Sukses

10 Manfaat Daun Bidara yang Jarang Diketahui, Atasi Masalah Lambung dan Insomnia

Bidara adalah sejenis pohon kecil penghasil buah yang banyak tumbuh di daerah kering, yang memiliki daun berbentuk bulat cenderung lonjong.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat daun bidara jarang untuk diketahui orang. Bidara adalah sejenis pohon kecil penghasil buah yang banyak tumbuh di daerah kering. Daun dari bidara sendiri umumnya berbentuk bulat cenderung lonjong.

Meskipun belum terlalu populer di kalangan masyarakat, namun sebagian orang sudah memanfaatkan daun bidara sebagai obat herbal untuk kesehatan tubuh dan kecantikan. Mulai dari mengatasi masalah lambung, insomnia, mencegah penuaan dini, sampai merawat rambut.

Menurut penelitian pada tahun 2018, tanaman yang bernama Latin Ziziphus mauritiana ini kaya akan polifenol, siklopeptida alkaloid, saponin dammarane, vitamin, mineral, asam amino, dan asam lemak tak jenuh ganda. Di mana, senyawa-senyawa tersebut memiliki sifat antimikroba, anti-inflamasi, hipoglikemik, antioksidan, dan memiliki efek imunomodulator. Untuk itu, manfaat daun bidara sangat baik untuk kesehatan tubuh dan kecantikan.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai manfaat daun bidara yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (26/8/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Manfaat Daun Bidara yang Jarang Diketahui

1. Mengatasi Insomnia

Manfaat daun bidara yang pertama adalah membantu mengatasi gangguan sulit tidur. Kandungan saponin pada daun bidara berkhasiat memberikan efek menenangkan. Manfaat daun bidara ini bisa dengan mengonsumsi teh daun bidara sebagai obat tidur alami dan meningkatkan kualitas tidur.

2. Menurunkan Kolesterol

Kolesterol jahat atau LDL dalam darah bisa turun jika anda mengonsumsi serat yang larut dalam air. Serat tersebut bisa didapatkan dari air rebusan daun bidara. Manfaat daun bidara ini bisa mengikat kolesterol dalam sistem pencernaan dan membuangnya melalui feses.

3. Atasi Masalah Lambung

Bagi penderita masalah lambung juga bisa merasakan manfaat daun bidara. Bahan alami ini ternyata telah digunakan selama ribuan tahun untuk mengobati masalah gastrointestinal, termasuk kembung, sakit perut, dan sembelit. Dalam sebuah penelitian menunjukkan, daun bidara dapat mengurangi asam lambung, sekaligus membantu melindungi dan mengobati tukak lambung.

3 dari 4 halaman

Manfaat Daun Bidara yang Jarang Diketahui

4. Merawat Rambut

Manfaat daun bidara juga bisa merawat rambut. Cara menggunakannya dengan mengoleskan air rebusan teh daun bidara dan jadikan hair tonic. Penggunaan air rebusan teh daun bidara dapat membuat rambut lebih kuat dan mencegah rambut dari kerusakan serta kerontokan.

5. Atasi Sariawan

Manfaat daun bidara yang selanjutnya adalah mampu mengatasi sariawan dan beberapa masalah pada mulut lainnya. Bahkan, daun bidara juga mampu menjaga bibir Anda tetap terhindar dari pecah-pecah.

Manfaat daun bidara tersebut tidak lepas dari kandungan antioksidan yang ada di dalamnya. Antioksidan dalam daun bidara tersebut berguna untuk menghalau bakteri yang bersarang di dalam mulut.

6. Mencegah Penuaan Dini

Manfaat daun bidara yang jarang diketahui lainnya adalah dapat mencegah penuaan dini. Menggunakan masker daun bidara dapat mencegah keriput dan lingkaran hitam di bawah mata yang merupakan gejala penuaan dini.

Anda bisa menggunakan daun bidara serbuk yang dicampur madu atau perasan lemon yang dijadikan pasta, lalu balurkan pada wajah dan diamkan hingga mengering. Kemudian bilas menggunakan air hangat sampai bersih. Gunakan dua kali seminggu supaya wajah berseri dan mengurangi keriput.

7. Mengatasi Jerawat

Manfaat daun bidara yang jarang diketahui berikutnya adalah mengatasi jerawat. Daun bidara membantu membersihkan dan menjaga kulit tetap sehat. Kandungan antibakteri dalam daun bidara dipercaya dapat membantu mengatasi jerawat. Caranya cukup mudah, pertama, siapkan 5 lembar daun bidara, lalu tumbuk halus. Selanjutnya, beri sedikit air atau perasan lemon hingga kental dan oleskan pada bagian yang berjerawat atau gunakan sebagai masker.

Diamkan selama sekitar 20 menit atau hingga mengering. Setelah itu, bilas wajah hingga bersih. Lakukan sebanyak 3 sampai 4 kali dalam seminggu, selama 2 bulan. Anda juga bisa menggunakan bubuk ekstrak daun bidara yang dijual di toko herbal atau apotek.

4 dari 4 halaman

Manfaat Daun Bidara yang Jarang Diketahui

8. Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat daun bidara lainnya, dikenal untuk sistem kekebalan tubuh, mengurangi peradangan dan stres oksidatif yang melemahkan fungsi kekebalan dan membuat tubuh jadi lebih rentan terhadap penyakit. Beberapa senyawa yang ditemukan secara alami dalam daun bidara, termasuk saponin, flavonoid, dan polisakarida, memiliki peran yang sangat penting sebagai peningkat imunitas tubuh.

9. Jaga Kesehatan Pencernaan

Manfaat daun bidara yang berikutnya yaitu baik untuk berbagai masalah pencernaan, serta mampu membantu mengeluarkan racun dalam pencernaan. Bahkan, konsumsi teh daun bidara dengan teratur juga mencegah terjadinya infeksi pada saluran pencernaan.

Dalam sebuah penelitian juga menunjukkan bidara sangat efektif dalam mengatasi sembelit kronis. Maka tidak ada salahnya bagi Anda yang mengalami sembelit atau masalah pencernaan lainnya untuk konsumsi teh daun bidara tersebut.

10. Melancarkan Menstruasi

Manfaat daun bidara yang selanjutnya adalah membantu memperlancar menstruasi. Apabila selama ini haid anda ridak lancar, coba rutin mengonsumsi teh daun bidara atau air rebusan daun bidara. Selain itu, daun bidara ini juga dinilai ampuh sebagai antiseptik yang mampu membersihkan daerah kewanitaan dari keputihan dan bau yang tidak sedap. Manfaat daun bidara tak jauh berbeda seperti daun sirih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.