Sukses

12 Cara Menghilangkan Sakit Tenggorokan dengan Cepat, Simak Rekomendasi Ahli

Liputan6.com, Jakarta - Cara menghilangkan sakit tenggorokan dengan cepat penting diketahui, karena masalah di tenggorokan pasti mengganggu aktivitas sehari-hari. Sakit tenggorokan mengarah pada rasa sakit, gatal, hingga kesulitan menelan pengaruh infeksi maupun iritasi.

Bagaimana cara menghilangkan sakit tenggorokan dengan cepat itu? Para ahli merekomendasikan dua belas cara menghilangkan sakit tenggorokan yang Liputan6.com lansir dari berbagai literatur kesehatan. Mulai dari mengandalkan obat kumur, menjaga kelembapan udara, konsumsi teh herbal, hingga konsumsi obat-obatan.

Apabila berbagai cara menghilangkan sakit tenggorokan dengan cepat itu tidak kunjung membawa manfaat, jangan ragu melakukan konsultasi kepada dokter. Ini karena bisa jadi, sakit tenggorokan yang dialami bukan masalah kesehatan biasa. Simak penjelasan lengkapnya.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam cara menghilangkan sakit tenggorokan dengan cepat dan aman, Sabtu (8/10/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Cara Menghilangkan Sakit Tenggorokan dengan Cepat

1. Obat Kumur

Cara menghilangkan sakit tenggorokan dengan cepat direkomendasikan menggunakan obat kumur. Obat kumur ini akan membantu meredakan nyeri tenggorokan dengan mengurangi jumlah mikroorganisme penyebab iritasi.

Mengapa ini akan berhasil? The National Health Service (NHS) menjelaskan cara menghilangkan sakit tenggorokan dengan cepat, setelah berkumur usahakan atau ada baiknya tidak makan dulu. Kemudian tunggu 30-60 menit agar bisa bekerja di tenggorokan dengan lebih optimal.

2. Minum Air Putih

Cara menghilangkan sakit tenggorokan dengan cepat direkomendasikan lebih banyak mengonsumsi air putih. Cukup kebutuhan cairan 8-10 gelas per harinya. Mengapa ini akan berhasil?

Minum banyak air putih dijelaskan Mayo Clinic dan Medscape, akan membantu meredakan nyeri tenggorokan dengan melembapkan atau memperbaiki tenggorokan yang kering.

3. Mengurangi Penggunaan AC

Cara menghilangkan sakit tenggorokan dengan cepat direkomendasikan untuk mengurangi penggunaan AC. Para ahli kesehatan menjelaskan sebagaimana dikutip dari sumber yang sama, AC akan memperburuk keringnya tenggorokan. Tak hanya terasa sakit, tetapi akan berisiko menyebabkan penderita mengalami batuk-batuk.

4. Pelembap Udara

Cara menghilangkan sakit tenggorokan dengan cepat sebagaimana disarankan sebelumnya, AC bisa diganti dengan menggunakan pelembap udara. Ini akan melembapkan saluran napas dan mengurangi nyeri hingga batuk.

5. Makanan dan Minuman Hangat

Cara menghilangkan sakit tenggorokan dengan cepat direkomendasikan makan dan minum yang hangat. Mengapa ini akan berhasil?

Medical News Today menjelaskan makanan dan minuman hangat cocok dijadikan cara menghilangkan sakit tenggorokan karena akan meningkatkan ludah. Ini sama dengan meningkatkan kelembapan tenggorokan.

Maka jika tenggorokan terjaga kelembapannya, gejala nyeri hingga sakit dan batuk di tenggorokan perlahan akan hilang. Perhatikan untuk mengonsumsi yang hangat, bukan panas.

6. Akar Marshmallow

Cara menghilangkan sakit tenggorokan dengan cepat bisa memanfaatkan akar marshmallow. Akar dikonsumsi dengan menyeduhnya menjadi seperti teh. Mengapa ini akan berhasil?

Masih melansir dari sumber yang sama, akar marshmallow cocok sebagai cara menghilangkan sakit tenggorokan karena mengandung zat seperti lendir yang bisa melapisi tenggorokan dan ampuh meredakan sakitnya.

Konsumsi dengan menambahkan sedikit akar kering marshmallow dengan air mendidih untuk menyeduh. Konsumsi dua hingga tiga kali dalam sehari untuk hasil yang lebih baik.

3 dari 3 halaman

Cara Menghilangkan Sakit Tenggorokan dengan Cepat

7. Madu

Cara menghilangkan sakit tenggorokan dengan cepat direkomendasikan mengonsumsi madu. Menghimpun data dari Health Line, dalam penelitian madu lebih ampuh meredakan nyeri sekaligus batuk di malam hari daripada obat batuk biasa.

8. Teh Chamomile

Cara menghilangkan sakit tenggorokan dengan cepat selanjutnya, menyeduh teh chamomile. Masih melansir dari sumber yang sama, teh chamomile baik untuk menghilangkan sakit tenggorokan karena sifat anti inflamasi dan antioksidannya.

Keduanya akan merangsang pembentukan antibodi atau sistem kekebalan tubuh menjadi lebih baik. Penelitian yang diungkap, uap teh chamomile mampu meredakan pilek hingga nyeri dan sakit tenggorokan.

9. Teh Papermint

Apa lagi yang bisa dilakukan? Cara menghilangkan sakit tenggorokan dengan cepat direkomendasikan pula mengonsumsi teh papermint. Ini karena papermint mengandung mentol.

Masih melansir dari literatur kesehatan yang sama, cara menghilangkan sakit tenggorokan dengan cepat ini ampuh, bekerja mengencerkan lendir pemicu sakit tenggorokan dan batuk. Papermint pun bersifat antibakteri, antivirus, dan antiinflamasi.

10. Akar Manis

Cara menghilangkan sakit tenggorokan dengan cepat bisa pula mengandalkan akar manis. Ini tanaman yang berasal dari Eropa dan Asia Selatan, memiliki sifat mirip Aspirin.

Mengapa ini akan berhasil?

Medical News Today menjelaskan cara menghilangkan sakit tenggorokan dengan akar manis karena ini memiliki efek antivirus, antibakteri, dan antiinflamasi.

Diungkapkan, penelitian menemukan berkumur dengan air akar manis sebelum operasi pernapasan dapat mengurangi risiko sakit tenggorokan hingga 50 persen.

11. Teh Jahe

Cara menghilangkan sakit tenggorokan dengan cepat direkomendasikan pula dengan teh jahe. Masih melansir dari sumber yang sama, penelitian mengungkap jahe dapat membunuh bakteri dan virus penyebab masalah pernapasan termasuk sakit tenggorokan.

12. Obat-obatan

Cara menghilangkan sakit tenggorokan dengan cepat selanjutnya, pilihlah konsumsi obat-obatan dari rekomendasi para ahli. Cari obat di apotek terdekat. Jika tidak kunjung mereda sakit tenggorokannya, maka sangat disarankan untuk melakukan konsultasi dengan dokter agar mendapat penanganan lebih tepat.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS