Sukses

Fakta Unik Gemstone dan Koleksi Precious Stone The Palace Jeweler

Gemstone atau batu permata merupakan bagian dari keindahan alam yang tiada duanya. Ada sesuatu tentang batu permata yang membuat para wanita untuk memilikinya.

Liputan6.com, Jakarta Gemstone atau batu permata merupakan bagian dari keindahan alam yang tiada duanya. Ada sesuatu tentang batu permata yang membuat para wanita berhenti sejenak dan memandangnya serta berhasrat untuk memilikinya. Sejarah mencatat, selama lebih dari 10.000 tahun, manusia telah mengumpulkan dan memakai batu permata sebagai perhiasan.

Batu permata adalah mineral, batuan, atau bahan organik; yang telah dipilih karena keindahan, daya tahan, dan kelangkaannya, kemudian dipotong atau dibentuk, dan dipoles untuk membuat perhiasan. Meskipun sebagian besar batu permata keras, beberapa terlalu lunak atau rapuh untuk digunakan dalam perhiasan, sehingga hanya dipamerkan di museum dan dicari oleh para kolektor.

Kecuali diamond, semua gemstone itu berwarna, oleh karena itu kerap disebut color stone. Untuk kamu ketahui, color stone dibagi menjadi 2 jenis yakni precious stone dan semi precious stone. Masuk dalam kategori precious stone adalah diamond, sapphire, ruby, dan emerald. Selain empat batu permata di atas, masuk dalam kategori semi precious stone, yang daftarnya terus bertambah, beberapa yang lebih umum adalah: alexandrite, agate, amethyst, aquamarine, garnet, zirkon, dan masih banyak lainnya. Meski masuk dalam kategori semi precious stone, namun nilainya bisa saja melebihi dari precious stone.

Dalam kesempatan kali ini, kita akan belajar untuk mengenal lebih jauh 3 precious stone dan perhiasan kalung, cincin, gelang, dan anting-anting dengan batu permata yang menjadi koleksi dari The Palace Jeweler.

Tipe Cutting Precious Stone

Precious stone memiliki tipe cutting yang unik, seperti cabochon dengan ciri khas batu lunak/hardness rendah, banyak inklusi dan punya fenomena tertentu. Kemudian, tipe cutting facet yang menampilkan warna dan kilau (brilliance). Cutting facet ini memiliki banyak jenis, antara lain: round, cushion, oval, pear, heart, trillion, hexagon, dan masih banyak lagi. Totalnya bisa mencapai 15 jenis cutting facet.

Sekarang, saatnya mengenal tiga precious stone yakni sapphire, ruby, dan emerald. Sapphire dan ruby merupakan kristal corundum, yang termasuk aluminium murni. Kristal corundum berwarna biru disebut sapphire, dan kristal corundum berwarna merah disebut ruby. Sedangkan, emerald atau yang biasa disebut batu zamrud, adalah batu mulai yang memiliki warna hijau transparan dan termasuk kristal beryl, karena mengandung mineral silikat beril.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Filosofi Sapphire, Ruby, dan Emerald

Sapphire merupakan simbol keagungan, kejujuran, ketulusan, dan kesetiaan. Karena memiliki arti yang signifikan, batu-batu ini telah dikaitkan dengan bangsawan dan lambang cinta selama beberapa abad. Warna biru dari blue sapphire juga dipandang sebagai simbol energi dan penyembuhan di banyak kalangan. Sapphire dengan gem quality berasal dari beberapa negara, salah satu daerah penghasil sapphire terbesar berasal dari Sri Lanka.

Ruby seringkali diasosiasikan dengan kedamaian, kekuatan, serta cinta; yang menjadikannya sebagai pilihan batu perhiasan yang romantis. Ruby menjadi perlambang cinta dan kedamaian. Penggunaan ruby dalam perhiasan merupakan sebuah gambaran doa dan harapan, agar hubungan yang dijalankan dapat berjalan dengan landasan perasaan cinta, kasih sayang, serta selalu membawa kedamaian di dalam hubungan.

Berasal dari bahasa Perancis kuno, esmeralde, yang berarti ‘batu hijau’, warnanya yang indah menjadikan emerald sebagai salah satu batu permata paling menawan sepanjang masa. Batu ini merupakan simbol kelahiran, kesuburan, cinta, dan keabadian.

3 dari 6 halaman

Koleksi Precious Stone dari The Palace

Sebagai merek gerai perhiasan profesional di bawah naungan Central Mega Kencana (CMK), The Palace Jeweler menawarkan berbagai kebutuhan perhiasan termasuk precious stone yang berkualitas dan terpercaya sesuai dengan tagline 3T, yaitu “#Therlengkap, #Therjangkau, dan #Therjamin”.

Dalam hal asal batu permata, #ThePalaceJeweler menggunakan sapphire yang didapatkan dari Sri Lanka dan Madagaskar. Warna sapphire ini dinamai dengan Royal Blue Sapphire. ‘Royal Blue’ adalah istilah yang secara historis mengacu pada safir kualitas terbaik yang berasal dari daerah Mogok di Burma. Safir dari endapan metamorf lainnya, seperti yang ditemukan di Madagaskar dan Sri Lanka, juga dapat menampilkan kualitas yang diperlukan untuk memenuhi syarat istilah ‘Royal Blue’.

Untuk ruby sendiri didapatkan dari Burma dan Mozambique. Adapun warna yang di CMK dikenal Pigeon's Blood, cara populer untuk menggambarkan batu ruby terbaik. Sedangkan, batu emerald yang digunakan berasal dari Colombia dan Zambia.

Koleksi perhiasan The Palace Jeweler dengan #PreciousStone seperti sapphire, ruby, dan emerald; tersedia dalam berbagai koleksi menarik. Mulai dari koleksi Imperial (Kerajaan), Riviera (Sungai), Royale (Kemegahan), Elba (Kesetiaan), Noble (Bangsawan), dan Flamma Ruby Premium. Masing-masing koleksi terdiri dari jenis perhiasan cincin, gelang, anting-anting, dan pendant; kecuali koleksi Noble tidak memiliki gelang.

4 dari 6 halaman

Flamma Ruby Premium Collection

Dari berbagai koleksi perhiasan precious stone, Flamma Ruby Premium collection menjadi koleksi yang wajib mendapatkan perhatian lebih, dan kamu koleksi. Pertama, karena menggunakan ruby (King of Gemstone), yaitu batu permata paling keras setelah berlian. Kedua, filosofi di balik batu ruby yang mendalam; yakni sebagai simbol cinta, kekuatan, kekuasaan, dan keberuntungan. Lalu, warna merah dari ruby dapat diasosiasikan sebagai keberanian, integritas, pengabdian, dan kebahagiaan.

Flamma sendiri memiliki arti ‘nyala api’, yang juga dapat diartikan sebagai bersinar, menyala, berkobar. Flamma Ruby Premium collection terinspirasi dari nyala api yang membara, yang disimbolkan dengan penggunaan precious stone ruby.

Penggunaan ruby yang bertujuan selain dapat memberikan energi positif, juga menjadi statement bagi penggunannya. Pemilihan grading color ruby yang sampai dengan 3 bulan, serta pengerjaannya yang memakan waktu 1.200 jam kerja, membuat koleksi ini menjadi istimewa sebagai hadiah spesial untuk momen berharga.

Flamma Ruby Premium collection cocok untuk dipakai atau diberikan pada saat Chinese New Year, dengan warna merah melambangkan keberuntungan dan kebahagiaan. Juga cocok untuk diberikan pada saat Valentine, dengan warna merah melambangkan perasaan mendalam, dan perasaan menghargai pasangan. Flamma Ruby Premium collection terdiri dari cincin, gelang, kalung, dan anting-anting; dengan ruby yang cantik dan menawan, serta cutting facet yang indah.    

Cincin

Perhiasan cincin koleksi Flamma memiliki tiga desain dengan jumlah dan bentuk ruby yang berbeda. Gambar ini adalah cincin dengan 2 batu ruby oval dengan total 0,71 carat dan 1 ruby bersertifikat GIA oval dengan seluruhnya 0,89 carat. Dilengkapi dengan F VVS berlian dengan total 1.383 carat.

5 dari 6 halaman

Gelang

Perhiasan gelang koleksi Flamma memiliki dua desain, masing-masing dengan 6 batu ruby oval dan 7 ruby oval. Gambar ini adalah gelang dengan 6 batu ruby oval dengan total 2.296 carat. Dilengkapi dengan berlian F VVS dengan total 2.762 carat. Gelang dengan 7 ruby oval dengan total 2,54 carat. Dilengkapi dengan berlian F VVS, dengan total 2.762 carat.

Kalung

Perhiasan kalung koleksi Flamma juga terdiri dari dua desain, masing-masing dengan 9 ruby dan 10 ruby oval. Gambar ini adalah kalung dengan 9 ruby oval dengan total 3.356 carat dan 1 ruby oval bersertifikat GIA dengan total 0,97 carat. Dilengkapi dengan F Berlian VVS, dengan total 5,67 carat.

6 dari 6 halaman

Anting-Anting

Begitu juga dengan perhiasan anting koleksi Flamma, yang sama-sama memiliki 2 batu ruby oval, namun dengan kadar carat yang berbeda. Gambar ini adalah anting-anting dengan 2 ruby oval bersertifikat GIA, dengan total 2,03 carat. Dilengkapi dengan F VVS berlian dengan total 1.058 carat.

Itulah beberapa koleksi precious stone dari The Palace Jeweler, dan Flamma Ruby Premium collection. Untuk informasi koleksi perhiasan lainnya kunjungi gerai-gerai resmi The Palace Jeweler. Memiliki 35 gerai yang tersebar di Indonesia, The Palace Jeweler selalu memastikan standar pelayanan terbaik yang ditujukan untuk memfasilitasi solusi belanja untuk semua kebutuhan perhiasan hingga batu berharga.

Temukan informasi menarik seputar perhiasan berlian The Palace Jeweler yang menjadi #NationalJeweler yang mengusung konsep “Therlengkap, Therjangkau, Therjamin”, melalui website www.thepalacejeweler.com, akun Instagram @thepalace_id, dan TikTok @thepalacejeweler.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.