Sukses

8 Cara Mengatasi Jerawat Batu Secara Alami, Ampuh dan Aman

Kumpulan cara mengatasi jerawat batu.

Liputan6.com, Jakarta - Cara mengatasi jerawat batu secara alami dengan bahan alami sangat mungkin dilakukan. Masalah jerawat batu bukan masalah kulit wajah yang cukup serius. Meski sangat menyakitkan dan sulit hilang, sebenarnya ini karena jerawat batu tumbuh di lapisan kulit paling dalam.

Ahli kecantikan Cynthia Cobb, DNP, APRN, WHNP-BC, FAANP, melansir dari Health Line pada Jumat (14/10/2022) merekomendasikan tujuh cara mengatasi jerawat batu secara alami dengan bahan yang mudah ditemukan di rumah. Kemudian sebisa mungkin menghindari segala penyebab jerawat batu.

Cara mengatasi jerawat batu secara alami adalah menerapkan masker kunyit, mengompres dengan es, menggunakan masker aspirin, mengatur pola makan, membersihkan dengan cuka, mengonsumsi probiotik, hingga mengoleskan minyak pohon teh.

Agar bisa mendapat hasil memuaskan dari cara mengatasi jerawat batu secara alami, lakukan sesuai petunjuk dengan rutin. Kemudian, jangan pula berlebihan karena beberapa bahan alami berisiko pula menyebabkan masalah iritasi kulit. Simak penjelasan lengkapnya.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam delapan cara mengatasi jerawat batu secara alami yang ampuh dan aman, Jumat (14/10/2022).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Mengatasi Jerawat Batu Secara Alami

1. Masker Kunyit

Cara mengatasi jerawat batu secara alami adalah menggunakan masker kunyit. Cukup campurkan bubuk kunyit dengan air secukupnya hingga agak mengental untuk membuatnya menjadi masker terlebih dahulu.

Kemudian oleskan larutan bubuk kunyit ini ke area yang ditumbuhi jerawat batu. Biarkan kira-kira 45 menit, lalu bilas dengan air sampai wajah bersih. Cara ini direkomendasikan dua kali sehari.

2. Es

Mengapa ini akan berhasil? Es cukup efektif dalam mengurangi pembengkakan, gatal, nyeri, dan kemerahan. Ini yang menjadikannya cocok digunakan sebagai cara mengatasi jerawat batu. Praktik ini direkomendasikan tiga kali sehari.

3. Masker Aspirin

Disarankan untuk mencampur tablet aspirin yang dihancurkan dengan air untuk membuat pasta dan mengoleskannya pada jerawat batu. Mengapa ini akan berhasil? Secara alami ini diyakini dapat membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan pada jerawat batu.

Penting untuk dicatat bahwa aspirin dapat menyebabkan iritasi bila dioleskan langsung ke kulit. Juga, bagi yang memiliki alergi terhadap salisilat, lebih baik hindari cara ini.

4. Pola Makan

Para ahli mengatakan susu berhubungan erat dengan masalah jerawat batu. Maka para ahli menyarankan, hindari konsumsi produk susu, termasuk susu, keju, yogurt. Lakukan diet ini selama 3 minggu, kemudian pantau kulit wajah.

Apabila dalam 3 minggu tidak ada jerawat batu baru yang muncul, itu merupakan indikasi bahwa produk susu adalah pemicu atau penyebab jerawat batu. Selain susu, ahli pun merekomendasikan untuk menghindari konsumsi gula rafinasi untuk pemulihan yang lebih cepat.

3 dari 3 halaman

Cara Mengatasi Jerawat Batu Secara Alami

5. Pembersih Cuka

Mengapa ini akan berhasil? Cuka dikenal memiliki sifat antibakteri yang cocok digunakan sebagai cara mengatasi jerawat batu secara alami. Para ahli merekomendasikan menggunakan pembersih cuka putih encer pada kulit sebanyak dua kali sehari. Pengenceran yang disarankan biasanya sekitar 2 tutup penuh cuka dicampur dengan sekitar 3 cangkir air murni.

Sekali lagi, berhati-hatilah saat mengoleskan cuka ke kulit. Ini karena cuka dapat menyebabkan iritasi.

6. Probiotik

Ada hubungan erat antara kesehatan kulit dan kesehatan usus. Ini mengapa para ahli menyarankan dosis probiotik harian dapat mendorong kulit menjadi lebih bersih dan mengurangi peradangan kulit. Apa probiotik yang bisa dikonsumsi sebagai cara mengatasi jerawat batu? Para ahli menyarankan untuk mendapatkan probiotik dengan makan yogurt, kimchi, sayuran, kefir, dan makanan lain yang dikatakan mengandung bakteri sehat.

7. Tea Tree Oil

Mengapa tea tree oil akan berhasil? Tea tree oil dikenal memiliki sifat antimikroba dan anti-inflamasi. Inilah mengapa minyak pohon teh cocok sebagai obat rumah topikal untuk jerawat batu.

8. Menghindari Penyebabnya

Cara mengatasi jerawat batu secara alami adalah menghindari segala penyebabnya. Jagalah kebersihan kulit wajah dari paparan minyak berlebih, bakteri, dan penumpukan sel kulit mati.

Lakukan pembersihan wajah secara rutin paling sedikit 2 kali sehari. Kemudian, sebisa mungkin hindari menyentuh wajah saat tangan masih kotor atau belum dicuci menggunakan sabun atau antiseptik.

Selain itu, hindari menggunakan aksesoris yang berlebihan ini bisa memicu terjadinya iritasi dan mereka membawa banyak kotoran pemicu munculnya jerawat batu. Jika harus menggunakan topi, ikat kepala, kerudung, dan lain sebagainya, jangan kebersihan aksesoris ini.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.