Sukses

11 Cara Mendarat yang Benar dalam Lompat Jauh adalah Perhatikan Keseimbangan

Cara mendarat yang benar dalam lompat jauh adalah tidak mudah dilakukan bagi pemula.

Liputan6.com, Jakarta - Lompat jauh adalah olahraga yang penilaiannya pada kesempurnaan lompatan atau pada cara mendarat yang benar dalam lompat jauh. Lompat jauh adalah jenis olahraga yang mewajibkan pelompat memiliki kecepatan, ketangkasan, dan kekuatan dalam melakukannya.

Semakin jauh jarak mendarat pelompat, maka akan semakin baik nilainya. Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, ada sebelas cara mendarat yang benar dalam lompat jauh. Kesempurnaan dari cara mendarat yang benar dalam lompat jauh bisa didapat dengan selalu berlatih keseimbangan dan kekuatan anggota tubuh bagian bawah.

Apabila ingin melakukan cara mendarat yang benar dalam lompat jauh, pahami ukuran area mendarat lompat jauh. Mendarat pada lompat jauh, dilakukan pada permukaan pasir yang berjarak 7-9 meter dan lebar sekitar 2.75 meter. Ukuran ini sesuai dengan standar Badan Atletik Dunia.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam sebelas cara mendarat yang benar dalam lompat jauh, Jumat (2/9/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Mendarat yang Benar dalam Lompat Jauh adalah Memperhatikan Keseimbangan Tubuh

Cara mendarat yang benar dalam lompat jauh adalah penting diketahui agar peserta lompat jauh tidak mengalami cedera. Memahami cara mendarat yang benar dalam lompat jauh adalah memengaruhi kesempurnaan pelompat dalam melakukannya.

Apabila ingin melakukan cara mendarat yang benar dalam lompat jauh, pahami ukuran area mendarat lompat jauh. Mendarat pada lompat jauh, dilakukan pada permukaan pasir yang berjarak 7-9 meter dan lebar sekitar 2.75 meter. Ukuran ini sesuai dengan standar Badan Atletik Dunia.

Cara mendarat yang benar dalam lompat jauh adalah penting bagi pelompat memiliki posisi keseimbangan tubuh. Tubuh yang seimbang akan menjadikan cara mendarat yang benar dalam lompat jauh adalah menjadi lebih mudah dipraktikkan. Tubuh yang seimbang bisa didapat dengan latihan keseimbangan secara rutin.

Liputan6.com lansir dari berbagai sumber, cara mendarat yang benar dalam lompat jauh adalah sebagai berikut:

1. Cara mendarat yang benar dalam lompat jauh adalah posisikan tubuh dengan lebih condong ke depan seiring dengan laju lompatan, kemudian kepala berada pada posisi tertunduk.

2. Cara mendarat yang benar dalam lompat jauh adalah ketika melakukan pendaratan, pastikan bagian tubuh yang menyentuh tanah terlebih dahulu adalah tumit kaki atau kaki tumpuan yang sejajar dan jauh dari titik tolak.

3. Cara mendarat yang benar dalam lompat jauh adalah saat proses mendarat, penekanan dilakukan pada bagian tumit, kemudian kedua kaki di posisi lurus.

4. Cara mendarat yang benar dalam lompat jauh adalah kedua kaki dipastikan berada pada posisi yang lurus dan mulai mendorong tumit dan telapak kaki ke depan hingga pinggul bisa terangkat.

5. Cara mendarat yang benar dalam lompat jauh adalah perhatikan posisi lutut yang benar saat melakukan pendaratan, lakukan dengan posisi ditekuk.

6. Cara mendarat yang benar dalam lompat jauh adalah usahakan bagian paha diangkat ke atas sedangkan tubuh dorong ke depan sampai menciptakan posisi membungkuk.

7. Cara mendarat yang benar dalam lompat jauh adalah mengencangkan otot paha sampai posisi pinggul terangkat dan usahakan posisi kaki tetap tegak.

8. Cara mendarat yang benar dalam lompat jauh adalah hindari posisi jatuh lompatan lebih pendek dengan memaksimalkan keseimbangan kecondongan tubuh.

9. Cara mendarat yang benar dalam lompat jauh adalah perhatikan bahwa posisi badan condong ke arah depan, sebenarnya ini teknik agar keseimbangan lebih terjaga untuk mendarat.

10. Cara mendarat yang benar dalam lompat jauh adalah bagian akhir, ayunkan kedua tangan kemudian diluruskan ke depan, serta pastikan posisi tangan dalam kondisi yang siap untuk menopang badan ketika mendarat.

11. Cara mendarat yang benar dalam lompat jauh adalah agar bisa mendapat kesempurnaan, selain melatih keseimbangan, juga melatih kekuatan bagian bawah tubuh seperti otot perut, tungkai, dan pinggang.

3 dari 3 halaman

Teknik Dasar Lompat Jauh dan Penjelasannya

Apa lagi yang perlu diketahui tentang cara mendarat yang benar dalam lompat jauh? Kesempurnaan lompat jauh bisa didapat dengan penerapan teknik lompat jauh yang benar.

Ini penjelasan teknik lompat jauh yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. Teknik Awalan

Awalan pada cabang olahraga lompat jauh sangatlah penting. Teknik awalan dapat menentukan sejauh apa lompatan yang akan terjadi.

Dalam teknik awalan, kalian harus memulainya secara perlahan, kemudian meningkatkan kecepatan berlari hingga titik akhir sesaat sebelum melakukan lompatan. Biasanya, dalam melakukan teknik ini, maksimal jarak yang boleh ditempuh adalah 45 meter.

Beberapa tips saat melakukan teknik awalan adalah sebagai berikut:

- Lari dengan sikap yang biasa digunakan. Bisa dengan kaki sejajar, kaki kanan yang di depan atau sebaliknya. Lalu, sesuaikan ancang-ancang dengan kemampuan tubuh

- Posisi badan, khususnya pinggang lebih baik diturunkan sedikit. Hal ini berguna untuk menambah daya laju

- Lalu, seperti yang diungkapkan di atas, setelah memiliki ancang-ancang yang baik, mulailah secara perlahan dan berangsur-angsur menambah kecepatan berlari sebelum menginjak tumpuan yang tersedia di lapangan

2. Teknik Tolakan

Teknik tolakan merupakan sikap menumpu sebelum dilakukannya lompatan. Kalian harus menggunakan kaki terkuat untuk menjadi tumpuan agar lompatan yang dilakukan bisa menghasilkan jarak yang jauh.

Pada teknik ini, sikap tangan untuk merespon lompatan juga cukup berpengaruh. Sehingga, sikap tangan kala melakukan tolakan adalah dihempaskan ke atas untuk memudahkan kalian ketika terbang di atas lapangan.

3. Teknik Melayang

Seperti dijelaskan sebelumnya, ada tiga teknik yang digunakan saat melayang. Mulai dari gaya jongkok, gaya menggantung, hingga gaya berjalan di atas air.

Gunakanlah gaya yang sesuai dengan kenyamanan kalian. Sebab, dalam teknik melayang yang diperlukan adalah keseimbangan badan. Alhasil, bila teknik tersebut tidak cocok, maka jarak yang lompatan tidak akan jauh.

4. Teknik Pendaratan

Teknik pendaratan adalah sikap jatuh yang dilakukan pasca melakukan tolakan. Biasanya pendaratan dilakukan dengan lutut yang sedikit dibengkokkan sembari menjaga keseimbangan tubuh.

Lalu, ketika mendarat, biasakan tumit kaki mendarat terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk mencegah risiko cedera kaki bila melakukan pendaratan menggunakan jari-jari kaki.

Kemudian pahami pula jenis-jenis gaya pada lompat jauh. Dalam buku berjudul Ensiklopedi Olahraga Atletik, Lompat Jauh hingga Tolak Peluru (2021) oleh Atma Endris, ada tiga gaya lompat jauh yang perlu diketahui:

1. Gaya Jongkok (Tuck)

Gaya jongkok merupakan jenis gaya yang paling umum digunakan oleh para atlet. Dalam penggunaan gaya ini, kalian wajib untuk menekuk kaki kala melayang di udara (membentuk sikap jongkok) pasca tolakan satu kaki di awal melompat.

Kemudian, sikap tangan kala melayang di udara harus sejajar. Kedua tangan harus lurus ke depan sejajar dengan bahu dan siku yang sedikit dibengkokkan.

Sesaat setelah mencapai titik akhir lompatan, sikap tangan diarahkan ke depan untuk menjaga keseimbangan saat mendarat.

2. Gaya Menggantung (Hang Style)

Gaya menggantung menjadi salah satu alternatif dari gaya jongkok. Gaya ini mencoba merepresentasikan tubuh yang melayang dengan indah di udara.

Dalam penggunaannya, sesaat setelah melakukan tolakan menggunakan satu kaki, kalian harus menekuk kaki secara cepat ke arah belakang, lalu meluruskannya ke depan bila ingin mendarat.

Sementara, sikap tangan pada gaya menggantung tidak jauh berbeda dari gaya jongkok. Kedua lengan harus berada sejajar menghadap ke atas saat melakukan tolakan pertama dan berangsur-angsur menurun bila ingin mendarat di bak lompat.

3. Gaya Berjalan di Udara (Walk in the Air)

Selain gaya jongkok yang kerap digunakan, gaya berjalan di udara menjadi salah satu gaya terpopuler saat ini. Sebab, gaya ini dinilai dapat membuat lompatan menjadi lebih jauh dan memungkinkan para atlet memecahkan rekor.

Dalam penggunaannya, kalian harus memiliki awalan yang cukup dengan berlari sesuai timing yang ditentukan dan langsung melakukan tolakan dengan satu kaki.

Ketika berada di udara, kalian harus membayangkan atau memperagakan diri tengah berjalan di udara. Semakin lama bisa berjalan di udara, maka hasil lompatan akan semakin baik.

Kemudian, sikap tangan ketika berada di udara diarahkan ke atas guna memaksimalkan peran kedua kaki. Lalu, ketika sudah mencapai titik akhir, sikap tangan di arahkan ke depan atau sedikit ke bawah dan wajib mengikuti arah tumpuan kaki.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.