cuka ke kulit. Ini karena cuka dapat menyebabkan iritasi.

20. Masker Kunyit

Cara hilangkan jerawat batu secara alami adalah menggunakan masker kunyit. Cukup campurkan bubuk kunyit dengan air secukupnya hingga agak mengental untuk membuatnya menjadi masker terlebih dahulu.

Kemudian oleskan larutan bubuk kunyit ini ke area yang ditumbuhi jerawat batu. Biarkan kira-kira 45 menit, lalu bilas dengan air sampai wajah bersih. Cara ini direkomendasikan dua kali sehari.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS