Sukses

8 Penyebab Kedutan pada Tangan yang Jarang Diketahui, Akibat Gaya Hidup Tidak Sehat

Kedutan merupakan kejang otot yang dapat terjadi kapan saja dan di mana saja pada tubuh seseorang, termasuk tangan.

Liputan6.com, Jakarta Penyebab kedutan otot pada tangan jarang diketahui oleh banyak orang. Kedutan merupakan kejang otot yang dapat terjadi kapan saja dan di mana saja pada tubuh seseorang, termasuk tangan. Lantas, apa penyebab kedutan pada tangan?

Penyebab kedutan pada tangan perlu diketahui supaya dapat mengatasinya dengan tepat. Kedutan pada tangan biasanya terjadi dalam beberapa saat, namun dalam kasus tertentu kedutan dapat muncul sering dan disertai dengan gejala lain.

Gejala kedutan pada tangan yang tidak terkendali adalah rasa nyeri yang berlebih, rasa terbakar atau kesemutan di jari, mati rasa, sampai gemetar. Apabila gejala ini terjadi secara terus menerus, ada kemungkinan penyebab kedutan pada tangan bisa menjadi indikasi penyakit yang serius.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai penyebab kedutan pada tangan yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (1/9/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penyebab Kedutan pada Tangan yang Jarang Diketahui

Dikutip dari Health Line, berikut ini terdapat beberapa penyebab kedutan pada tangan yang jarang diketahui banyak orang adalah:

1. Konsumsi Kafein Berlebih

Terlalu banyak kafein dapat menyebabkan tubuh berkedut, termasuk di tangan. Kafein mengandung stimulan yang dapat menyebabkan kontraksi otot. Jika Anda melihat tangan Anda mulai berkedut setelah minum kopi pagi atau minum minuman energi, pertimbangkan untuk beralih ke minuman tanpa kafein.

2. Dehidrasi

Penyebab kedutan pada tangan yang selanjutnya adalah dehidrasi. Dehidrasi mempengaruhi fungsi otot. Tidak minum cukup air dapat menyebabkan otot Anda kram dan juga dapat menyebabkan otot Anda kejang dan berkontraksi tanpa sadar. Jika mengalami dehidrasi, Anda mungkin juga mengalami:

a. Sakit kepala

b. Kulit kering

c. Bau mulut

d. Panas dingin

e. Kelelahan

3. Kram Otot

Kram otot sering disebabkan oleh aktivitas yang berlebihan dan berat. Hal ini dapat menyebabkan otot Anda menegang atau berkontraksi, mengakibatkan kedutan dan terkadang nyeri pada tangan. Tak hanya itu, kedutan juga dapat terjadi pada tubuh lainnya.

4. Distonia

Penyebab kedutan pada tangan yang berikutnya adalah distonia. Distonia adalah suatu kondisi yang menyebabkan kontraksi otot berulang dan tidak disengaja. Ini dapat mempengaruhi seluruh tubuh atau hanya satu bagian, seperti tangan. Kejang dapat berkisar dari ringan hingga berat. Tidak ada obat untuk distonia, tetapi perawatan medis dan obat resep dapat memperbaiki gejala dan kualitas hidup.

3 dari 4 halaman

Penyebab Kedutan pada Tangan yang Jarang Diketahui

Dikutip dari Health Line, berikut ini terdapat beberapa penyebab kedutan pada tangan yang jarang diketahui banyak orang adalah:

5. Penyakit Huntington

Penyebab kedutan pada tangan yang lainnya adalah penyakit hungtington.Penyakit huntington menyebabkan degenerasi sel saraf progresif di otak Anda. Akibatnya, dapat menyebabkan gangguan gerakan dan kognitif. Tidak ada obat untuk penyakit Huntington. Namun, pengobatan dan terapi medis yang ditentukan dapat membantu meningkatkan kualitas hidup sementara gejala gangguan gerakan diobati.

6. Sindrom Terowongan Karpal

Penyebab kedutan pada tangan yang berikutnya mungkin saja disebabkan oleh sindrom terowongan karpal. Sindrom ini mengakibatkan tangan berkedut dan gejala lain, termasuk mati rasa atau kesemutan di tangan atau jari, rasa sakit, nyeri tembak menjalar ke lengan bawah dan kelemahan.

7. Stres

Kedutan bisa disebabkan oleh rasa gugup, cemas, atau stres. Saat ini terjadi, tubuh Anda akan menangkap sinyal stres dan melepaskan neurotransmitter yang bisa memicu otot berkedut. Biasanya, setelah stres atau kecemasan Anda mereda, kedutan juga berangsur-angsur hilang sendiri.

8. Penyakit Saraf dan Otot

Pada kondisi serius, penyakit saraf dan gangguan otot tertentu bisa menjadi penyebab kedutan pada tangan. Berikut adalah beberapa kondisi medis yang dimaksud, antara lain:

a. Amyotrophic lateral sclerosis (ALS).

b. Muscular dystrophy (distrofi otot).

c. Multiple sclerosis.

d. Penyakit neurodegeneratif, seperti penyakit Parkinson dan Alzheimer.

e. Atrofi otot.

f. Neuropati atau kerusakan saraf yang mengarah ke otot.

g. Cedera kepala atau tulang belakang.

Selain penyakit saraf dan otot, beberapa kondisi medis lain yang dapat memengaruhi metabolisme juga bisa menyebabkan kedutan, seperti penyakit ginjal, uremia, atau kekurangan kalium (hipokalemia).

4 dari 4 halaman

Pengobatan Kedutan di Tangan

Kedutan pada tangan relatif umum dan sering sembuh tanpa perawatan medis. Namun, kedutan dan rasa sakit yang tak henti-hentinya pada tangan mungkin merupakan indikasi masalah atau kondisi yang lebih serius. Jika Anda mulai melihat gejala yang memburuk, seperti merasa tangan melemah, mati rasa, samapi bengkak. Maka segeralah berkunjung ke dokter, untuk mendiskusikan diagnosis serta untuk memastikan Anda menerima pilihan pengobatan terbaik, jika diperlukan.

Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan melihat riwayat kesehatan anda. Bahkan dokter akan melakukan pemeriksaan tes diagnosis seperti MRI scan sampai CT scan untuk melaihat penyebab kedutan pada tangan yang mendasarinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.