Sukses

Viral Bocah 4 Tahun Jalani Acara Tunangan, Bikin Netizen Heboh

Perjodohan sejak kecil ini merupakan salah satu tradisi di Madura.

Liputan6.com, Jakarta Prosesi lamaran atau pertunangan menjadi salah satu momen penting yang digelar sebelum pernikahan. Di momen lamaran ini, pihak pria biasanya akan mengutarakan niatnya untuk mempersunting pujaan hatinya di depan keluarganya.

Acara pertunangan pun biasanya dilakukan oleh pasangan yang telah memasuki usia dewasa atau matang yang siap untuk menikah. Namun apa jadinya jika momen pertunangan itu dilakukan oleh bocah yang masih berusia 4 tahun? Seperti yang baru-baru ini viral di media sosial.

Pemilik akun TikTok @taniapesekcz, membagikan video seorang bocah berusia 4 tahun menjalani acara tunangan. Tampak bocah menggemaskan itu memakai dress. Seperti lamaran pada umumnya, ia pun juga diiringi oleh keluarga sambil membawa hantaran aneka makanan yang sudah dibungkus rapi.

Tentu saja hal ini membuat netizen heboh melihat bocah tersebut. Siapa yang mengira jika anak perempuan itu sudah menjalani lamaran di usianya yang masih dini. Berikut kisah selengkapnya, dilansir Liputan6.com dari TikTok @taniapesekcz, Rabu (31/8/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tradisi di Madura

Diketahui, bocah yang menjalani prosesi tunangan itu bernama Fika. Meski belum mengerti apa itu cinta, bocah itu terlihat pasrah dipakaikan cincin yang menjadi tanda pertunangannya. Tak hanya itu, dikalungkan juga selempang yang dibentuk dari uang kertas nominal Rp 5 ribu pada leher Fika.

"happy engagement fika 😚 kecil Uda tunangan langgeng trus ya syang," caption dalam unggahan video TikTok @taniapesekcz.

Pertunangan bocah 4 tahun itu ternyata terjadi di Madura. Rupanya bukan akan segera dinikahkan, pertunangan pada Fika dilakukan sebagai salah satu tradisi. Tradisi perjodohan ketika anak masih kecil, ternyata kerap terjadi di Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur. Bahkan bagi masyarakat setempat, itu sudah menjadi hal yang biasa.

Meski sudah bertunangan sejaki kecil, namun tidak berjodoh ketika dewasa, maka pertunangan itu tidak menjadi halangan. Ketika sudah dewasa, mereka berhak untuk memilih pasangan hidupnya masing-masing.

3 dari 3 halaman

Viral dan Banjir Komentar Netizen

Sontak saja video bocah 4 tahun jalani prosesi tunangan ini jadi viral. Tak sedikit netizen yang heboh melihat bocah yang sudah dijodohkan sejak kecil. Video yang diunggah dari 18 Agustus 2022 itu sudah ditonton lebih dari 10,8 juta orang dan mendapat berbagai komentar.

"kalah sama adeknya," komentar @alpi alpi

"gua umur 20 belum ada yang ngelirik," komentar @ayy

"mungkin maksudnya anak ini di jodohkan dari kecil ya jadi klo nanti udah gede baru nikah????" komentar @Emil Maulana

"apa gw harus otw madura biar ada yg ngelamar? TOLONG SELAMATKAN SAYA DULU WAHAI BU IBU," komentar @Indahs Here

"kalo di Madura emg gitu dari kecil Uda ada Pasangannya kata tmn asli Madur" komentar @user555149

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.