Sukses

16 Cara Memutihkan Ketiak Secara Alami, Lebih Cepat dan Ampuh

Liputan6.com, Jakarta Cara memutihkan ketiak secara alami bisa menjadi alternatif perawatan yang kamu lakukan. Ketiak yang gelap biasanya disebabkan oleh kondisi kukit yang disebut acanthosis nigricans (AN). Kondisi ini menimbulkan kulit menebal dan menggelap di lipatan sekitar tubuh.

Selain di ketiak, acanthosis nigricans (AN) ini juga kerap terjadi di lutut, leher, serta siku. Walaupun terbilang kondisi yang normal, ketiak yang menghitam bisa merusak kepercayaan diri. Oleh karena itu, kamu bisa menerapkan cara memutihkan dengan bahan-bahan alami.

Cara memutihkan ketiak secara alami perlu dilakukan secara teratur. Selain menggunakan bahan-bahan alami, kamu juga bisa memutihkan ketiak dengan mengubah gaya hidup dengan lebih menjaga kesehatan. Menurunkan berat badan dapat membantu mengatasi masalah ketiak hitam. Selain itu, berhenti merokok juga bisa membantu mencegah ketiak hitam. Menggunakan pakaian longgar juga bisa membantu mencegah ketiak hitam.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (15/10/2022) tentang cara memutihkan ketiak secara alami.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Cara Memutihkan Ketiak Secara Alami

Kentang

Cara memutihkan ketiak secara alami yang pertama yaitu menggunakan kentang. Kentang adalah penyelamat untuk ketiak gelap karena merupakan pemutih alami dan anti iritasi. Cara menggunakannya yaitu, parut kentang, kemudian peras jus dari parutan kentang, dan oleskan jus ke ketiak. Setelah 10 menit, bilas ketiak dengan air dingin.

Lemon

Jus lemon memiliki konsentrasi asam sitrat tinggi yang merupakan agen pengelupas dan pemutih alami kulit. Cara memutihkan ketiak secara alami dengan lemon yaitu, potong irisan lemon yang tebal dan gosokkan irisan tersebut pada ketiak. Setelah 10 menit, bilas ketiak dengan air dingin, keringkan, dan gunakan pelembap.

Minyak Biji Bunga Matahari

Minyak biji bunga matahari juga bisa digunakan sebagai cara memutihkan ketiak secara alami. Minyak biji bunga matahari memiliki kandungan vitamin E tinggi yang membantu menjaga kulit tetap segar dan bercahaya. Pijat ketiak dengan minyak bunga matahari selama satu atau dua menit. Biarkan minyak selama 15-20 menit lalu bilas dengan air hangat.

Cuka Sari Apel

Cuka apel mengandung asam ringan yang akan mengangkat sel kulit mati yang menumpuk dan juga mencerahkan area ketiak yang gelap. Larutkan satu sendok cuka sari apel dengan segelas air. Celupkan kapas dan tepuk-tepuk ke area ketiak dan biarkan sampai benar-benar kering sebelum dibilas dengan air. Ulangi setiap hari untuk hasil yang cepat dan efektif. Cara memutihkan ketiak secara alami ini bisa kamu coba di rumah.

3 dari 5 halaman

Cara Memutihkan Ketiak Secara Alami

Lidah Buaya

Aloesin yang ditemukan dalam gel lidah buaya dapat menghambat proses penggelapan kulit. Ini dapat membantu mencerahkan ketiak yang berubah warna. Lidah buaya juga memiliki sifat antibakteri dan menenangkan untuk kulit yang meradang atau iritasi. Cara memutihkan ketiak secara alami dengan lidah buaya yaitu, belah daun dan ambil gel lidah buaya segar. Oleskan selapis gel ini pada ketiak dan biarkan selama sekitar 10-15 menit lalu bilas dengan air.

Batu Apung

Batu apung juga bisa digunakan untuk memutihkan ketiak. Batu alami ini telah digunakan sebagai exfoliant selama berabad-abad. Menggosok ketiak dengan batu apung akan membantu menghilangkan lapisan kulit yang gelap. Basahi batu apung dan gosok ketiak dengan lembut selama beberapa menit sebelum mandi.

Timun

Cara memutihkan ketiak secara alami berikutnya yaitu dengan timun. Irisan mentimun sering digunakan untuk menenangkan kantung mata dan juga untuk mencerahkan lingkaran hitam di bawah mata. Cara yang sama juga dapat digunakan untuk mencerahkan ketiak yang gelap. Iris tipis timun dan gosokkan irisan tersebut pada area gelap ketiak. Setelah 10 menit, bilas ketiak dengan air dingin.

Kunyit

Kunyit biasanya digunakan dalam masker wajah untuk mencerahkan warna kulit dan juga menghilangkan bintik. Aplikasi rutin pada ketiak dapat membantu mencerahkan kulit yang gelap. Dalam mangkuk kecil, campurkan dua sendok makan air lemon segar dengan kunyit secukupnya untuk membentuk pasta. Oleskan pasta secara merata ke ketiak. Setelah 30 menit, bersihkan pasta dengan air dingin. Cara memutihkan ketiak secara alami ini bisa kamu coba di rumah.

4 dari 5 halaman

Cara Memutihkan Ketiak Secara Alami

Minyak Kelapa

Cara memutihkan ketiak secara alami juga bisa menggunakan minyak kelapa. Minyak kelapa memiliki kandungan Vitamin E yang tinggi, yang mana saat dikombinasikan dengan vitamin C bermanfaat meningkatkan produksi kolagen untuk mencerahkan kulit ketiak.  Pijatkan beberapa tetes minyak kelapa ke ketiak. Setelah 15 menit, cuci ketiak dengan air hangat dan sabun lembut. Ulangi langkah-langkah ini dua hingga tiga kali sehari.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun sangat melembabkan dan menutrisi kulit sehingga bisa digunakan sebagai cara memutihkan ketiak secara alami. Campurkan dua sendok makan minyak zaitun murni dengan 2-3 sendok makan brown sugar atau gula pasir. Basahi kulit ketiak dan oleskan campuran tersebut. Gosok selama satu atau dua menit dan biarkan selama lima menit. Bilas dengan air hangat.

Tea Tree Oil

Campurkan 5 tetes tea tree oil dengan 250 ml air dalam botol semprot kecil. Semprotkan ini pada ketiak dan biarkan mengering secara alami. Lakukan setiap hari setelah mandi atau berendam. Tea tree oil tidak hanya digunakan sebagai cara memutihkan ketiak secara alami tetapi juga mencegah bau pada ketiak. Sifat antimikrobanya akan membunuh mikroba yang ada dan menghilangkan bau di area tersebut.

Kulit Jeruk

Campurkan satu sendok makan susu dan satu sendok makan air mawar dengan bubuk kulit jeruk secukupnya untuk membuat pasta kental. Gosok ketiak dengan lembut menggunakan pasta dan biarkan selama sekitar 15 menit sebelum dibilas dengan air dingin. Ulangi dua hingga tiga kali seminggu. Cara memutihkan ketiak secara alami ini bisa kamu coba di rumah.

5 dari 5 halaman

Cara Memutihkan Ketiak Secara Alami

Baking Soda

Campurkan dua sendok makan baking soda dengan satu sendok makan air. Sesuaikan jumlah air hingga membentuk konsistensi pasta. Oleskan campuran tersebut ke ketiak dan pijat sebentar. Biarkan selama 25-30 menit. Bilas dengan air hangat. Lakukan dua kali seminggu.

Baking Soda dan Susu

Susu memiliki efek mencerahkan pada kulit. Menggunakannya bersama baking soda bisa mengangkat sel kulit mati dan mencerahkan kulit. Campurkan satu sendok makan baking soda dengan susu secukupnya hingga membentuk pasta kental. Aplikasikan pada ketiak dan lakukan scrubbing lembut selama beberapa menit. Diamkan hingga kering dan bilas dengan air suam kuku. Lakukan dua sampai tiga kali seminggu.

Madu dan Timun

Cara memutihkan ketiak secara alami alami berikutnya yaitu dengan memanfaatkan madu dan mentimun. Siapkan setengah buah mentimun, kupas dan tumbuk kasar. Campurkan 3 sendok makan madu. Gosokkan campuran tersebut pada ketiak selama 3 - 4 menit lalu diamkan selama 10 menit. Lalu basuh ketiak dengan air hangat. Lakukan perawatan ini secara rutin untuk hasil maksimal.

Yoghurt dan Susu

Cara memutihkan ketiak secara alami lainnya adalah dengan menggunakan yoghurt dan susu. Kandungan asam laktat pada yoghurt dan susu berfungsi sebagai pemutih dan penghalus alami kulit. Caranya, campurkan 2-3 sendok yoghurt dan 3-4 sendok susu. Kemudian aduk rata dan oleskan pada ketiak dan diamkan selama lebih kurang 40-60 menit. Kemudian bilas dengan air hangat.

Campurkan dua sendok makan baking soda dengan satu sendok makan air. Sesuaikan jumlah air hingga membentuk konsistensi pasta. Oleskan campuran tersebut ke ketiak dan pijat sebentar. Biarkan selama 25-30 menit. Bilas dengan air hangat. Lakukan dua kali seminggu.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS